Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi
Abstract
Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Data pasien di Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi mengalami kenaikan yang signifikan pada tahun 2017 dibandingkan kunjungan pada tahun 2016. Jumlah kunjungan pasien pada tahun 2018 kembali mengalami penurunan pada tahun 2018. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan secara survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien yang datang berobat ke Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi pada tahun 2019 berjumlah rata-rata 3.751 orang per bulan dari total kunjungan pasien rawat jalan sebesar 45.014 pasien pada tahun 2018. Sampel menggunakan sistem accidental sampling sebanyak 97 pasien. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian diketahui p-value masing-masing variable yaitu variabel reliability sebesar 0,000, assurance 0,212, tangible 0,010, emphaty 0,001, responsivenes 0,041 dan nilai Exp (B) terbesar = 0,251 pada variabel responsiveness. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan reliability, tangible, empaty dan responsivenes dengan pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi dan variable yang tidak berhubungan adalah assurance. variabel yang paling signifikan berhubungan dengan mutu pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi adalah variabel responsiveness. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.References
Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Home Care Dengan Tingkat Puskesmas Batua Kota Makassar The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Batua Public Health Center Jobs Area , Makassar City. 2019;9(0451):122–8.
Indonesia DKR. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Diakses dari bpkp go id pada tanggal. 2013;12.
Musdalifah M, Irwandy I, Maidin A. Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien JKN dan Umum di RSUD Bantaeng Tahun 2015. J Kebijak Kesehat Indones JKKI. 2016;5(1):33–9.
Respati SA. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di puskesmas halmahera kotasemarang tahun 2014. Universitas negeri semarang; 2015.
Dalimunthe RF, BZ H, Yean PP. Analisis Persepsi Pasien PartikulirTtentang Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas Di Ruang Rawat Inap RS. Islam Malahayati Medan Tahun 2007. 2007;
Noviati RA, Sarwo YB, Dahlan S. Kajian Yuridis Terhadap Permenkes Nomor: 1171/Menkes/Per/Vi/2011 Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit Dan Asas Keterbukaan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembinaan Dan Pengawasan Terhadap Rumah Sakit. SOEPRA. 2018;1(1):65–75.
Pohan IS. Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta Egc. 2007;
Utara DKPS. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2010. Medan: Dinkes Sumatera Utara. 2015;
Nursalam N. Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta Salemba Med. 2007;
Mumu LJ. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. JIKMU. 2015;5(4).
Pena MM, Silva EMS da, Tronchin DMR, Melleiro MM. The use of the quality model of Parasuraman, Zeithaml and Berry in health services. Rev da Esc Enferm da USP. 2013;47(5):1227–32.
Khairani L, Manjas M, Fendy R. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Pasaman Barat. J Skripsi. 2011;
IDRIS EI. Hubungan dimensi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat inap rsud pariaman tahun 2012. Penelitian, Fak keperawatan. 2012;
Ilahi PP. Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi. 2016;
Sondari A. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Brebes Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang; 2015.
Yuniarti S. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Tahun 2015. J ProNers. 2015;3(1).
Nurani T. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rawat Inap Di RSUD Dr. Moewardi. 2012;
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.