Pengaruh Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Mendukung Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literatur Review
The Effect of Marketing Communication in Efforts to Support Hospital Marketing Strategy: Literatur Review
Abstract
Latar Belakang: Strategi pemasaran rumah sakit harus terus dikembangkan sebagai upaya menghadapi persaingan layanan. Salah satu alat yang dapat dikembangkan yaitu elemen yang ada di dalam komunikasi pemasaran rumah sakit.
Tujuan: kajian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran pada strategi pemasaran rumah sakit.
Metode: Kajian ini adalah Literatur Review melalui pengumpulan artikel dari data base Pubmed, Scopus, Proquest, Oxford Academic, dan Google Scholar.
Hasil: lima artikel dari 173 artikel hasil skrining berdasarkan kriteria inkulusi dan kriteria eksklusi. Kelima artikel ini menjelaskan pengaruh komunikasi pemasaran dalam mendukung strategi pemasaran rumah sakit melalui implementasi elemen komunikasi pemasaran. Elemen komunikasi pemasaran ini dapat meningkatkan brand, citra brand rumah sakit, mempertahankan loyalitas pelanggan, meningkatkan jumlah kunjungan pasien, dan merubah persepsi masyarakat terhadap layanan kesehatan yang diberikan.
Kesimpulan: Komunikasi pemasaran memiliki elemen-elemen sebagai alat yang dapat mendukung strategi pemasaran rumah sakit.
References
Inolabs.net. Komunikasi Pemasaran Terpadu Rumah Sakit [Internet]. 2020. Available from: https://www.inolabs.net/detail/komunikasi_pemasaran_terpadu_rumah_sakit
Lestari, Petri S. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Produk. J Interakasi. 2015;4(2):139–47.
Wachdaniyah AR, Wijaya S, Hakim A, Fasya Z. Literatur Revi̇ew : Implementasi̇ Integrated Marketi̇n Communi̇cati̇on ( Imc ) Dalam Menunjang Pemasaran RumahSaki̇t. Nas Conf Ummah. 2020;(1).
Herviza A. Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Islam Malahayati dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Kota Medan. JOM FISIP [Internet]. 2018;5 (1):1–11. Available from: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/17153%0A
Firmansyah MA. Buku Komunikasi Pemasaran. 2020. CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Astiti SH, Ilyas Y. Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran RS Hermina Karawang di Era Pandemi Covid19 Implementation of Marketing Communication Mixes Hermina Karawang Hospital in The Era of Pandemic Covid19 Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Indonesia email : shit. 2020;162–74.
Rony NF, Panuju R. Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. J Komun Prof. 2018;2(2):120–8.
Srikanth K, Singh S. Impact of Integrated Marketing Communication on Corporate Brand-An Empirical Evidence from Indian Corporate Hospital. K Srikanth Sapna Singh Int J Econ Res [Internet]. 2017;63(11):63–76. Available from: http:www.serialsjournal.com
Kotler P, Keller K. Marketing Management. 14 th ed. Essentials of Management for Healthcare Professionals. New Jersey: Pearson Education; 2012. 211–220 p.
Setiawan S. Pengertian Advertising – Periklanan, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dampak, Ciri, Komponen, Syarat [Internet]. Guru Pendidikan.com. 2021. Available from: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-advertising/
Patel S, Ramesh R, Mehra, S. & Rathod S. IMC Preferences at Super Speciality Hospitals. Int J Adv Sci Reasearch Manag [Internet]. 2017;2(5):1–9. Available from: http://ijasrm.com/wp-content/uploads/2017/05/IJASRM_V2S5_232_1_9.1.pdf%0A
Octa A. Sales Promotion, Cara Efektif Meningkatkan Penjualan [Internet]. 2021. Available from: https://distribusipemasaran.com/sales-promotion-cara-efektif-meningkatkan-penjualan/
Ahmad K. Integrated Marketing Communication and Brand Image in Saudi Private Sector Hospitals: An Empirical Investigation. Int J Bussiness Manag [Internet]. 2016;11(11):94–100. Available from: https://doi.org/10.5539/ijbm.v11n11p94%0D
Andersen TF. Integrated Marketing Communication Enganging Consumers in Digital Era. Aalborg University; 2014.
Ekiyor A, Altan F. We are IntechOpen , the world ’ s leading publisher of Open Access books Built by scientists , for scientists TOP 1 %. Web Sci; 2020. 13 p.
Anggraeni S. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekan Baru dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. JOM FISIP. 2015;2 (1):1–14.
Kotler, Keller K. Marketing Management. Global Edi. UK: Pearson Education; 2015.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.