Determinan Niat Kunjungan Ulang ke Puskesmas Era Pandemi Covid-19: Literature Review

Determinants of Intention to Revisit Health Centers during the Covid-19 Pandemic Era: Literature Review

  • Lina Dwi Yoga Pramana Puskesmas Gajah I, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak
  • Antono Suryoputro Bagian Administrasi dan Kebijakan, Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Cahya Tri Purnami Bagian Administrasi dan Kebijakan, Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Niat Kunjungan Ulang, Kualitas Pelayanan, Puskesmas

Abstract

Latar Belakang: Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan primer wajib menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. Situasi pandemi Covid-19 memberikan dampak penurunan jumlah kunjungan yang signifikan. Jumlah kunjungan Puskesmas di Kabupaten Demak tahun 2020 hanya 71,7% menurun dari kunjungan tahun 2019 sebesar 141,2%.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan niat kunjungan ulang di Puskesmas.

Metode: Merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan belah lintang. Populasi adalah masyarakat yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas dengan besar sampel 332 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan Puskesmas dengan akreditasi paripurna.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan 57,5% responden mempunyai niat tinggi dalam melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas. Melalui uji Chi-square, terbukti ada hubungan antara pengetahuan, kompetensi tenaga, sarana prasarana, kualitas pelayanan dan persepsi sakit terhadap niat kunjungan ulang, sedangkan waktu tunggu tidak berhubungan.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat kunjungan ulang tinggi masyarakat sebanyak 191 responden di Puskesmas Kabupaten Demak.

References

Yan A, Zou Y, Mirchandani DA. How hospitals in mainland China responded to the outbreak of COVID-19 using information technology-enabled services: An analysis of hospital news webpages. J Am Med Informatics Assoc. 2020 Jul;27(7):991–9.

Grozdanova A, Sterjev Z, Ribarska JT. The Role of Branding in The Healthcare System With Special Review to Healthcare Institutions. Knowl Int J. 2020 Aug;

da Silva RGL, Chammas R, Novaes HMD. Rethinking approaches of science, technology, and innovation in healthcare during the COVID-19 pandemic: the challenge of translating knowledge infrastructures to public needs. Vol. 19, Health Research Policy and Systems. BioMed Central Ltd; 2021. p. 1–9.

Secundo G, Riad Shams SM, Nucci F. Digital technologies and collective intelligence for healthcare ecosystem: Optimizing Internet of Things adoption for pandemic management. J Bus Res. 2021 Jul;131:563–72.

Patil V, Anuj Kumar. A Viewpoint on Digital Marketing and Usage of Social Media Tools during COVID-19 Pandemic. 2021;25(2).

Woolley J, Donnell C, Worthington S. Making impressions count: An evaluation of the quality of information provided by orthodontic practices in London in response to the COVID-19 pandemic. 2020 Nov;6(11).

Sanjaya R, Tarigan J. Creative Digital Marketing. 2009.

Solomon M. The Adaptation of Health Care Marketing to The Digital Era. 2017;

Kotler P, Armstrong G. Marketing: An Introduction. 13th ed. 2019.

American Hospital Association. A Hospital leadership Guide to Digital and Social Media Engagement. 2015.

Cholil SM. Aplikasi Technology Acceptance Model pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. J Bisnis dan Manaj (Journal Bus Manag. 2017;17(1):81–102.

Rapitasari D. Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. J Cakrawala. 2016;10(2):107–12.

Etheredge HR, Early J, Norval D, Fabian J, Etheredge HR. Influencer marketing by healthcare providers-Ethics and the law. 7.

Taylor EA, Carman KG, Lopez A, Muchow AN, Roshan P, Eibner C. Consumer Decisionmaking in the Health Care Marketplace. 2016.

Octavia G, Sari WP. Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia. 2019 Apr;2(2):339.

Putri KN, Hermawan D. Digital Marketing Strategy of Creative Consultant during COVID-19 Pandemic: a Qualitative Approach. Int J Entrep Bus Creat Econ. 2021 Jan;1(1):39–56.

Renu N. Innovative Healthcare Marketing Strategies during COVID-19. J Mark Manag. 2021;9(2).

Published
2022-07-07
How to Cite
Yoga Pramana, L. D., Antono Suryoputro, & Cahya Tri Purnami. (2022). Determinan Niat Kunjungan Ulang ke Puskesmas Era Pandemi Covid-19: Literature Review: Determinants of Intention to Revisit Health Centers during the Covid-19 Pandemic Era: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 781-788. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i7.2319