Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Poli Gigi Menggunakan Metode Importance Performance Analisis di RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara

The Relationship between Service Quality and Dental Clinic Patients Using the Importance Performance Analysis Method at Djafar Harun Hospital, Kolaka Utara Regency

  • Samsul Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Haluoleo, Kendari
  • Asrul Sani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo, Kendari
  • Ramadhan Tosepu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo, Kendari
  • Nani Yuniar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo, Kendari
  • Fikki Prasetya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo, Kendari
  • Adius Kusnan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo, Kendari
Keywords: Kualitas Layanan, (Reliability, Responsiveness, Asurance, Empathy danTangible), Importance Performan Analisis (IPA) dan Kepuasan Pasien

Abstract

Latar Belakang Untuk mendapatkan layanan medis berkualitas dari rumah sakit, anda harus memilih penyedia layanan medis yang tepat Pengukuran kepuasan pasien harus dilakukan secara rutin di semua rumah sakit Importance Performance Analysis (IPA) merupakan metode pengukuran kepuasan pelanggan dan dapat digunakan dalam ukuran kepuasan pasien.

Tujuan: Yaitu untuk Mengetahui hubungan Kualitas layanan dengan Kepuasan Pasien.

Metode:Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan dua desain penelitian dimana pertma mengunakan desain penelitian dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan kedua mengunakan desain Cross Sectional Study.

Hasil: Diketahui Pada hasil Importance Performan Analisis (IPA) teradpat 8 atribut yang perlu ditingkatkan yaitu: 1)Tersedinya APAR (Alat Pemadam Kebakaran), 2) Petugas memberikan penjelasan kepada keluarga pasien sebelum dilakukan penanganan pasien, 3)Petugas (Dokter dan Perawat) datang tepat waktu dan tidak membuat pasien menuggu lama (Pelayanan dimulai Jam 8.00), 4)Kesiapan petugas Poli Gigi membantu dalam memberikan edukasi dalam perawatan kesehatan gigi, 5) Petugas Poli Gigi siap merujuk bila keadaan pasien darurat, 6) Petugas Poli Gigi mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam menentukan penyakit gigi dengan baik sehingga mampu menjawab pertanyaan pasien secara meyakinkan, 7)Petugas Poli Gigi selalu ramah saat memberikan pelayanan kepada pasien, 8)Petugas Poli Gigi berusaha mengerti keinginan/kebutuhan pasien. dikarenakan kualitas kinerja pelayanannya tidak memuaskan. Dan diketahui ada hubungan yang signifikan antara tangible, reliability,responsiveness, assurance, empathy dengan kepuasan pasien.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara Kualitas layanan dengan Kepuasan Pasien serta terdapat delapan atribut yang perlu ditingkatkan.

References

Pujawirawan C. PENTINGNYA PELAYANAN PUBLIK PRIMA DALAM TATA KELOLA BPJS KESEHATAN JAWA BARAT. J Adm [Internet]. 2019;2(1):10–38. Available from: file:///C:/PERPUSTAKAAN MENDELEY/Siswantara - 1907 - Jurnal Administratur.pdf

Umam RK, Hariastuti NP. Analisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Semin Nas Sains dan Teknol Terap. 2018;6:339–44.

Datta D, Karmakar S. How Social Empowerment Initiatives Could be Embedded into Economic Value Creation? The Social Entrepreneurship Case Study on Toto Café, Kolkata. Int J Manag Rev. 2018;8(4):253–253.

RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. Profil RSU Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. 2020.

RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. Profil RSU Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. 2019.

RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. Profil RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. Kabupaten Kolaka Utara; 2021.

Zulaika, Suhermi, Rivanto R. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RS Azra tahun 2019. J Teras Kesehat. 2020;3(1):40–52.

Ramdhani A. (PDF) Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. https://www.researchgate.net/publication/313842407_Konsep_Umum_Pelaksanaan_Kebijakan_Publik. 2017;11:12.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta; 2016.

Nur Y, Hanifa M, Dhamanti I. Instrument for Measuring Patient Safety Culture. 2021;10(11):158–76.

Prahesti R, Putriningrum E. Pemberian Informasi dan Kelengkapan Pengisian Informed Consent Pada Pasien Sectio Caesarea Di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. J Rekam Medis dan Inf Kesehat. 2021;4(1):1–7.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit 1018196/jmmr2016. 2017;6(1):9–15.

Lely M, Suryati T. Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Bul Penelit Kesehat. 2018;46(4):239–46.

Ansyori A. Analisis Pengaruh Kualitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit. Rekam Medis. 2019;7(2).

Asih EM, Hermawan D. Persepsi perawat terhadap upaya pelayanan prima di rumah sakit. Holistik J Kesehat. 2020;14(2):310–20.

Zulkifli. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM Dr. ABDUL RIVAI. Chang Agent Manag J. 2010;3(2):450–65.

Marmeam UTNSA. FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. ZUBIR MAHMUD KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2017. Jumantik. 2018;3(2):16–27.

Samartzis L, Talias MA. Assessing and improving the quality in mental health services. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(1):1–31.

Herni Justiana Astuti. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN (SERVQUAL Model dan Important Performance Analysis Model). J Media Ekon [Internet]. 2019;7(1):1–20. Available from: http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9606

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit, 6 9-15, Januari 2017 [Internet]. 2017;6(1):9–14. Available from: website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs DOI:

Siswati S D. Quality of Health Services with BPJS Patient Satisfaction in Inpatient of General Hospital of Makassar City. 2017.

Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Homecare dengan tingkat Puskesmas Batua Kota Makassar The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Batua Public Health Center Jobs Area , Makassar City. Promot J Kesehat Masy [Internet]. 2019;9(0451):122–8. Available from: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/viewFile/589/482

Nurdin SU, Mahfudnurnajamuddin, Arman. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Dokter Praktik Perorangan (DPP) BPJS Kesehatan Cabang Makassar. J Manag Sci ( JMAS ). 2021;1(3):26–36.

Toda H. KUALITAS PELAYANAN BAGI PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS DI RSUD. PROF W. Z.JOHANNES KUPANG. J Manag. 2019;9(2):195–214.

Susena KC. Analisis Hubungan Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Candera Motor Di Kaur Utara Kabupaten Kaur. EKOMBIS Rev J Ilm Ekon dan Bisnis. 2017;2(1):29–45.

Aswin Agustiansyah, Abdul Rahman Mus, Mahfudnurnajamuddin. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan Di Rumah Sakit Umum St. Madyang Kota Palopo. Tata Kelola. 2021;8(1):36–65.

Khairina A, Nada J. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perusahaan JNE Cabang Lhokseumwe). J Visioner Strateg. 2020;9(1):1–5.

Asnidar, Akbar, Nurjaya. PENGARUH TANGIBLE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RSUD LAMADDUKELLENG KABUPATEN WAJO. Movere J. 2020;2(2):20–31.

Suwito J. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV GLOBAL AC BANJARBARU. KINDAI. 2018;14(112):255–62.

Al-Damen R. Health Care Service Quality and Its Impact on Patient Satisfaction “Case of Al-Bashir Hospital.†Int J Bus Manag. 2017;12(9):136.

Pitoi CD, Tampi JRE, Punuindoong AY. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Best Western The Lagoon Manado. Adm Bisnis. 2021;2(1):1–5.

Widagdo H, Meirisa FM. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna jasa Trans Musi Palembang. In: Proceeding Annual National Conference for Economics and Economics Education Research. 2018. p. 199–212.

Published
2022-07-08
How to Cite
Samsul, Asrul Sani, Ramadhan Tosepu, Nani Yuniar, Fikki Prasetya, & Adius Kusnan. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Poli Gigi Menggunakan Metode Importance Performance Analisis di RSUD Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara: The Relationship between Service Quality and Dental Clinic Patients Using the Importance Performance Analysis Method at Djafar Harun Hospital, Kolaka Utara Regency. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 870-881. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i7.2480