Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review
Analysis of Digital Marketing Implementation in Hospitals in the COVID-19 Pandemic: Literature Review
Abstract
Pendahuluan: Industri kesehatan berada di bawah tekanan besar karena munculnya Pandemi COVID-19 dan telah mengakibatkan efek buruk pada ekonomi global yang mempengaruhi strategi pemasaran dan pengeluaran. Untuk rumah sakit terutama saat kondisi pandemi COVID-19, media digital dan platform teknologi baru memberikan kesempatan berekspansi ke pasar baru, menawarkan layanan baru, melamar teknik komunikasi online baru untuk bersaing kembali.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemasaran digital di rumah sakit pada kondisi pandemi COVID-19.
Metode: Studi ini dilakukan secara deskriptif dengan literatur review. Penelusuran dilakukan pada artikel yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia melalui pencarian pada Proquest Googlescholar, dan Science Direct, dengan kata kunci pemasaran digital, analisis, rumah sakit, COVID-19.
Hasil: Studi ini menunjukkan bahwa pemasaran digital di rumah sakit selama pandemi COVID-19 merupakan strategi pemasaran yang memiliki banyak manfaat. Pemilihan saluran pemasaran digital tergantung dari tujuan yang ingin dicapai rumah sakit. Setelah itu, RS menentukan pilihan saluran media digital apa saja yang akan digunakan, kemudian menentukan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dari media yang dipilih, melakukan analisis situasi dan audiens, menentukan anggaran serta frekuensi pemasarannya. Selanjutnya untuk implementasinya perlu ditentukan siapa yang melakukan strategi pemasaran yang sudah dipilih, dan harus dilakukan monitoring dan evaluasi dari setiap strategi pemasaran digital yang telah diimplementasikan agar rumah sakit dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.
Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa pemasaran digital di rumah sakit selama pandemi ini merupakan strategi pemasaran yang memiliki banyak manfaat yaitu dapat menarik pasien baru, memperluas bisnis, meningkatkan kepercayaan pelanggan/pasien, memperkuat loyalitas pelanggan/pasien, meningkatkan brand awareness, mendorong pasien untuk menggunakan layanan rumah sakit dan mempromosikannya kepada kerabat dan keluarganya.
References
Leeanju R, Senthilkumar K. View of Digital Marketing of Health Care Product and its Impact on Coronavirus Disease-19 [Internet]. Asian Pacific Journal of Health Sciences | Vol. 8 | Issue 4 | October-December |. 2021 [cited 2021 Dec 16]. Available from: https://apjhs.com/index.php/apjhs/article/view/1677/1213
Chaffey D, Chadwick FE. Digital Marketing, Strategy, Implementation and Practice [Internet]. 2016 [cited 2021 Dec 16]. Available from: https://garshadma.com/wp-content/uploads/2020/07/dave-cheffy-digital-marketing-strategy.pdf
Radu M, Radu G, Condurache A, Lorin Purcărea V. The influence of digital media on the success of a health care unit. J Med Life [Internet]. 2018 Jul 1 [cited 2021 Dec 16];11(3):254. Available from: /pmc/articles/PMC6197523/
Desai V. Digital Marketing A Review. Int J Trend Sci Res Dev. 2019;196–200.
amaravathitechsystem. Why Is Digital Marketing Important To Doctors, Hospitals, And Clinics? - Amaravathi TechSystems [Internet]. 2020 [cited 2021 Dec 22]. Available from: https://amaravathitechsystems.com/why-is-digital-marketing-important-to-doctors-hospitals-and-clinics/
Adobe R2i. A Digital Cure for Healthcare Marketing [Internet]. 2020 [cited 2021 Dec 23]. Available from: https://www.adobe.com/content/dam/acom/en/customer-success/pdfs/R2iAdobe_WPHealthcare_InTouch_Final.pdf
Mishra T. Importance of digital marketing services for healthcare professionals in the context of Bangladesh. 2018 [cited 2021 Dec 16]; Available from: http://dspace.bracu.ac.bd/xmlui/handle/10361/11036
Hutchings R. The impact of Covid-19 on the use of digital technology in the NHS. 2020 [cited 2021 Dec 22]; Available from: https://www.nuffieldtrust.org.uk/research/the-impact-of-covid-19-on-the-use-of-digital-technology-in-the-nhs
Mishra T. Importance of digital marketing services for healthcare professionals in the context of Bangladesh. 2018 [cited 2021 Dec 23]; Available from: http://dspace.bracu.ac.bd/xmlui/handle/10361/11036
Ajina AS. “The role of content marketing in enhancing customer loyalty: an empirical study on private hospitals in Saudi Arabia.†Innov Mark [Internet]. 2019 [cited 2021 Dec 23];Volume 15(3). Available from: http://dx.doi.org/10.21511/im.15
Esposito A. Hospital branding in Italy: A pilot study based on the case method. http://dx.doi.org/101080/0735968320161275211 [Internet]. 2017 Jan 2 [cited 2021 Dec 23];34(1):35–47. Available from: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/07359683.2016.1275211
Ritcher J, Muhlestein D, Wilks C. Social Media: How Hospitals Use It, and Opportunities for Future Use [Internet]. Journal of Healthcare Management. 2014 [cited 2021 Dec 23]. Available from: https://journals.lww.com/jhmonline/Abstract/2014/11000/Social_Media__How_Hospitals_Use_It,_and.11.aspx
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.