Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara
Factors Related to Community Revisit Interest in Sapala Health Center, Hulu Sungai Utara
Abstract
Data Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2020 didapatkan jumlah kunjungan pasien rawat jalan terendah yaitu di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 2.221 kunjungan. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat kunjungan ulang masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2020 sebanyak 2.221 orang. Sampel sebanyak 96 responden menggunakan teknik Insidental Sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian sebanyak 57 responden (59,4%) berminat untuk berkunjung ulang, sebanyak 65 responden (67,7%) menyatakan akses kurang, sebanyak 73 responden (76,0%) menyatakan pelayanan baik, sebanyak 64 responden (66,7%) menyatakan ketersediaan alat, sebanyak 83 responden (86,5%) menyatakan ketersediaan obat-obatan. Ada hubungan akses (p-value = 0,000), pelayanan (p-value = 0,003), ketersediaan alat (p-value = 0,004), ketersediaan obat-obatan (p-value = 0,002) dengan minat kunjungan ulang masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021. Akses ke Puskesmas Sapala untuk desa Bararawa, Desa Palbatu dan Desa Tampakang harus menggunakan transportasi air seperti speadboad dan perahu mesin, jarak yang jauh, pelayanan, tidak tersedianya alat dan obat-obatan menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Sapala.Diharapkan Puskesmas mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kesehatan, ketersediaan alat dan obat-obatan sehingga masyarakat berminat untuk berkunjung ulang ke Puskesmas.
References
Fausiah F. Utilization Of Healthcare Services To General Patient At Inpatient Unit of Anutapura General Hospital, Palu City. Prev J Kesehat Masy. 2019;10(1):35–44.
Pratama MY, Gurning FP, Suharto S. Implementasi Penanggulangan Tuberkulosis di Puskesmas Glugur Darat Kota Medan. J Kesmas Asclepius. 2019;1(2):196–205.
Damanik EN, Kasim F, Sari NM. ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RENDAHNYA KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS BANDAR TINGGI KABUPATEN SIMALUNGUN. J Inov Kesehat Masy. 2020;2(1):136–43.
Kasuba RS, Kurniawan D. FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PERAWATAN SULAMADAHA KOTA TERNATE BARAT TAHUN 2018. J SERAMBI SEHAT. 2018;11(2):17–22.
Satrianegera F, Azis J, Rusmin M. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PELAYANAN ANTENATAL DI POLIKLINIK KEBIDANAN RSUD SYEKH YUSUF KAB. GOWA. J Kesehat. 13(1):71–7.
Sarinastiti R, Fajriyanto AN, Prabumukti DR, Insani MK, Aziz WN, Fortuna LD, et al. Analisis pengetahuan perilaku hidup sehat dan pemanfaatan puskesmas. Promot J Kesehat Masy. 2018;8(1):61–71.
Habibi AH, Hakim FH, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2020;4(2):11–21.
Masita A, Yuniar N, Lisnawaty L. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. (Jurnal Ilm Mhs Kesehat Masyarakat). 2017;1(3).
Kurnia NAS. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Pelayanan, Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Penerima Manfaat Layanan Rehabilitasi Sosial (Studi Pada Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama†Surakarta). 2019;
Napirah MR, Rahman A, Tony A. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. J Pengemb Kota. 2016;4(1):29–39.
Bustami MS. Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya. 2011;
Anggraini MT, Rohmani A. Hubungan kepuasan pasien dengan minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan pada praktek dokter keluarga. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL. 2012.
Helmawati T, Handayani SD. Pengaruh kualitas layanan terhadap minat kunjungan ulang yang dimediasi oleh kepuasan pasien di klinik Rumah Zakat Yogyakarta. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit). 2014;3(1).
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.