Pengaruh Supervisi Proctor Reflektif terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Unit Rawat Inap RS X
Abstract
Supervisi merupakan salah satu fungsi pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan, di perlukan model supervisi yang tepat dalam mengelola SDM keperawatan agar mampu berpikir kritis dan berkualitas dalam pemberian asuhan keperawatan. Ketrampilan berpikir kritis sangat di perlukan perawat dalam memberikan Asuhan Keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi Proctor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di unit rawat inap RS X. Design penelitian Quasi Eksperiment pre – post test with control group, dengan jumlah sampel perawat rawat inap sebanyak 40 perawat pada kelompok kontrol dan 40 perawat pada kelompok intervensi .Di dapatkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan signifikansi 0.000<0.050. ada pengaruh supervisi Proktor Reflektif terhadap ketrampilan berpikir kritis perawat dengan p value 0.000<0.050 dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pendidikan dengan berpikir kritis dengan p value 0,573 > 0.05, masa kerja dengan p value 0,324 > 0.05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan supervisi proctor reflektif memiliki pengaruh terhadap nilai keterampilan berpikir kritis dengan signifikansi > 0.000. uji statistik secara bersama – sama menunjukkan bahwa variabel umur, pendidikan dan masa kerja tidak memiliki pengaruh terhadap perbedaan keterampilan berpikir kritis dimana p – value > 0.05. Sehingga, supervisi Proctor Reflektif dapat direkomendasikan untuk di terapkan dalam meningkatkan berpikir kritisReferences
Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 40 Tahun 2017 tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesi Perawat. Jakarta: Kemenkes RI; 2019.
Marquis, B. L. & Huston CJ. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan : Teori dan Aplikasi (Edisi 4). Jakarta: EGC; 2010.
Huber D. Leadership & Nursing Care Management, Fourth edition Elsevier, Missour. 2010.
Sitorus R& P. Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan di Ruang Rawat. Jakarta: Sagung Seto; 2011.
Ilyas Y. Kinerja, Teori, Penilaian. Jakarta: FKM Universitas Indonesia; 2012.
Lisa Lynch, Kerrie Hancox, Brenda Happell JP. Clinical Supervision for Nurses. United Kingdom: Wiley-Blackwell; 2008.
I Berggren ES. The influence of Clinical Supervision on Nurses’ Moral Decision Making. Nurs Ethics. 2012;7(2):124–33.
Love Mary, Side botham, Jennifer Fenwick, Susan Harvey, Greg Fairbrothere B. Unscrambling what’s in your headâ€: A mixed method evaluation of clinical supervision for midwives. Women and Birth. 2017;30(4).
Sumartini BT. Pengaruh penerapan panduan coaching kepala ruang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan perawat primer dalam proses keperawatan di ruang rawat inap PKSC. Universitas Indonesia;
Rusmegawati. Pengaruh supervisi reflektif interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap RS.Dr.H.M. Ansari Saleh Banjarmasin. Universitas Indonesia; 2011.
Workman I&. Medical surgical nurshing critical thingking for collaborative care. Elsevier sauders Ohia. 2006;2.
Suryaningsih D, Dwiantoro L. Model Supervisi Klinis Yang Dapat Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan. Semin Nas dan Call Pap. :203–11.
Turner, J. & Hill A. Implementing Clinical Supervision (part 2): Using Proctor’s Model to Structure The Implementation of Clinical Supervision in Award Setting. Ment Heal Nurs. 2011;31(4):14–9.
Rubenfeld, M.G., Scheffer B. Berpikir Kritis dalam Keperawatan, (A. Lusiyana, N. Herdina, D. Yulianti, Penerjemah). Jakarta: EGC; 2007.
White I., Gerald. E a. The Analysis and Use of Finance Management (3rd Edition). John Wiley & Sons, Inc; 2003.
Alligood M. Nursing Theorists and Their Work 8th Edition. Mosby; 2013.
Kozier et all. Buku ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses & Praktik. Jakarta: EGC; 2016.
BT S. Pengaruh penerapan panduan coaching kepala ruang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan perawat primer dalam proses keperawatan di ruang rawat inap PKSC. 2010.
Swansburg, R.C., & Swansburg R. Introductory management and leadership for nurses, 2nd ed Boston. 1999.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.