Status Gizi dan Kesehatan Kaitannya dengan Kualitas Hidup Lansia di Desa Midang dan Sembalun, NTB

Nutritional and Health Status Its Relation to Quality of life of Elderly in Midang and Sembalun Village, NTB

  • Baiq Fitria Rahmiati Fakultas Kesehatan Universitas Bumigora, Indonesia
Keywords: Status Kesehatan, Lanjut Usia, Status Gizi, Kualitas Hidup

Abstract

Latar belakang: Kualitas hidup lansia dipengaruhi oleh status gizi dan penyakit.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik subjek, aktivitas hidup sehari-hari, status gizi-kesehatan, kualitas hidup dan hubungan antara status gizi dan kesehatan dengan kualitas hidup lansia di Desa Midang dan Desa Sembalun, NTB.

Metode: Desain Penelitian ini menggunakan crosssectional. Lokasi dipilih dengan mempertimbangkan perbedaan etnis dan kebiasaan makan. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang dengan menggunakan 74 subjek di setiap daerah penelitian. data karakteristik, aktivitas hidup sehari-hari, status kesehatan, status gizi dan kualitas hidup dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. analisis data menggunakan uji korelasi mann whitney, chi square, dan spearman.

Hasil: Ada perbedaan yang signifikan dalam status perkawinan dan pekerjaan (p<0,05). Status gizi dan kualitas hidup di desa Sembalun lebih baik dibandingkan subyek di desa Midang. Ada perbedaan yang signifikan status gizi lansia (p<0,05) sedangkan perbedaan status kesehatan lansia tidak signifikan (p>0,05). Terdapat hubungan positif antara status gizi dengan kualitas hidup domain fisik dan lingkungan, serta status kesehatan dan kualitas hidup domain fisik dan sosial (p<0,05).diterima.

Kesimpulan: Status gizi berhubungan dengan kualitas hidup domain fisik dan lingkungan sedangkan status kesehatan berhubungan dengan kualitas hidup domain fisik dan sosial.

 

References

Riskesdas K. Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). J Phys A Math Theor. 2018;44(8):1–200.

Ganesh Kumar S, Majumdar A, Pavithra G. Quality of life and its associated factors using WHOQOL- BREF among elderly in Urban Puducherry, India. J Clin Diagnostic Res. 2014;8(1):54–7.

Kingston A, Collerton J, Davies K, Bond J, Robinson L, Jagger C. Losing the ability in activities of daily living in the oldest old: A hierarchic disability scale from the Newcastle 85+ study. PLoS One. 2012;7(2):1–7.

Meilianingsih L. Hubungan pola makan dengan kejadian anemia pada lansia di Kecamatan Cicendo Kota Bandung = The relationship between pattern of meal and anemia on the older people in Cicendo District , Bandung. 2003;

Aprilia W. Perkembangan pada masa pranatal dan kelahiran. Yaa Bunayya J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;4(1):40–55.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan perilaku kesehatan. 2003;

Alfyanita A, Dinda Martini R, Kadri H. Hubungan Tingkat Kemandirian dalam Melakukan Aktivitas Kehidupan Sehari-Hari dan Status Gizi pada Usia Lanjut di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. J Kesehat Andalas. 2016;5(1):201–8.

Veitch E. Template - Research Article - General. 2009. p. 1–17.

Abarca RM. 済無No Title No Title No Title. Nuevos Sist Comun e Inf. 2021;2013–5.

RI K. Profil Kesehatan Indonesia 2014. 2014. 183–4 p.

Papalia DE, Feldman Duskin R, Martorell G. Perkembangan Manusia. 2015;1–486.

Luis F, Moncayo G. No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. :1–11.

Published
2022-08-12
How to Cite
Baiq Fitria Rahmiati. (2022). Status Gizi dan Kesehatan Kaitannya dengan Kualitas Hidup Lansia di Desa Midang dan Sembalun, NTB: Nutritional and Health Status Its Relation to Quality of life of Elderly in Midang and Sembalun Village, NTB. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(8), 949-956. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i8.2460