Pengaruh Media Poster, Video Boneka Tangan, dan Buku Cerita terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar tentang Gizi Seimbang
The Effect of Media Posters, Hand Puppet Videos, and Storybooks on Elementary School Students' Knowledge of Balanced Nutrition
Abstract
Latar belakang: Anak sekolah dasar masih kurang pengetahuan mengenai gizi seimbang. Anak sekolah dasar lebih mengetahui 4 sehat 5 sempurna dibandingkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS).
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari ketiga media mengenai gizi seimbang.
Metode: Penelitian ini berjenis eksperimental dengan sampel murid kelas 4 dan 5. Saat edukasi dibedakan menjadi offline dan online dikarenakan keadaan COVID-19 masih diberlakukan pembatasan. Sampel dipilih dengan metode purposive samplin yang berjumlah 69 orang.
Hasil: Hasil uji Wilcoxon dan Paired t-test dengan menganalisis data dari pre-test dan post-test didapatkan nilai p = 0,001 untuk media poster, nilai p = 0,006 untuk media video boneka tangan, dan nilai p = 0,003 untuk media buku cerita.
Kesimpulan: Media poster memiliki nilai signifikan yang paling baik dibandingkan kedua media lainnya, namun ketiga media tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar kelas 4 dan 5 di SDN Margahayu 19 Bekasi.
References
Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementerian Kesehatan RI. 2018.
Prihatmoko, Agung Dwi. Survei Status Gizi Berdasarkan TB/U dan IMT/U pada Siswa Kelas I (Satu) sd Se-Kecamatan Pacita. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2019;9(1):33–37.
Nuryanto, Pramono Adriyan, Puruhita Niken, Muis Siti Fattmah. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia. 2014 Des;3(1):32–36.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Gizi Seimbang Permenkes RI 2014.
Rosadi, T.A.P., Setiawan R. Media Promosi Kesehatan Scrapbook tentang Gizi Seimbang Bagi Siswa Kelas 4. Jurnal Kesehatan Siliwangi. 2021; 2(1): 206–213.
Tuzahroh, Fatima. Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video, Poster, dan Perimanan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem II Kota Surakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta:2015.
Minarni. Pemanfaatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Video menggunakan Aplikasi Video Scribe untuk Anak Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dosen FIKUM (UNDA);2016:5(1).
Lestari W, Rezeki SHI, Siregar DM, Manggabarani S. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Sunting pada Anak Sekolah Dasar Negeri 014610 Sei Renggas Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Jurnal Dunia Gizi. 2018;1(1):59–64.
Sonya HI. Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Poster dan Kartu Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang di SDN Ploso I–172 Surabaya. The Indonesian Journal Public Health. 2019 Des; 14(2): 210–220.
Ainur BM, Meiliati A, Nurul H. Pengaruh Media Edukasi BOGIMBA (Boneka dan Dongeng Gizi Seimbang) terhadap Tingkat Pengetahuan Anak tentang Gizi di TK Islam Silmi Samarindah. J Sains Kes. 2021;3(2): 94–100.
Rohim Azizah Nur, Zulaekah S, Kusumawati Y. Perbedaan Pengetahuan Anemia pada Remaja Putri Setelah diberi Pendidikan dengan Metode Ceramah Tanpa Media dan Ceramah dengan Media Buku Cerita. Jurnal Kesehatan. 2016 Des; 1(2): 60–71.
Herimana, Prihatini S. Pengembangan Media Poster dan Strategi Edukasi Gizi untuk Pengguna Posyandu dan Calon Pengantin. Buletin Penelitian Kesehatan. 2015 Sep;43(3):195–206.
Oktiawati A, Widodo YP, Istianah N. Storytelling Media Boneka Jari Kain Flanel Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah. JITK Bhamada. 2020 Okt; 11(2): 9–17.
Oktariani ND, Liyanovitasari. 2019. Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. J Kesehatan Perintis. 2019;6(2).
Padmiswari AAIM, Wulandari NT, Antari NWS. Efektivitas Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Riset Kesehatan Nasional. 2022 Apr; 6(1):19–24.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.