Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Unit Rawat Inap RS X

  • Tri Mulyati Program Studi Magister Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
  • Justina Purwarini Staf Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
  • Susanto Priyo Hastono Staf Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
Keywords: Supervisi, Berpikir kritis, Asuhan keperawatan

Abstract

Supervisi merupakan salah satu fungsi pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan, di perlukan model supervisi yang tepat dalam mengelola SDM keperawatan agar mampu berpikir kritis dan berkualitas dalam pemberian asuhan keperawatan. Ketrampilan berpikir kritis sangat di perlukan perawat dalam memberikan Asuhan Keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi Proctor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di unit rawat inap RS X. Design penelitian Quasi Eksperiment pre – post test with control group, dengan jumlah sampel perawat rawat inap sebanyak 40 perawat pada kelompok kontrol dan 40 perawat pada kelompok intervensi .Di dapatkan hasil  terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan signifikansi 0.000<0.050. ada pengaruh supervisi Proktor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dengan p value 0.000<0.050 dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pendidikan dengan berpikir kritis dengan p value 0,573 > 0.05, masa kerja dengan p value 0,324 > 0.05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan supervisi proctor reflektif memiliki pengaruh terhadap nilai keterampilan berpikir kritis dengan signifikansi > 0.000.  uji statistik secara bersama – sama menunjukkan bahwa variabel umur, pendidikan dan masa kerja tidak memiliki pengaruh terhadap perbedaan keterampilan berpikir kritis dimana p – value > 0.05. Sehingga, supervisi Proctor Reflektif dapat direkomendasikan untuk di terapkan dalam  meningkatkan berpikir kritis

References

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 40 Tahun 2017 tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesi Perawat. Jakarta: Kemenkes RI; 2019.

Marquis, B. L. & Huston CJ. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan : Teori dan Aplikasi (Edisi 4). Jakarta: EGC; 2010.

Huber D. Leadership & Nursing Care Management, Fourth edition Elsevier, Missour. 2010.

Sitorus R& P. Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan di Ruang Rawat. Jakarta: Sagung Seto; 2011.

Ilyas Y. Kinerja, Teori, Penilaian. Jakarta: FKM Universitas Indonesia; 2012.

Lisa Lynch, Kerrie Hancox, Brenda Happell JP. Clinical Supervision for Nurses. United Kingdom: Wiley-Blackwell; 2008.

I Berggren ES. The influence of Clinical Supervision on Nurses’ Moral Decision Making. Nurs Ethics. 2012;7(2):124–33.

Love Mary, Side botham, Jennifer Fenwick, Susan Harvey, Greg Fairbrothere B. Unscrambling what’s in your headâ€: A mixed method evaluation of clinical supervision for midwives. Women and Birth. 2017;30(4).

Sumartini BT. Pengaruh penerapan panduan coaching kepala ruang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan perawat primer dalam proses keperawatan di ruang rawat inap PKSC. Universitas Indonesia;

Rusmegawati. Pengaruh supervisi reflektif interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap RS.Dr.H.M. Ansari Saleh Banjarmasin. Universitas Indonesia; 2011.

Workman I&. Medical surgical nurshing critical thingking for collaborative care. Elsevier sauders Ohia. 2006;2.

Suryaningsih D, Dwiantoro L. Model Supervisi Klinis Yang Dapat Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan. Semin Nas dan Call Pap. :203–11.

Turner, J. & Hill A. Implementing Clinical Supervision (part 2): Using Proctor’s Model to Structure The Implementation of Clinical Supervision in Award Setting. Ment Heal Nurs. 2011;31(4):14–9.

Rubenfeld, M.G., Scheffer B. Berpikir Kritis dalam Keperawatan, (A. Lusiyana, N. Herdina, D. Yulianti, Penerjemah). Jakarta: EGC; 2007.

White I., Gerald. E a. The Analysis and Use of Finance Management (3rd Edition). John Wiley & Sons, Inc; 2003.

Alligood M. Nursing Theorists and Their Work 8th Edition. Mosby; 2013.

Kozier et all. Buku ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses & Praktik. Jakarta: EGC; 2016.

BT S. Pengaruh penerapan panduan coaching kepala ruang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan perawat primer dalam proses keperawatan di ruang rawat inap PKSC. 2010.

Swansburg, R.C., & Swansburg R. Introductory management and leadership for nurses, 2nd ed Boston. 1999.

Published
2020-09-15
How to Cite
Mulyati, T., Purwarini, J., & Priyo Hastono, S. (2020). Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Unit Rawat Inap RS X. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(3), 244-252. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i3.1280