Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Kunjungan Rawat Jalan Klinik Bunga Merpati Palu

An Overview of the Quality of Health Services During an Outpatient Visit at the Bunga Merpati Palu Clinic

  • Nurani Purnama Sari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Adang Bachtiar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Cicilya Candi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: Peramalan, Kunjungan, Mutu, Klinik

Abstract

Latar belakang: Peramalan didefinisikan sebagai suatu proses peramalan yang dilakukan secara sistematis mengenai hal yang paling mungkin terjadi di waktu mendatang berdasarkan informasi di masa lalu dan saat ini yang dimiliki. peramalan kunjungan dalam kurun waktu tertentu dapat membantu pihak penyelenggara pelayanan kesehatan memperbaiki mutu layanan yang nantinya terdampak kepada peningkatan angka kepuasan pelanggan.

Tujuan: Penulis ingin mengetahui peramalan kunjungan dari unit rawat jalan untuk 10 tahun ke depan agar klinik dapat mempercepat proses tranformasi menjadi rumah sakit serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada pasien

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Studi ini menggunakan metode studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian berasal dari data kunjungan pasien dan pengunjung baru rawat jalan tahun 2017-2021 dengan sampel keseluruhan dari populasi. Analisis datanya menggunakan rumus analisis trend linear dengan metode kuadrat terkecil

Hasil: Peningkatan kunjungan pasien per hari tahun 2017-2021 mengalami fluktuasi dengan rata-rata peningkatan sebesar 24.6%. Peningkatan tertinggi pada tahun 2019 sebesar 44,4%. Setelah dilakukan perhitungan peramalan rata-rata kunjungan pasien selama sepuluh tahun ke depan (2022-2031), didapatkan rata-rata peningkatan 8,35% pertahunnya.

Kesimpulan: Peramalan kunjungan rawat jalan yang mengalami peningkatan ini dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan penyusunan rencana strategi terkait menjaga mutu layanan, serta dapat digunakan sebagai sarana perencanaan pemasaran klinik agar klinik dapat lebih menarik minat pasien atau calon pasien untuk datang berkunjung sehingga pihak manajemen dapat memperkirakan juga apakah perlu ditambahkan sumber daya manusianya

References

DAFTAR PUSTAKA

BPJS Kesehatan. KIS Jadi Program Pemerintah Paling Dirasakan Manfaatnya Versi Alvara Research [internet]. 2019 [cited 2019 Jan 24]. Available from: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2019/1040/KIS-Becomes-The-Most-Benefited-Government-Program-According-to-Alvara-Research.

Media Internal BPJS Kesehatan edisi 7. 2019. Info BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Jakarta.

Trisnantoro, L. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 2004

R. Hendayani, R. S. Saputra, F. I. Permana, and Mahardhika, “Analisis peramalan kebutuhan persediaan untuk keunggulan bersaing pada perusahaan orca,†vol. 5, no. 2, pp. 93-99, 2 Desember 2015. Tersedia : http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/manajemen/article/view/195/189. [Diakses: 02-September-2019]

Iwa S, Ries TM. Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu Dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan Pt Satriamandiri Citramulia. ComTech Vol.2 No. 2 Desember 2011: 636-645

KBM. Laporan Angka Kunjungan Tahunan Klinik Bunga Merpati Palu. Palu. 2020.

Daizheng Huang. Forecasting outpatient visits using empirical mode decomposition coupled with back-propagation artificial neural networks optimized by particle swarm optimization. 2017. Tersedia: https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0172539

Yihuai Huang, Chao Xu, Mengzhong Ji, Wei Xiang.Medical service demand forecasting using a hybrid model based on ARIMA and self-adaptive filtering method. 2020. Tersedia: https://bmcmedinformdecismak.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12911-020-01256-1#citeas

Endah Dwi Lestari. Prediksi Kunjungan Pasien Rawat Jalan Tahun 2018-2022 Di Rsud Raa Soewondo Pati. 2018. Tersedia: https://repository.poltekkes-smg.ac.id/index.php?p=show_detail&id=16508&keywords=

Siti Hajar. Prediksi Kunjungan Rawat Jalan Tiga Tahun Kedepan 2021-2023 Di RSUD. 2021. Tersedia: https://sipora.polije.ac.id/5706/

Nanda Galib Putri. Peramalan Jumlah Kasus Penyakit Hipertensi Di Kabupaten Jember Tahun 2018-2021. 2018. Tersedia: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/94041

Prediksi Kebutuhan Tempat Tidur Pasien COVID-19di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto (Juni 2021-Juli 2022). 2022. Tersedia: https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/28/19

Published
2022-06-05
How to Cite
Nurani Purnama Sari, Adang Bachtiar, & Cicilya Candi. (2022). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Kunjungan Rawat Jalan Klinik Bunga Merpati Palu: An Overview of the Quality of Health Services During an Outpatient Visit at the Bunga Merpati Palu Clinic. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 716-720. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i6.2408