Evaluasi Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga pada Puskesmas di Indonesia: Literature Review

Implementation Assessment of a Healthy Indonesian Program with a Family Approach at the Public Health Center in Indonesia: Literature Review

  • Yulia Elesta Nitbani Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang
  • Sutopo Patria Jati Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang
  • Zahroh Shaluhiyah Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang
Keywords: Implementasi, Sehat, Hambatan

Abstract

Latar Belakang: Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga merupakan program unggulan dari Kementerian Kesehatan yang harus dan wajib untuk dilaksanakan oleh semua puskesmas di Indonesia. Program ini merupakan salah satu program pembangunan jangka panjang yang tujuannya untuk meningkatkan gizi dan juga mutu dari masyarakat. Pada penelitian ini dijelaskan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga berguna sebagai sebuah sarana pendekatan masyarakat dan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas guna meningkatkan capaian IKS wilayah.

Tujuan: Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang selama ini diterapkan di Indonesia yang disusun melalui metode studi pustaka.

Metode: Artikel diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan kata kunci melalui database Google Scholar dan Sinta dengan topik serupa Evaluasi Implementasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Pada Puskesmas di Indonesia dan didapat sebanyak 12 artikel utama yang akan ditelaah.

Hasil: Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa secara umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga telah dijalankan namun terlihat adanya keterbatasan sumber daya manusia, ketersediaan dana yang kurang mencukupi, kurangnya sarana dan prasarana, pelaksanaan intervensi kurang maksimal, dan edukasi yang diberikan pada keluarga juga belum maksimal.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bagaimana implementasi puskesmas dalam melaksanakan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dilihat dari sisi input yang mana kurangnya SDM, ketersediaan dana belum mencukupi dan juga sarana prasarana yang masih terbatas.

 

References

Kemenkes RI. Aplikasi keluarga sehat. Pus Data dan Inf. 2017;3(1):2.

Laelasari E, Anwar A, Soerachman R. Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. J Ekol Kesehat. 2018;16(2):57–72.

Agustina SC, Trisnantoro L, Handono D. Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) Menggunakan Tenaga Kontrak di Kabupaten Kulon Progo tahun 2018. J Kebijak Kesehat Indones JKKI. 2019;8(3):104–12.

Chadori Ichsan. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Higeia J Public Heal. 2020;4(Special 4):774–84.

Eri Virdasari, Septo Pawelas Arso EYF. Analisis Kegiatan Pendataan Keluarga Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Di Puskesmas Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(5):52–64.

Audiva Cahya Asri IB. Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas. Higeia J Public Heal Res Dev. 2019;4(Special 4):929–36.

Fauzan A, Chotimah I, Hidana R. Implementasi program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga ( PIS-PK ) di puskesmas mulyaharja. Promot J Mhs Kesehat Masy. 2019;2(3):172–81.

Rusdianah E, Widiarini R. Eavluation of the healthy Indonesia program with the family approach (PIS-PK): a case study at primary health service. J Kebijak Kesehat Indones. 2019;8(4):175–83.

Suratri MAL, Jovina TA, Sulistyowati E. Pengetahuan Masyarakat dan Pelaksanaan Wawancara Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Beberapa Puskesmas di Indonesia. J Penelit dan Pengemb Pelayanan Kesehat. 2019;3(1):1–8.

Pujosiswanto KH, Palutturi S, Ishak H. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga ( Pis-Pk ) Di Puskesmas Kabupaten Polewali Mandar Factors That Affect the Implementation of Healthy Indonesia Program Through Family Approach ( Pis-Pk ) in Hea. J Kesehat Masy Marit. 2020;3(1):123–35.

Noviar Panggabean T. Tinjauan Penatalaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Pada Puskesmas Tegal Sari Tahun 2019. J Ilm Perekam dan Inf Kesehat Imelda. 2020;5(1):45–52.

Roeslie E, Bachtiar A. Analisis persiapan implementasi program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (indikator 8: kesehatan jiwa) di kota depok tahun 2018. J Kebijak Kesehat Indones JKKI. 2018;7(02):64–73.

Sari NR, Suryawati C, Nandini N. Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga pada Indikator TB Paru di Puskesmas Tayu II Kabupaten Pati. J Kesehat Masy. 2019;7(4):532–41.

Published
2022-06-05
How to Cite
Yulia Elesta Nitbani, Sutopo Patria Jati, & Zahroh Shaluhiyah. (2022). Evaluasi Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga pada Puskesmas di Indonesia: Literature Review: Implementation Assessment of a Healthy Indonesian Program with a Family Approach at the Public Health Center in Indonesia: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 662-669. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i6.2372