Dampak Aktivitas Peternakan Ayam Terhadap Gangguan Psikosomatis Warga Masyarakat di Desa Mario Kecamatan Kulo

The Impact of Chicken Farming Activities on Pysichosomatic Disorders of Community Members in Mario Village Kulo District

  • Mutmainnah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Nuddin Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Henni Kumaladewi Hengky Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Limbah, Peternakan Ayam, Psikosomatis

Abstract

Adanya bau yang kurang sedap akibat limbah peternakan ayam dapat menimbulkan dampak sosial bagi warga yang berada di sekitar peternakan. Selain dapat mengganggu aktivitas warga, bau yang kurang sedap juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya gejala gangguan psikosomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gejala psikosomatis yang dirasakan masyarakat, serta untuk mengetahui pengaruh bau limbah peternakan ayam terhadap gangguan psikosomatis dan aktivitas masyarakat di Desa Mario Kecamatan Kulo.Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik kuantatif, teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling sebanyak 97 orang dengan menggunakan angket berupa kuesioner. Analisis Bivariat dengan uji Chi square dengan nilai derajat (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 gejala psikosomatis dengan kategori sedang dan 7 gejala psikosomatis dengan kategori ringan yang dirasakan masyarakat sekitar peternakan. Bau limbah peternakan ayam tidak berpengaruh terhadap gangguan psikosomatis masyarakat dengan nilai p value = 0,984 sedangkan bau limbah peternakan ayam mempunyai pengaruh signifikan terhadap aktivitas masyarakat dengan nilai p value = 0,000. Disarankan kepada peternak agar memperhatikan kondisi sanitasi kandang ayam supaya bau yang dihasilkan tidak terlalu menyengat.

References

Jayanti DI, Santi DN, Naria E. Analisis Kadar Amoniak di Udara dan Sanitasi Peternakan Serta Keluhan Kesehatan Pada Pekerja di Peternakan Ayam di Desa Sei. Limbat Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. 2015;(237):1–9.

Megawati. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidenreng Rappang. Adzan Wahidin SS., editor. BPS Sideneng Rappang; 2019. xii–76.

Justiani AA. Hubungan Paparan Gas Amonia Terhadap Gangguan Pernapasan Pada Pekerja Peternakan Ayam. 2021;02(01):377–81.

Fakihuddin, Tatbita Titin Suhariyanto, Faishal M. Analisis Dampak Lingkungan dan Persepsi Masyarakat Terhadap Industri Peternakan Ayam ( Studi Kasus pada Peternakan di Jawa Tengah ). Teknik Industri. 2020;10(2):191–9.

Putri SM. Usaha Peternakan Ayam di Tengah Pemukiman Masyarakat diTinjau Dari Etika Bisnis IsLam ( Studi Kasusu di Desa Sembesari Bantul Metro Selatan). Ekonomi Syariah Fakultas. 2018;

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 40/Permentan/OT.140/7/2011, tentang Prasarana dan Sarana.

Nursyahidah Idris. Hubungan Stres Dengan Kejadian Psikosomatis Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddun. Skripsi, Fakultas Kedokteran Unhas Makassar. 2020;

Purnomo P, Saam Z, Nazriati E. Analisis Bau Limbah Perternakan Ayam di Pemukiman Terhadap Gangguan Psikosomatik Masyarakat Sekitar Kandang di Desa Sei Lembu Makmur. Dinamika Lingkungan Indonesia. 2016;3(1):57.

Andi Purnama DR. Dampak Lingkungan Hidup Dari Usaha Peternakam Ayam dan Akibat Hukumnya di Desa Candirejo Mojotengah Wonosobo. 2016;

Apriyani R. Faktor - Faktor Penyebab Psikosomatis Pada Orang Dengan Kecenderungan Psikosomatis Di Samarinda. Psikologi fisip unmul. 2018;6(3):609–17.

Priyambodo T. Dampak Keberadaan Peternakan Ayam Ras Petelur Bagi Masyarakat Di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 2016;03(5):42–8.

Fatika NF. Hubungan Sanitasi Kandang Ayam Pedaging Dengan Kepadatan Lalat Di Desa Bedrug Kecamatan Pulung Ponorogo. Skripsi kesehatan Lingkungan. 2018;9(1):41 – 48.

Syaputra A. Adaptasi Masyarakat Terhadap Perubahan Lingkungan (Studi Pada Masyarakat yang Tinggal Pada Kawasan Peternakan Ayam Petelur di Kanagarian Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar). Jom Fisip. 2017;4(1):1–14.

Heri Purwanto, Emmy Sri Mahreda, Danang Biyatmoko AF. Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Lingkungan Pada Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Boiler) di Kota Banjarbaru. kesehatan lingkungan. 2013;9:147–55.

Published
2021-10-30
How to Cite
Mutmainnah, Andi Nuddin, & Henni Kumaladewi Hengky. (2021). Dampak Aktivitas Peternakan Ayam Terhadap Gangguan Psikosomatis Warga Masyarakat di Desa Mario Kecamatan Kulo : The Impact of Chicken Farming Activities on Pysichosomatic Disorders of Community Members in Mario Village Kulo District. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(1), 58-64. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i1.1927