Pengaruh Pemanfaatan Media Edukasi Gizi untuk Meningkatkan Pengetahuan Terkait Anemia pada Remaja Putri : Literature Review
Effects of Utilizing Nutrition Education Media to Increase Knowledge Related to Anemia in Young Women : Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Suatu kondisi yang dialami seseorang ketika kadar hemoglobin (Hb) di dalam darah kurang dari batas normal disebut dengan anemia. Prevalensi anemia pada remaja putri kelompok usia 15-24 tahun di Indonesia sebesar 27,2% sementara pada remaja putra sebesar 20,3%. Angka kejadian anemia pada remaja putri lebih tinggi daripada remaja laki-laki sebab remaja putri mengalami menstruasi dan sedang dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan zat gizi yang lebih tinggi. Diperlukan suatu upaya pencegahan dan penanggulangan anemia untuk meningkatkan pengetahuan remaja, terutama remaja putri, mengenai anemia melalui pemanfaatan media dalam edukasi gizi.
Tujuan: Penulisan literature review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media edukasi gizi dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri mengenai anemia.
Metode: Penulisan ini menggunakan metode literature review. Artikel ilmiah ditemukan melalui mesin pencari Google Scholar dengan kata kunci “anemiaâ€, “media edukasi giziâ€, dan “remaja putriâ€. Artikel ilmiah terindeks Sinta 1-5 dengan rentan waktu publikasi antara tahun 2018-2021.
Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan gizi pada remaja putri setelah diberikan intervensi.
Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui media berupa kartu games, media animasi, komik, dan video blog (vlog) berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri terkait anemia.
References
Masrizal. ANEMIA DEFISIENSI BESI. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2007 Sep;II:140–5.
Kurniasari R, Cahya F, Widiastuti Y, Adi P, Zainudin A. KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) PADA IBU HAMIL DI KOTA SEMARANG. Health Science Growth (HSG) Journal. 2018 Aug 16;3:77–90.
Nurhidayati T, Ruspita M, Astyandini B. ANEMIA REMAJA DAN KESEHATAN REPRODUKSI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan. 2021;3(2):11–7.
Kementerian Kesehatan RI. Riskesdas 2018. 2019.
Nasruddin H, Faisal Syamsu R, Permatasari D. ANGKA KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA DI INDONESIA. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia [Internet]. 2021 Apr;1(4):357–64. Available from: http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index-357-
Anjaya PU, Rohmah ZN. FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA ANEMIA PADA REMAJA PUTRI. Journal of Holistic and Traditional Medicine [Internet]. 2021;06:662–8. Available from: www.jhtm.or.id
Fadila I, Kurniawati H. UPAYA PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTERI SEBAGAI PILAR MENUJU PENINGKATAN KESEHATAN IBU. In: Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 2018. p. 78–89.
Aisah S, Ismail S, Margawati A, Doktor M, Kedokteran I, Kesehatan D, et al. Edukasi Kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia. 5(1):641–55.
Styaningrum SD, Metty. Games Kartu Milenial Sehat sebagai Media Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Sekolah Berbasis Asrama. Ilmu Gizi Indonesia. 2021 Feb;04:171–8.
Syakir S. PENGARUH INTERVENSI PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI. ARGIPA. 2018;3(1):18–25.
Damayanti S, Herawati DMD, Syahri A. The Effect of Education Using Video Blog (vlog) On The Female Adolescents’knowledge, Attitudes and Behaviors On The Prevention of Iron Deficiency Anemia (PPAGB) in Bandung. Journal of Biology Education, Science, & Technology. 2021;4(2):221–5.
Hannanti H, Ilmi IMB, Syah MuhNH. The Effect Of Nutrition Education Using Comic And Leaflet On The Improvement Of Anemia Knowledge In Adolescents Girl In Sma Negeri 14 Jakarta. Jurnal Gizi Kesehatan. 2021;13(1):40–53.
Raodah, Handayani L. Media sebagai Edukasi Intervensi Promosi Kesehatan Masyarakat di Indonesia. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia [Internet]. 2022;5(2):123–33. Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Putra RWH, Supadi J, Wijaningsih W. The Effect of Nutrition Education on Knowledge and Attitude About Anemia in Adolescent. Jurnal Riset Gizi. 2019;
Wahyuni D, Amareta DI. Pengembangan Media Pendidikan Kesehatan Flashcard Anemia. Jurnal Kesehatan. 2019;7(2):69–74.
Mudarris B, Rozi F, Islamiyah N. Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak. Jurnal Ilmiah Potensia [Internet]. 2022;7(1):1–10. Available from: https://doi.org/10.33369/jip.7.1.
Dewi SC, Sari TC, Rosita D. Vlog sebagai Media Edukasi di Era Revolusi Industri 4.0. PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis [Internet]. 2020;3:23–34. Available from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PRANALA
Masri E, Putri N, Rini AM. Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal). 2019;6:177–85.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.