Peranan Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Pemasaran Rumah Sakit di Indonesia
The Role of Segmenting, Targeting, Positioning as Hospital Marketing Strategic in Indonesia
Abstract
Pendahuluan: Perkembangan rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, ditambah dengan tuntutan masyarakat yang begitu tinggi dalam pelayanan membuat rumah sakit berlomba-lomba mencari peluang maupun strategi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjadi pilihan utama di kelompok masyarakat tertentu. Keterbatasan sumber daya manusia, dana, serta sarana dan prasarana menuntut rumah sakit untuk memilih kelompok tertentu yang menjadi sasaran produk atau layanan unggulannya. Keputusan bagaimana cara melayani pasar sasaran terebut berdasarkan segmentation, targeting, dan positioning.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi segmentation, targeting, dan positioning berpengaruh pada strategi pemasaran pelayanan rumah sakit. Studi ini merupakan sebuah literature review.
Metode: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan literatur review.
Hasil: Studi ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dengan konsep segmentation, targeting dan positioning serta didukung oleh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran dengan konsep Segmentation, Targetting dan Positioning serta didukung oleh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pelanggan.
References
Yudoyono SB. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit [Internet]. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia; 2009. Available from: https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt4b726af04ac2a/undangundang-nomor-44-tahun-2009/document#!
Rahmawati. Analisis Produk Layanan Rumah Sakit dalam Lingkup Bauran Pemasaran. Adm Rumah Sakit. 2018;5(1):37–41.
Kotler P, Armstrong G. Principles of Marketing, Seventeenth Edition [Internet]. Pearson. 2018. 174 p. Available from: file:///Users/Fitriana/Desktop/Principles of Marketing by Philip T. Kotler, Gary Armstrong (z-lib.org).pdf
Munandar D. Analisis Penentuan Segmen, Target, Dan Posisi Pasar Home Care Di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Maj Ilm UNIKOM. 2011;6(2).
Kotler P, Keller KL. Marketing Management. 15 Global. England: Pearson; 2016.
Listiani. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2017.
Ariani NPR dkk. Analisa produk layanan igd dental di rsgm yarsi berdasarkan stp ( segmenting, targeting, positioning ). J Med Hutama [Internet]. 2021;03(01):1331–6. Available from: http://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/275/187
Sawitri D. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Variabel Intervening Kepuasan Pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat. J Manaj Bisnis Indones. 2016;4(1).
Mudayana AA. Analisis Strategi Pemasaran Produk Laparoscopy Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. J Kesehat Masy (Journal Public Heal [Internet]. 2014;4(2). Available from: https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Ahid-Mudayana/publication/291411932_ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_PRODUK_LAPAROSCOPY_DI_RUMAH_SAKIT_PKU_MUHAMMADIYAH_YOGYAKARTA/links/60874f57881fa114b42dccd1/ANALISIS-STRATEGI-PEMASARAN-PRODUK-LAPAROSCOPY-DI-RUMAH
Giusman R, Nurwahyuni A. Evaluasi Pelayanan Rawat Jalan RS X pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Segmenting, Targeting dan Positioning. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo [Internet]. 2021;7(1):72. Available from: https://jurnal.stikes-yrsds.ac.id/index.php/JMK/article/view/599/173
Amira H, Fitriasari N. Pentingkah Segmenting, Targeting, dan Positioning Sebagai Strategi Pemasaran? J Kedokt Brawijaya [Internet]. 2020; Available from: http://dx.doi.org/10.21776/article
Rismiati C, Suratno B. Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius; 2001.
Mardiah M, Wahyu S. The Role Of Hospital Marketing Mix To The Selection Of The Hospital Consumer. In: Proceedings of the International Conference on Applied Science and Health. 2019. p. 1065–1071.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.