Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran pada RS X dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien saat Pandemi Covid-19: Literature Review

Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies at Hospital X in Restoring Patient Trust during Covid-19 Pandemic: Literature Review

  • Dionisius Indri Priyobodo Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: STP, Bauran Pemasaran, Kepercayaan Pasien, Pandemi COVID-19

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit X yang terkena dampak pandemi, berusaha untuk bangkit setelah penderita Covid-19 menurun jauh dan keadaan bermasyarakat mulai menuju ke normal kembali. Untuk menghadapi kondisi normal yang baru diperlukan strategi pemasaran yang baru, karena kompetitor di sekitar rumah sakit saat pandemi berpindah tangan ke grup rumah sakit yang besar. Dengan membidik segmentasi yang tepat, dengan target yang jelas dan memposisikan rumah sakit di tempat yang proporsional akan memudahkan bagian pemasaran rumah sakit melakukan strategi bauran pemasaran supaya usaha kebangkitan rumah sakit tidak menunggu terlalu lama. Ancaman pandemi yang belum berakhir, melalui varian Omicron, diharapkan bisa diantisipasi, mengingat rumah sakit pernah menghadapi serangan pandemi gelombang pertama dan kedua.

Tujuan: Dengan menyusun metode STP, dilanjutkan dengan strategi bauran pemasaran, ditambah dengan pengalaman menghadapi pandemi gelombang 1 dan 2, diharapkan rumah sakit dapat mengembalikan kepercayaan pasien seperti sebelum pandemi dan sekaligus siap dalam menghadapi serangan omicron.

Metode: Penulis menggunakan metode literature review dalam penulisan ini.

Hasil: Dengan membidik segmentasi yang tepat, dengan target yang jelas dan memposisikan rumah sakit di tempat yang proporsional akan memudahkan bagian pemasaran rumah sakit melakukan strategi bauran pemasaran supaya usaha kebangkitan rumah sakit tidak menunggu terlalu lama.

Kesimpulan: Ancaman pandemi yang belum berakhir, melalui varian Omicron, diharapkan bisa diantisipasi, mengingat rumah sakit pernah menghadapi serangan pandemi gelombang pertama dan kedua.

References

Walewangko CD, Pangemanan SS, Pandowo MHC. The Influence of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction AT JB VAPE STORE. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2021;9(2).

Kotler P, Keller KL. Manajemen pemasaran. edisi; 2009.

MUTIARA M. Penilaian Kegiatan Pemasaran Berbasis Analisis Swot Pada Salon Headquarters The Hair & Beauty Bar Palembang. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA; 2017.

Kotler P, Keller KL. Marketing Management | Kevin Lane Keller, Philip Kotler | download. Pearson Education Limited; 2016.

Wijaya H, Sirine H. STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING SERTA STRATEGI HARGA PADA PERUSAHAAN KECAP BLEKOK DI CILACAP. AJIE - Asian J Innov Entrep. 2016;

Putri BRT. Manajemen Pemasaran | Dr. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., MM. | download. 2017.

Kotler P, Armstrong G (Gary M. Principles of Marketing, 12th Edition | Philip Kotler, Gary Armstrong | download. 2008.

Blythe J, Martin J. Essentials of Marketing | Jim Blythe, Jane Martin | download. Pearson Education Limited; 2019.

David F, David F. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, Global Edition by Fred R. David, Forest R. David | Perlego. 2017.

Arvita Ajeng Pramushinta, Sulistiadi W. THE ROLE OF MARKETING MIX IN INCREASING INTEREST OF PATIENT VISIT TO HOSPITAL IN INDONESIA: A SYSTEMATIC REVIEW. 2019;

Rodrigues J. Health information systems : concepts, methodologies, tools and applications [4 Vols] | Joel Rodrigues | download. 2010.

Hiscott J, Alexandridi M, Muscolini M, Tassone E, Palermo E, Soultsioti M, et al. The global impact of the coronavirus pandemic. Cytokine Growth Factor Rev. 2020 Jun;53:1–9.

Coronavirus (COVID-19) - Google News.

Burhan E. Mengenal Varian Omicron. 2021;

WHO. Classification of Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 Variant of Concern. 2021.

Fakta Pasien Omicron di Indonesia, Mayoritas Sudah Vaksinasi, Usia 40-49, hingga Ada Penggumpalan Darah Halaman all - Kompas.com.

Published
2022-03-29
How to Cite
Dionisius Indri Priyobodo, & Wahyu Sulistiadi. (2022). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran pada RS X dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien saat Pandemi Covid-19: Literature Review: Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies at Hospital X in Restoring Patient Trust during Covid-19 Pandemic: Literature Review . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 343-351. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2155