Analisis Mutu Pelayanan pada Pasien Covid – 19 di Rawat Inap Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati

Analysis of the Quality Service for Covid-19 Patients in Inpatients Pati Sehat Family Hospital

  • Nanik Sulistyorini Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Sutopo Patria Jati Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Farid Agushybana Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Mutu, Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit

Abstract

Latar belakang: Rumah sakit merupakan suatu lembaga kesehatan yang berwewenang menyediakan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Covid-19 merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia sejak tahun 2020. Rumah sakit keluarga sehat pati memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terhadap pasien terutama saat pandemi covid-19.  Namun saat terjadi pandemi Covid-19 sebagian pasien RS keluarga sehat pati masih mempunyai keluhaan terhadap mutu pelayanan pasien terkait administrasi, fasilitas, caring petugas, dan prosedur klinis dan pelayanan.

Tujuan: Analisis pengaruh mutu pelayanan kesehatan pada pasien Covid – 19 yang terdiri dari Sumber Daya Manusia, Standar Operasional Prosedur, Alat Kesehatan, Penatalaksanaan Medis dan Penatalaksanaan Non Medis terhadap kepuasan pasien Covid– 19 selama di rawat inap.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, telaah dokumen, dan wawancara mendalam terhadap informan utama dan informan triangulasi. Dimana analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data sampai penarikan kesimpulan.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari beberapa parameter mutu pelayanan kesehatan, pada saat terjadi lonjakan pasien covid-19 dapat berpengaruh terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati. Dimana masih kurangnya sumber daya manusia baik medis dan paramedis, dengan adanya jam kerja yang berlebih untuk dokter spesialis paru dan perawat, standar operasional prosedur dalam pendokumentasian obat yang masih harus di perbaiki, pemeliharaan alat kesehatan yang tidak terjadwal dengan rutin oleh sarana medis, belum dilakukannya evaluasi terhadap penatalaksanaan medis, dan penatalaksanaan non medis yang sudah sesuai dengan kebutuhan pasien.

Kesimpulan: Analisis mutu pelayanan pada pasien covid-19 di rawat inap Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati pada saat terjadi pandemi covid-19 dimana dilihat dari parameter sumber daya manusia, standar operasional prosedur, alat kesehatan, penatalaksanaan medis dan penatalaksanaan non medis masih perlu dilakukan perbaikan, sehingga mutu yang diberikan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien covid– 19 yang di rawat.

 

References

Rahmawati AF, Stefanus Supriyanto. Mutu Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Dimensi Dabholkar Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam. 2013;1(June):132-139.

Djasri H. Corona Virus dan Manajemen Mutu Pelayanan Klinis di Rumah Sakit. J Hosp Accredit. 2020;2(1):1-2. doi:10.35727/jha.v2i1.62

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Data Sebaran Pasien Covid-19 Secara Global dan Indonesia. Published 2021. Accessed April 13, 2021. https://covid19.go.id/

Alam CS. Pentingnya Penyusunan Standar Pelayanan di Masa Pandemi. 2020;(0):54-62.

Prastiwi ENi. Analisis Mutu Pelayanan ICU Melalui Audit Kematian di RSUD Kota Bekasi. Univ Indones Fak Kesehat Masy. Published online 2010:1-114.

Menteri Kesehatan RI. Kepmenkes_No.066_2006_ Buku Pedoman SDM Bencana.pdf. Published online 2006.

Hertati L, Gantino R, Puspitawati L, Ilyas M, Safkaur O. Pengaruh Kompetensi Sumberdaya Manusia guna Meningkatkan Sistem Pengendalian Internal Pasien Rumah Sakit Era Covid-19. Econ Digit Bus Rev. 2021;2(2):178-195. doi:10.37531/ecotal.v2i2.29

KEMENPERIN. Undang - Undang RI No 13 tahun 2003. Ketenagakerjaan. 2003;(1).

Baharuddin M, Lefrandt R, Santosa F. Tinjauan Etik Regulasi Jam Kerja Dokter di Indonesia. J Etika Kedokt Indones. 2017;1(1):25. doi:10.26880/jeki.v1i1.6

Godongwana M, Myburgh N, Adedini SA, Cutland C, Radebe N. Knowledge and attitudes towards maternal immunization: perspectives from pregnant and non-pregnant mothers, their partners, mothers, healthcare providers, community and leaders in a selected urban setting in South Africa. Heliyon. 2021;7(1):e05926. doi:10.1016/j.heliyon.2021.e05926

Sehat R sakit K. Pedoman Penanggulangan Biota.Pdf. Published online 2020.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). MenKes/413/2020. 2020;2019:207.

Kementrian Sekretariat Negara RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelengaraan Bidang Perumahsakitan. Lembaran Negara. 2021;(229):1-15.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2015 Tentang Pengujian Dan Kalibrasi Alat Kesehatan. Khatulistiwa Inform. 2015;3(2):124-133.

Afiatin, Erlina, Burhan, et al. Protokol Tatalaksana Covid-19 Buku Saku Edisi 2. Kemenkes RI. 2021;2(Januari):1-53.

Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 230 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Darurat selama Covid-19. Menteri Kesehat Republik Indones. 2021;2019:1-46. https://dokumen.tips/documents/kmk-no-230-th-2010-ttg-rawat-gabung-ibu-bayipdf.html

Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 2021;(086146).

Bupati Pati. Peraturan Bupati Pati No.52 Tahun 2021 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Pedoman Menuju Tatanan Normal Baru Pada Masa Pandemi Cobid-19 Di Kabupaten Pati. Published online 2020:1-12.

Mangentang FR. Kelengkapan Resume Medis dan Kesesuaian Penulisan Diagnosis Berdasarkan ICD-10 Sebelum dan Sesudah JKN di RSU Bahteramas. J ARSI. 2015;1(44):159-168.

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis. Peratur Menteri Kesehat Republik Indones Nomor 269 tahun 2008. Published online 2008:3, 5, 6.

Madrean Schober, Lehwaldt D, Rogers M, et al. Guidelines on Advanced Practice Nursing 2020.; 2020. https://www.icn.ch/system/files/documents/2020-04/ICN_APN Report_EN_WEB.pdf

Sari MT, Putri ME, Daryanto D. Study Fenomenologi Pengalaman Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Covid-19. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2021;21(3):1176. doi:10.33087/jiubj.v21i3.1725

Maisyaroh A, Dwi R, Eko P. Pedoman Perawat Dalam Merawat Pasien COVID-19 Di Ruang Isolasi. Univ Jember. Published online 2020:1-23.

Published
2022-08-12
How to Cite
Nanik Sulistyorini, Sutopo Patria Jati, & Farid Agushybana. (2022). Analisis Mutu Pelayanan pada Pasien Covid – 19 di Rawat Inap Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati: Analysis of the Quality Service for Covid-19 Patients in Inpatients Pati Sehat Family Hospital. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(8), 995-1003. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i8.2550