Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan
Factor Related to Patient Satisfaction in the Polyclinic Midwifery
Abstract
Pelayanan rumah sakit secara umum cenderung belum mencapai kualitas optimal. Kualitas pelayanan kesehatan seperti di Rumah Sakit merupakan suatu fenomena yang unik, sebab dimensi dan indikatornya dapat berbeda diantara orang-orang yang terlibat dalam pelayanan kesehatan, kepuasan pasien merupakan keluaran (outcome) layanan kesehatan, sehingga kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Besar sampel sebanyak 84 responden dengan cara Accidental Sampling. Analisis data menggunakan statistik univariat dan bivariat uji Chi Square dengan nilai kemaknaan (α) 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan di Poliklinik Kebidanan. Analisis secara statisitik menyatakan ada hubungan yang bermakna faktor pengetahuan (p-value=0,004) dan pendapatan keluarga (p-value=0,001) dengan kepuasan pasien di Poliklinik Kebidanan. Saran perlunya meningkatkan dari aspek fasilitas, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sehingga pasien mendapatkan kepuasan yang maksimal terhadap pelayanan di Poliklinik Kebidanan yang berakibat meningkatnya frekuensi kunjungan pasien setiap tahunnya dan pada akhirnya untuk mencapai tingkat derajat kesehatan yang paripurna.
References
Hasan A. Pengaruh Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. J Ilm Dikdaya. 2021;11(1):85–9.
Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry L. SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988. 1988;64(1):12–40.
Pohan I. Jaminan mutu layanan kesehatan, EGC. Jakarta; 2006.
Situmorang NIP. ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DOKTER TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT HAJI MEDAN. INSTITUT KESEHATAN HELVETIA; 2019.
Rahayuningsih SI, Putra A. Pengaruh pengetahuan pasien tentang haknya terhadap kepuasan pasien di RSUDZA. Idea Nurs J. 2010;1(1):39–46.
Notoatmodjo S. Promosi kesehatan. 2010;
Jacobalis S. Kumpulan tulisan terpilih tentang rumah sakit Indonesia dalam dinamika sejarah, transformasi, globalisasi, dan krisis nasional. Yayasan Penerbitan IDI; 2000.
Kırılmaz H. An investigation of factors affecting patient satisfaction in the framework of performance management: a field study on polyclinic patients. J Acıbadem Univ Heal Sci. 2013;4:11–21.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.