Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan

Factor Related to Patient Satisfaction in the Polyclinic Midwifery

  • Ari Widyarni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
Keywords: Kepuasan, Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Pelayanan rumah sakit secara umum cenderung belum mencapai kualitas optimal. Kualitas pelayanan kesehatan seperti di Rumah Sakit merupakan suatu fenomena yang unik, sebab dimensi dan indikatornya dapat berbeda diantara orang-orang yang terlibat dalam pelayanan kesehatan, kepuasan pasien merupakan keluaran (outcome) layanan kesehatan, sehingga kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Besar sampel sebanyak 84 responden dengan cara Accidental Sampling. Analisis data menggunakan statistik univariat dan bivariat uji Chi Square dengan nilai kemaknaan (α) 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan di Poliklinik Kebidanan. Analisis secara statisitik menyatakan ada hubungan yang bermakna faktor pengetahuan (p-value=0,004) dan pendapatan keluarga (p-value=0,001) dengan kepuasan pasien di Poliklinik Kebidanan. Saran perlunya meningkatkan dari aspek fasilitas, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sehingga pasien mendapatkan kepuasan yang maksimal terhadap pelayanan di Poliklinik Kebidanan yang berakibat meningkatnya frekuensi kunjungan pasien setiap tahunnya dan pada akhirnya untuk mencapai tingkat derajat kesehatan yang paripurna.

References

Hasan A. Pengaruh Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. J Ilm Dikdaya. 2021;11(1):85–9.

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry L. SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988. 1988;64(1):12–40.

Pohan I. Jaminan mutu layanan kesehatan, EGC. Jakarta; 2006.

Situmorang NIP. ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DOKTER TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT HAJI MEDAN. INSTITUT KESEHATAN HELVETIA; 2019.

Rahayuningsih SI, Putra A. Pengaruh pengetahuan pasien tentang haknya terhadap kepuasan pasien di RSUDZA. Idea Nurs J. 2010;1(1):39–46.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan. 2010;

Jacobalis S. Kumpulan tulisan terpilih tentang rumah sakit Indonesia dalam dinamika sejarah, transformasi, globalisasi, dan krisis nasional. Yayasan Penerbitan IDI; 2000.

Kırılmaz H. An investigation of factors affecting patient satisfaction in the framework of performance management: a field study on polyclinic patients. J Acıbadem Univ Heal Sci. 2013;4:11–21.

Published
2021-11-14
How to Cite
Widyarni, A. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan: Factor Related to Patient Satisfaction in the Polyclinic Midwifery . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 524-529. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1854