Analisis Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balanced Scorecard di RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur

Hospital Performance Analysis Based on the Balanced Scorecard at RSUD dr. Zubir Mahmud, East Aceh

  • Muhammad Khairurrozi Dosen Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit STIKes Bustanul Ulum Langsa
  • Ayunin Syahida Dosen Prodi Kebidanan STIKes Bustanul Ulum Langsa
  • Nanda Mirani Dosen Prodi Kebidanan STIKes Bustanul Ulum Langsa
Keywords: Kinerja, Rumah Sakit, Balanced Scorecard

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Jenis rancangan penelitian yang digunakan dengan menggunakan mixmethod secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud berdasarkan pendekatan balanced scorecard.

Tujuan: Kinerja keuangan RSUD dr. Zubir Mahmud secara umum telah efisien pada tahun 2018 sebesar 91,30%. Sedangkan pada tahun 2019 sebesar 93,20%, dan tahun 2020 sebesar 94,10%. Kinerja dari perspektif pelanggan di dapatkan bahwa kepuasan pasien terhadap kinerja rumah sakit adalah 65%.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dan metode induktif, yaitu metode deskriptif melakukan analisis data yang dikumpulkan, diklasifikasikan, diiterpretasikan, sehingga dapat dijelaskan pencapaian kinerja pada masing0masing perspektif

Hasil: Penelitian ini menggambarkan kemampuan RSUD dr. Zubir Mahmud dalam memuaskan pasiennya belum sepenuhnya baik. Analisis data kunjungan pasien di RSUD dr. Zubir Mahmud, pada tahun 2018 sampai 2020 kunjungan pasien cenderung menurun meskipun tidak berdampak terhadap keuangan yang menunjukkan peningkatan. Kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur melalui kepuasan pegawai, pelatihan, dan turnover pegawai. Kepuasan pegawai terhadap kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran baik (56,1%).

Kesimpulan: Kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud dari perspektif keuangan cukup baik, dilihat dari revenue yang mencapai target setiap tahunnya. Kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud dari perspektif pelanggan belum sepenuhnya baik, terlihat dari hasil analisis data primer pasien sebagian yang menyatakan puas dengan pelayanan RSUD dr. Zubir Mahmud. Kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud dari perspektif proses bisnis internal baik dimana kelengkapan dan proses operasionalnya berjalan sesuai dengan RSUD dr. Zubir Mahmud yang berkelas C. Kinerja RSUD dr. Zubir Mahmud dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran cukup baik, pegawai produktivitas dalam bekerja, dan retensi pegawai yang rendah.

References

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
2. Permenkes no 56 tahun 2014 Tentang klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit
3. Koesomonowidjojo, S. (2014). Blanced scorecard model pengukuran kinerja organisasi dengan empat perspektif. Jakarta: Raih Asa Sukses.
4. Profil RSUD dr. Zubir Mahmud Tahun 2021
5. Kaplan & Norton. (2000). Balanced scorecard: menerapkan strategi menjadi aksi. Jakarta: Erlangga.
6. Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta
7. Mulyadi. (2018). Balanced scorecard: alat manajemen kontemporer untuk pelipatganda kinerja keuangan perusahaan. Jakarja: Salemba Empat.
8. Halim, A & Kusufi, M.2012. Akuntansi Sektor Publik. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat
Published
2022-03-15
How to Cite
Muhammad Khairurrozi, Ayunin Syahida, & Nanda Mirani. (2022). Analisis Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balanced Scorecard di RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur: Hospital Performance Analysis Based on the Balanced Scorecard at RSUD dr. Zubir Mahmud, East Aceh . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 317-321. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2336