Modifikasi Perilaku Pencegahan Obesitas Pada Anak Penyandang Tunarungu Di Kota Makassar
Abstract
Masalah gizi masyarakat secara global termasuk Indonesia tidak hanya berfokus pada kekurangan gizi kronik, namun juga kelebihan gizi (obesitas). Â Prinsip perilaku pencegahan obesitas yaitu dengan mengatur keseimbangan energy. Perilaku tersebut dapat dilakukan apabila anak pernah mendapatkan informasi mencegah obesitas. Edukasi kesehatan dalam memodifikasi perubahan perilaku telah banyak dilakukan pada masyarakat umum, namun masih sangat kurang dilakukan pada kelompok marjinal seperti penyandang tunarungu (keterbatasan pendengaran). Salah satu proses edukasi yang cocok diterapkan kepada anak tunarungu adalah melalui media video, karena dapat digunakan untuk merangsang motorik anak penyandang tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memodifikasi perilaku pencegahan obesitas pada anak penyandang tunarungu di SLB-B Kota Makassar. Penelitian ini merupakan Quasy experiment dengan rancangan Time series design. Pemilihan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan, yaitu pretest dan post test dengan kuesioner tentang niat, pengetahuan, sarana dan tindakan anak terhadap pencegahan obesitas. Teknik analisis data adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji t dan Mc Nemar untuk melihat kelompok sebelum dan setelah intervensi dilakukan. Kelompok intervensi menggunakan video animasi berbahasa yang isyarat menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap pengetahuan responden (p> 0,05), tetapi memiliki pengaruh pada niat dan tindakan (p <0,05). Pada kelompok kontrol menggunakan leaflet menunjukkan pengaruh terhadap pengetahuan dan tindakan (p <0,05), tetapi tidak memiliki pengaruh pada niat responden.
References
Kemenkes RI. Epidemi Obesitas. Jakarta; 2018
Delphie. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Bandung; Refika Aditama. 2006.
Suhartini B. Merangsang Motorik Kasar Anak Tuna Rungukelas Dasar Sekolah Luar Biasa Melalui Permainan. J Pendidikan Jasmani Indonesia. 2011;8(2):152-157
Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta, 2003.
Gita APS, Nur H, Rini WA. Efektivitas Media Pembelajaran Video Berbahasa Isyarat Terhadap Pengetahuan Anemia Siswa/I Tunarungu di SMALB Negeri. Yogyakarta; 2019.
Damafitra L. Efektivitas video dan bahasa isyarat sebagai media penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak penderita tunarungu. Skripsi. Universitas Jember; 2015.
Meidiana R, Simbolon D, Wahyudi A. Pengaruh Edukasi melalui media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja overweight. J Kesehatan; 2018;9(3):478-84.
Priyoto. Teori Sikap Dan Perilaku Dalam Kesehatan. Yogyakarta; Nuha Medika 2018.
Notoadmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta, 2014.
Laura AK. Sebuah pandangan Apresiatif. Jakarta; Salemba Humanika, 2010.
Jogiyanto. Sistem InformasiKeperilakuan. Yogyakarta: 2008.
Zahroh F, Habibi, Herowati. Pengembangan Media Video Sains Interaktif Untuk Siswa Slb Tunarungu. 2018;1(2): 54-68.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.