Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Sikap Siswa Dalam Membuang Sampah
Abstract
Penanaman kesadaran untuk menjaga lingkungan kebersihan dapat ditanamkan sejak dini. Penerapan atau penyampaian promosi kesehatan dapat menggunakan media permainan, karena siswa dapat lebih mudah memahami, tidak mengalami kebosanan dalam penyampaian materi. Media pendidikan kesehatan yang dapat diterapkan di lingkungan anak sekolah seperti permainan ular tangga.Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui adanya oengaruh permainan ular tangga terhadap sikapsisiwa dalam mebuang sampah.Metode penelitian adalah dengan quasy experiment untuk mengukur seberapa efektif perlakuan yang sudah diberikan, sedangkan model yang digunakan adalah one grup pretest posttest. Sampel untuk penelitian ini difokuskan di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Singaraja, dari populasi 150 orang anak SDN Singaraja diketahui yang menjadi responden sebanyak 132 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah purposive sampling. Uji statistik yang dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat perubahan sikap tentang Stop Trash pada kelompok siswa yang memperoleh pendidikan kesehatan dengan media permainan ular tangga dengan p value 0,000.Kesimpulan pada penelitian ini adalah media permainan ular tangga efektif dalam perubahan sikap siswa terhadap membuang sampah.
References
H. Akbar, “Determinan Epidemiologis Kejadian Diare Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat,†J. Ilm. Keperawatan, vol. 13, no. 2, pp. 91–101, 2018.
Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
L. A. Nunuk Suryani, Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.
S. Notoadmodjo, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Gunarsa S.D, Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia, 2005.
N. Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
R. Nugrahani, “Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar,†Lembaran Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 36, pp. 35–44, 2007.
Zulkifli L, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
H. Maulana, Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC, 2012.
Wulandari A, “Peningkatan Pengetahuan Gizi pada Anak Sekolah Dengan Metode Ceramah dan Role Play,†Universitas Diponegoro, 2007.
Setiyono B, “Efektivitas Media Komik dalam Promosi Pencegahan Dini Kelainan Refraksi pada Siswa Sekolah Dasar,†Universitas Gadjah Mada, 2010.
G. P. Y. Dhita Kris Prasetyanti, “Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Dasar,†J. Penelit. Keperawatan, vol. 5, no. 1, 2019.
A. Sadiman, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.