Coping Mechanism Mahasiswa dalam Menghadapi Stress Akibat Pandemi COVID-19

Student Coping Mechanism in Facing Stress Due to the COVID-19 Pandemic

  • Nidya Eka Putri Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Ede Surya Darmawan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Coping Stress

Abstract

Latar Belakang: Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID -19 di Satuan Pendidikan dan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID -19) menetapkan kebijakan belajar dari rumah.

Tujuan: Menganalisis coping stress pada mahasiswa pascasarjana FKM UI tahun 2020 selama masa pandemi COVID -19 yang melakukan perkuliahan secara daring (Study From Home / SFH) ditambah WFH.

Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan Focus Group Discussion (FGD) dilakukan kepada mahasiswa pascasarjana FKM UI angkatan 2020, sedangkan triangulasi sumber dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari salah satu Dosen FKM UI dan Psikolog UI.

Hasil: Pembelajaran jarak jauh menyembabkan banyak mahasiswa mengaku mengalami stres sehingga sebagian harus mengakses layanan dari psikiater untuk mengurangi pengaruh buruk yang dirasakan. Tak jarang, manifestasi stres muncul dalam bentuk gangguan fisiologis dan psikologis.

Kesimpulan: Koping terhadap stres perlu dilakukan untuk mengurangi gangguan yang dirasakan. Terdapat dua strategi coping yang cukup efektif dalam mengatasi stres akibat pembelajaran jarak jauh, antara lain emotional focus coping dan problem focus.

References

Nasruddin R, Haq I. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2020;7(7).

Kemendikbud. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegah Corona Virus Dis Pada Satuan Pendidik [Internet]. 2020;33:1–5. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kemendikbud. PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. 2020;5(1):55.

Rektor Universitas Indonesia. Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia. 2020;(4):2–4. Available from: file:///C:/Users/user/Downloads/Surat edaran tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UI.pdf

Xiaomeng Z. Psychological resilience before and after work resumption during Covid-19: Episode #4: Stress management [Internet]. Cheung Kong Graduate School of Business. 2020. Available from: https://english.ckgsb.edu.cn/blog/psychologi cal-resilience-before-and-after-workresumption-during-covid-19episode-4- stress-management/

Adi NNS, Oka DN, Wati NMS. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2021;5(1):43.

Charismiadji I. Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif [Internet]. 2020. Available from: ttps://news.detik.com/kolom/d4960969/mengelola-pembelajarandaring-yang-efektif

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi Y. Learning Task" Attributable to Students’ Stres During the Pandemic Covid-19. J Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203–8.

Nasir, Abdul. AM. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar Dan Teori. Jakarta: Salemba medika.; 2011.

Sadock K&. Psikiatri Klinis. 2nd ed. Jakarta: EGC; 2005. 230–233 p.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng J. The psychological impact of the Covid-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. 2020;

Bare BG. SS. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC; 2010. 45–47 p.

Simbolon I. Gejala Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Akibat Sistem Belajar Blok Di Fakultas Ilmu Keperawatan X Bandung. J Sk Keperawatan. 2015;1(1).

Purwati S. Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Universitas Indonesia; 2012.

Goff, A. M. Stresor Academic Performance, and Learned Resourcefullness In Baccalaureate Nursing Student. Int J Nurs Educ Scholarsh. 2011;8:923–1548.

Setyonegoro RK. Anxietas dan Depresi suatu Tinjauan Umum tentang Diagnostik dan Terapi dala, Depresi: Beberapa Pandangan Teori dan Implikasi Praktek di Bidang Kesehatan Jiwa. Jakarta; 1991.

Maia, Berta Rodrigues And Dias PC. Anxiety, depression and stres in university students: the impact of COVID-19. Estud psicol. 2020;37(e200067).

Buffer & AngelList. The state of remote work survey. 2020.

Economic Times. Work from home burnout: Stress, insomnia, anxiety becoming the new normal [Internet]. 2020. Available from: https://economictimes.indiatimes.com/maga zines/panache/work-from-home-burnoutstress-insomnia-anxiety-becoming-the-newnormal/articleshow/75425733.cms?from=m dr

Elias, Habibah., Wong S.P. MCA. Stress and Academic Achievement among Undergraduate Students in Universiti Putra Malaysia. Procedia - Soc Behav Sci. 2011;29(2011):646 – 655.

Dyrbye, L. N., Thomas, M. R., & Shanafelt TD. Systematic review of depression, anxiety, and other indicators of psychological distress among U.S. and Canadian medical students. Acad Med. 2006;81:354–73.

Matsudaira, T., & Kitamura T. Personality traits as risk factors of depression and anxiety among Japanese students. J Clin Psychol. 2006;62:97–109.

Rosal, M. C., Ockene, I. S., Ockene, J. K., Barrett, S. V., Ma, Y., & Hebert JR. ). A longitudinal strudy of students’ depression at one medical school. Acad Med. 1997;72:542–6.

Bunevicius, A., Katkute, A., & Bunevivius R. Symptoms of anxiety and depression in medical students and in humanities students: relationship with big-five personality dimensions and vulnerability to stress. J Soc Psychiatry. 2008;54(6):494–501.

Lazarus RS FS. Stress, appraisal and coping. New York: Hemisphere; 1984.

Babicka-Wirkus A, Wirkus L, Stasiak K, Kozłowski P. University students’ strategies of coping with stress during the coronavirus pandemic: Data from Poland. PLoS One. 2021 Jul 1;16(7 July).

Makarowski R, Piotrowski A, Predoiu R, Go ̈rner K, Predoiu A, Mitrache G et al. Stress and coping during the COVID-19 pandemic among martial arts athletes–across-cultural study. Arch Budo. 2020;16:161–71.

Yang X, Xiong Z, Li Z, Li X, Xiang W, Yuan Y et al. Perceived psychological stress and associated fac-tors in the early stages of the corona virus disease 2019 (COVID-19) epidemic: Evidence from the general Chinese population. PLoS One. 2020;15(12).

Published
2022-04-07
How to Cite
Eka Putri, N., & Ede Surya Darmawan. (2022). Coping Mechanism Mahasiswa dalam Menghadapi Stress Akibat Pandemi COVID-19: Student Coping Mechanism in Facing Stress Due to the COVID-19 Pandemic. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(5), 566-575. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i5.2236