Efektifitas Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Puskesmas Limboto Barat

  • Andi Akifa Sudirman Dosen Program Studi Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Dewi Modjo Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: Diabetes mellitus, Diabetes Self Management Education (DSME), kadar glukosa darah

Abstract

Diabetes Self Management Education (DSME) merupakan serangkaian intervensi khusus untuk membantu diabetisi dalam merubah gaya hidupnya sehingga menjadi patuh dalam manajemen perawatan diri. DSME diberikan secara berkesinambungan yang mengacuh pada pilar penatalaksanaan DM. Tujuan penelitian adalah diketahuinya efektifitas  Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap kadar glukosa darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Limboto Barat. Metode penelitian pre eksperimen desain dengan jumlah sampel 15 orang, teknik pengambilan sampling dengan probability sampling. Analisis menggunakan uji dependen t-test/uji paired t test. Hasil penelitian didapatkan perbedaan kadar glukosa darah yang bermakna pada pengukuran sesudah pemberian DSME pada responden dimana diperoleh nilai p < 0,05 (p = 0,00), dengan nilai t positif (4,67) yang berarti pengukuran kadar glukosa darah sebelum perlakuan lebih besar dari pengukuran sesudah perlakuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kadar glukosa darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2 sebelum dan sesudah intervensi penerapan Diabetes Self Manajement Education (DSME). Saran pada penelitian ini diharapkan penerapan  program edukasi (pendidikan kesehatan) untuk diabetisi diberikan dengan lebih sistematis dan berkesinambungan memuat materi-materi terkait dengan  menggunakan  media  dan metode yang menarik.

 

References

Indonesia PE. Pengelolaan dan pencegahan diabetes melitus tipe 2 di Indonesia. Pb Perkeni. 2015;

Black JM, Hawks JH. Keperawatan medikal bedah: manajemen klinis untuk hasil yang diharapkan. Elsevier (Singapore); 2014.

Soelistijo SA, Lindarto D, Decroli E, Permana H, Sucipto KW, Kusnadi Y, et al. Pedoman pengelolaan dan pencegahan diabetes melitus tipe 2 dewasa di Indonesia 2019 [Internet]. Perkumpulan Endokrinologi Indonesia. 2019. 1–117 p.

Kemenkes RI. Hasil utama RISKESDAS 2018. Vol. 202018, Online) http://www. depkes. go. id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil% 20Riskesdas. 2018.

Sudirman AA. Diabetes Mellitus, Diabetes Self Management Education (DSME), and Self Care Diabetik. 2018;

Dewi R. Efektivitas Edukasi Manajemen Mandiri Terhadap Nilai Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2. J Ilm Keperawatan Imelda. 2020;6(1):16–21.

Funnell MM, Brown TL, Childs BP, Haas LB, Hosey GM, Jensen B, et al. National standards for diabetes self-management education. Diabetes Care. 2008;31(Supplement 1):S97–104.

Association AD. 4. Foundations of care: education, nutrition, physical activity, smoking cessation, psychosocial care, and immunization. Diabetes Care. 2015;38(Supplement 1):S20–30.

Dalimunthe DY. Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Sebagai Model Keperawatan Berbasis Keluarga Terhadap Pengendalian Glukosa Pada Penderita Diabetes Melitus. J Mutiara Kesehat Masy. 2016;1(1):53–61.

Rahayu E, Kamaluddin R, Sumarwati M. Pengaruh Program Diabetes Self Management Education Berbasis Keluarga terhadap Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Puskesmas II Baturraden. J Keperawatan Soedirman. 2014;9(3):163–72.

Nuradhayani N, Arman A, Sudirman S. Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Terhadap Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Type II Di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. J Ilmu Kesehatan Diagnosis. 2017;11(4):393–9.

Published
2021-05-18
How to Cite
Sudirman, A. A., & Modjo, D. (2021). Efektifitas Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Puskesmas Limboto Barat. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(2), 151-156. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i2.1489