Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran pada RS X dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien saat Pandemi Covid-19: Literature Review
Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies at Hospital X in Restoring Patient Trust during Covid-19 Pandemic: Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Rumah Sakit X yang terkena dampak pandemi, berusaha untuk bangkit setelah penderita Covid-19 menurun jauh dan keadaan bermasyarakat mulai menuju ke normal kembali. Untuk menghadapi kondisi normal yang baru diperlukan strategi pemasaran yang baru, karena kompetitor di sekitar rumah sakit saat pandemi berpindah tangan ke grup rumah sakit yang besar. Dengan membidik segmentasi yang tepat, dengan target yang jelas dan memposisikan rumah sakit di tempat yang proporsional akan memudahkan bagian pemasaran rumah sakit melakukan strategi bauran pemasaran supaya usaha kebangkitan rumah sakit tidak menunggu terlalu lama. Ancaman pandemi yang belum berakhir, melalui varian Omicron, diharapkan bisa diantisipasi, mengingat rumah sakit pernah menghadapi serangan pandemi gelombang pertama dan kedua.
Tujuan: Dengan menyusun metode STP, dilanjutkan dengan strategi bauran pemasaran, ditambah dengan pengalaman menghadapi pandemi gelombang 1 dan 2, diharapkan rumah sakit dapat mengembalikan kepercayaan pasien seperti sebelum pandemi dan sekaligus siap dalam menghadapi serangan omicron.
Metode: Penulis menggunakan metode literature review dalam penulisan ini.
Hasil: Dengan membidik segmentasi yang tepat, dengan target yang jelas dan memposisikan rumah sakit di tempat yang proporsional akan memudahkan bagian pemasaran rumah sakit melakukan strategi bauran pemasaran supaya usaha kebangkitan rumah sakit tidak menunggu terlalu lama.
Kesimpulan: Ancaman pandemi yang belum berakhir, melalui varian Omicron, diharapkan bisa diantisipasi, mengingat rumah sakit pernah menghadapi serangan pandemi gelombang pertama dan kedua.
References
Walewangko CD, Pangemanan SS, Pandowo MHC. The Influence of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction AT JB VAPE STORE. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2021;9(2).
Kotler P, Keller KL. Manajemen pemasaran. edisi; 2009.
MUTIARA M. Penilaian Kegiatan Pemasaran Berbasis Analisis Swot Pada Salon Headquarters The Hair & Beauty Bar Palembang. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA; 2017.
Kotler P, Keller KL. Marketing Management | Kevin Lane Keller, Philip Kotler | download. Pearson Education Limited; 2016.
Wijaya H, Sirine H. STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING SERTA STRATEGI HARGA PADA PERUSAHAAN KECAP BLEKOK DI CILACAP. AJIE - Asian J Innov Entrep. 2016;
Putri BRT. Manajemen Pemasaran | Dr. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., MM. | download. 2017.
Kotler P, Armstrong G (Gary M. Principles of Marketing, 12th Edition | Philip Kotler, Gary Armstrong | download. 2008.
Blythe J, Martin J. Essentials of Marketing | Jim Blythe, Jane Martin | download. Pearson Education Limited; 2019.
David F, David F. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, Global Edition by Fred R. David, Forest R. David | Perlego. 2017.
Arvita Ajeng Pramushinta, Sulistiadi W. THE ROLE OF MARKETING MIX IN INCREASING INTEREST OF PATIENT VISIT TO HOSPITAL IN INDONESIA: A SYSTEMATIC REVIEW. 2019;
Rodrigues J. Health information systems : concepts, methodologies, tools and applications [4 Vols] | Joel Rodrigues | download. 2010.
Hiscott J, Alexandridi M, Muscolini M, Tassone E, Palermo E, Soultsioti M, et al. The global impact of the coronavirus pandemic. Cytokine Growth Factor Rev. 2020 Jun;53:1–9.
Coronavirus (COVID-19) - Google News.
Burhan E. Mengenal Varian Omicron. 2021;
WHO. Classification of Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 Variant of Concern. 2021.
Fakta Pasien Omicron di Indonesia, Mayoritas Sudah Vaksinasi, Usia 40-49, hingga Ada Penggumpalan Darah Halaman all - Kompas.com.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.