Hubungan Pengetahuan, Pekerjaan dan Genetik (riwayat hipertensi dalam keluarga) Terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Hipertensi

Knowledge, Work and Genetic Relationship (family history of hypertension) to Hypertensive Disease Prevention Behavior

  • Elsi Setiandari L.O Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA MAB Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Keywords: Pengetahuan, Pekerjaan, Pencegahan, Hipertensi

Abstract

Latar Belakang: Penyakit hipertensi atau yang lebih dikenal penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang adalah 140 mmHg (tekanan sistolik) dan atau 90 mmHg (tekanan diastolik). Hipertensi sering disebut sebagai silent killer atau the silent disease, karena pada umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksa tekanan darahnya. Orang yang mengidap hipertensi hanya satu-pertiga mencapai target darah yang optimal/normal.

Metode: Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan non eksperimental, data yang dikumpulkan dengan desain “cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling, besar sampel yang di gunakan peneliti dalam penelitian ini adalah sebesar 106 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi square.

Hasil: Dari ketiga variabel bebas yang diteliti terdapat hubungan yang signifikan, Dari hasil uji statistik menunjukan bahwa perilaku pencegahan hipertensi yang baik berdasarkan pengetahuan responden p value 0,028, berdasarkan pekerjaan p value 0,002, responden yang ada riwayat keluarga (genetik) menderita hipertensi p value 0,005.

Kesimpulan: Dari seluruh responden yang diteliti lebih dari separuh (67,9%) yang tidak melakukan pencegahan terhadap penyakit hipertensi. Keluarga yang memiliki riwayat penyakit hipertensi akan semakin dominan terkena hipertensi. Diharapkan kepada seluruh anggota keluarga untuk senantiasa melakukan upaya perilaku pencegahan terhadap penyakit hipertensi.

References

1. WHO. Prevalensi Hipertensi 2016. https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chromeinstant&ion=1&espv=2& ie=UTF- 8#q=who+hipertensi+2016
2. Riskedas. Penyakit Darah Tinggi (hipertensi). darihttp://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf, 2013
3. Palayukan, Selvi, Hubungan Gaya Hidup Dengan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik RS Bethesda, Yogyakarta. Skripsi, Universitas Gadjah Mada, 2009.
4. Kaplan, Norman & Ronald G. Victor. (2010). Kaplan’s clinical hypertension (10th Ed.). Philadelpia: Lippincott Williams & Wilkins.
5. Dewi. Teori Pekuran Pengetahuan, sikap, Dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Nuha Medika 2010.
6. Ratna Dewi, Penyakit-Penyakit Mematikan, Jakarta, Gramedia, 2010.
7. Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes
RI, 2018.
8. Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru. Pravelensi Hipertensi Kota Banjarbaru Tahun 2018.
9. Muhammadun, A.S. Hidup Bersama Hipertensi. Jogjakarta : iN-Book, 2010.
10. Prasetiyo Tri Utomo. Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Hipertensi dengan Upaya Pencegahan Kekambuhan Hipertensi pada Lansia di Desa Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
11. Gilbert, C., & Moss, D. Biofeedback and biological monitoring. In D. Moss, A McGrandy, T. Davies, & I. Wickramasekera (Eds.), HandBook of mind-body medicine for primary care (pp. 109-122), Thousand Oaks, CA: Sage, 2003.
12. Hasurungan S, Jefri. Faktor-faktor yang berhubungan dengan hipertensi pada lansia di kota Depok, FKM UI, Depok, 2002.
13. Widiyani, R. Penderita Hipertensi Terus Meningkat” 2013. http://health.kompas.com/read/2013/04/05/1404008/Penderita.Hipertensi.Terus .Meningkat .
14. Woro, R. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI Insiden Hipertensi Pada Kohor Prospektif di Kelurahan Kebon Kalapa Bogor. Puslitbang Biomedis dan Farmasi, 2001.
15. Rahman. Faktor Resiko Hipertensi. Jakarta: Nuhu Medika; 2012
Published
2022-04-09
How to Cite
Elsi Setiandari L.O. (2022). Hubungan Pengetahuan, Pekerjaan dan Genetik (riwayat hipertensi dalam keluarga) Terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Hipertensi: Knowledge, Work and Genetic Relationship (family history of hypertension) to Hypertensive Disease Prevention Behavior . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 457-462. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2386