Penggunaan Media Kreatif Sebagai Sarana Edukasi Anemia Remaja Putri Selama Pembelajaran Jarak Jauh: Literature Review

Use of Creative Media as a Means of Education for Anemia in Young Women During Distance Learning: Literature Review

  • Mega Audinna Febria Departement of nutrition, Faculty of Health Sciences, University Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Ratih Kurniasari Departement of nutrition, Faculty of Health Sciences, University Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Keywords: Media Kreatif, Anemia, Pembelajaran Jarak Jauh, Remaja Putri

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan remaja putri tentang anemia masih menjadi masalah utama bagi Indonesia dimana kurangnya pengetahuan tentang anemia dapat berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi serta prestasi remaja di sekolah. edukasi mengenai anemia adalah salah satu cara uang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa remaja putri dan diharapkan dapat menurunkan risiko anemia pada remaja putri. Saat ini sistem pendidikan di Indonesia masih menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh karena pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia. Maka dari itu, edukasi pada remaja membutuhkan metode yang kreatif, inovatif serta menarik bagi remaja terhadap anemia. Media kreatif yang digunakan adalah video motion graphic, video blog (vlog), web apps.

Tujuan:  dari literature review ini adalah untuk menyajikan gambaran umum edukasi anemia menggunakan media kreatif yang diharapkan dapat dijadikan pilihan untuk pembaca, tenaga kesehatan, tenaga pengajar dapat mengedukasi remaja mengenai anemia.

Metode:  yang digunakan penulis dalam kajian ini yaitu dengan menggunakan beberapa literatur yang berkaitan dengan media kreatif edukasi anemia. 

Hasil: Studi menemukan bahwa media kreatif secara signifikan dapat berpengaruh terhadap pemahamahan edukasi anemia pada remaja putri.

Kesimpulan: Studi ini menyimpukkan bahwa media kreatif dapat membantu tenaga pendidik, tenaga kesehatan untuk menjadi media edukasi anemia pada remaja putri.

 

References

Al-Khonsa Ulya Hafidz, R. K. (2021). Pengaruh Pemberian VIdeo Animasi Terhadap Pengetahuan Gizi Pada Mahasiswa Tentang Sumber Pangan Antioksidan. Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan, 31-35.

Anifah, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri . Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 296-300.

Ayu Lidya Ningsih, M. S. (2021). PENGARUH FREKUENSI PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA VIDEO MOTION GRAPHIC TENTANG ANEMIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI SISWI SMAN 72 JAKARTA UTARA. Jurnal Andaliman: Jurnal Gizi Pangan, Klinik dan Masyarakat, 30-38.

Darmayanti Waluyo, H. H. (2018). Pengaruh Pendidikan Gizi Anemia Terhadap Peningkatan Pengetahuan pada Anak Remaja SMA Negeri 21 Makassar. 301-306.

Dwi Aulia Wardhani, C. N. (2021). Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Melalui Edukasi Gizi Menggunakan Media Whatsapp Group. Jurnal Gizi Unimus, 31-37.

Faza Yasira Rusdi, H. A. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri di SMAN 2 Padang. Journal of Nutrition College, 31-38.

Harahap, N. R. (2018). Faktor Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Nursing Arts, 78-90.

Husnul Khotimah, M. G. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Facebook Terhadap Pengetahuan Anemia dan Konsumsi Protein, Zat Besi, dan Vitamin C. 1-5.

Lintang Purwara Dewanti, L. S. (2021). Edukasi Gizi dalam Jaringan DARING Mengenai Bahaya Anemia dan Pencegahan pada Remaja saat Pandemi . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 85-90.

Mela Angelina, A. J. (n.d.). PERANCANGAN MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTR. 1-8.

Miratul Haya, T. W. (2021). EFFECT OF EDUCATION WITH THE METHOD AND VIDEO ANIMATION ON BALANCED NUTRITION KNOWLEDGE FOR PREVENTION ANEMIA. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 253-266.

Nanik Dewi Setyowati, E. R. (2017). Faktor Faktor yanf Berhubungan dengan Perilaku Makan Remaja Putri dalam Pencegahan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1042-053.

Nengah Runiari, I. D. (2021). Media Video dan Whatsapp Reminder Terhadap Kepatuhan Remaja Putri Minum Tablet Tambah Darah. Jurnal Keperawatan, 19-28.

Puji Handayani Putri, L. N. (2021). ANCANGAN SISTEM INFORMASI ANEMIA PADA PLATFORM ONLINE “SRIKANDI HEALTH†BERBASIS PROGRESSIVE WEB APPS . Jurnal Sehat Mandiri, 143-150.

Restu Octasila, R. N. (2020). Uji Media Edukasi Tentang Pola Konsumsi Tablet Fe Untuk Mencegah Kejadian Resiko Tinggi Anemia Ibu Hamil. Indonesian Journal of Midwifery, 31-39.

Silvia Dewi Styaningrum, M. M. (2021). Games Kartu Milenial Sehat sebagai media edukasi pencegahan anemia pada remaja putri di sekolah berbasis asrama. ILMU GIZI INDONESIA, 171-178.

Sinta Lestari, A. K. (2022). Intervensi Gizi Melalui Whatsapp Group Mengenai Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Makanan Remaja Putri dalam Pencegahan Pengetahuan Anemia. Jurnal Ilmiah Permas, 51-58.

Siti Damayanti, D. M. (2021). The Effect of Education Using Video Blog (vlog) On The Female Adolescents’knowledge, Attitudes and Behaviors On The Prevention of Iron Deficiency Anemia (PPAGB) in Bandung. BEST journal, 221-225

Published
2022-08-11
How to Cite
Febria, M. A., & Ratih Kurniasari. (2022). Penggunaan Media Kreatif Sebagai Sarana Edukasi Anemia Remaja Putri Selama Pembelajaran Jarak Jauh: Literature Review: Use of Creative Media as a Means of Education for Anemia in Young Women During Distance Learning: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(8), 882-889. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i8.2424