Analisis Kepuasan Pengunaan Sistem Pcare Vaksinasi Covid-19 pada Petugas Kesehatan di Puskesmas

Satisfaction Analysis of the Use of the Covid-19 Vaccination Pcare System in Health Officers in Public Health Center

  • Fitriani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro
  • Cahya Tri Purnami Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro
  • Agung Budi Prasetjo Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro
Keywords: Hot-fit model, Primary care (Pcare), Vaksinasi covid-19

Abstract

Latar Belakang: Primary Care (P-care) adalah suatu pelayanan informasi pasien dengan menggunakan internet dan berbasis komputer yang disediakan oleh BPJS Kesehatan diperuntukkan bagi para fasilitas kesehatan primer untuk memberikan kemudahan akses data ke server BPJS baik itu pendaftaran dan pelayanan medis. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maka memperlukan vaksinasi dalam tindakan pencegahan dari Corona Virus (covid-19). Vaksinasi merupakan suatu intervensi kesehatan yang efektif untuk mencegah penderitaan akibat penyakit dan kematian.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi system P-care dalam mengelola data pasien vaksinasi puskesmas di kota Makassar menggunakan metode HOT-FIT model guna untuk mencari tingkat kepuasan pengguna sistem.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adakah hubungan antara variabel bebas (manusia, organisasi dan teknologi) dengan variabel terikat net-benefit. Populasi pada penelitian ini yaitu petugas pengguna sistem informasi system Pcare Vaksinasi covid-19 Puskesmas pada puskesmas di wilayah kota Makassar dengan total sampel sebanyak 30 orang responden, terdiri petugas pengguna system Pcare vaksinasi covid-19 pada Puskesmas. Sumber data penelitian ini didapatkan melalui sumber data primer. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan cara angket yang berisi pertanyaan mengenai variabel net benefit, faktor manusia, faktor organisasi dan faktor teknologi.

Hasil: Berdasarkan hasil dan kesimpulan manfaat dari penelitian ini yaitu sistem pcare vaksinasi covid-19 telah diterima dengan baik oleh pengguna sistem pcare  vaksinasi covid-19. Penggunaan  sistem pcare vaksinasi covid-19 dapat lebih mengoptimalkan kualitas informasi untuk kepuasan pengguna, kualitas informasi untuk pengguna sistem dan struktur lingkungan untuk pcare vaksinasi. Penggunaan  sistem  yang ada dengan memperhatikan unsur human seperti menyediakan pelatihan untuk pengguna

References

Wariyanti AS. Penerapan Aplikasi Primary Care (P-Care) Bpjs Kesehatan Di Uptd Puskesmas Gilingan Dan Uptd Puskesmas Kratonan Kota Surakarta. Maternal. 2018;2(2).

Trisna WV, Daniati SE, Sari TP. Evaluasi Penggunaan Aplikasi Primary Care (P-Care) BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Se-Kota Pekanbaru dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). INTECOMS J Inf Technol Comput Sci. 2020;3(2):152–61.

Soraya I, Adawiyah WR, Sutrisna E. Pengujian Model Hot Fit Pada Sistem Informasi Manajemen Obat Di Instalasi Farmasi Rsgmp Unsoed Purwokerto. J Ekon Bisnis, dan Akunt. 2019;21(1):1–16.

Sudarmadi. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Tesis. 2010;

Ginting DB, Marlina MR. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas layanan, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Manfaat terhadap Kepuasan Pengguna Fasilitas E-Filing. Media Inform. 2017;16(1):20–31.

Kepuasan T, Sistem P. Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik universitas merdeka malang. 2003;

Khairrunnisa U, Yunanto M. Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Manfaat Bersih Pada Implementasi E-Faktur: Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean. J Ilm Ekon Bisnis. 2017;22(3):229011.

Setiawan D, Putra H, Siswanto M. Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. 2016;1–4.

Bagus I, Mawang G, Buana M, Gusti N, Wirawati P. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi , Kualitas Informasi , dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 2018;22:683–713.

Published
2022-03-29
How to Cite
Fitriani, Cahya Tri Purnami, & Agung Budi Prasetjo. (2022). Analisis Kepuasan Pengunaan Sistem Pcare Vaksinasi Covid-19 pada Petugas Kesehatan di Puskesmas: Satisfaction Analysis of the Use of the Covid-19 Vaccination Pcare System in Health Officers in Public Health Center. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 421-427. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2282