Efektivitas Media Kwartet Hiup Sehat Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa SD Negeri Margamulya Di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya
Abstract
Untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah diperlukan upaya sosialisasi  kegiatan  perilaku  hidup  bersih  dan  sehat  di sekolah  melalui rancangan media pendidikan yang menarik sehingga pesan yang disampaikan bisa mudah diterima oleh siswa.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas media kwartet hidup sehat terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar Margamulya di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan analitik dengan desain Eksperimen semu (Quasi Eksperimen) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini  One Group Pretest-Postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa sekolah dasar kelas 4 dan 5 sebanyak 113 orang. Sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk variabel pengetahuan adalah uji t dan untuk variabel sikap adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian: Rata rata niai pengetahuan siswa sebelum adalah 5.73 dengan standar deviasi 2.131. pengetahuan sesudah adalah rata rata 8.54 dengan standar deviasi 1.239. Hasil uji statistik dapatkan nilai 0.000 < 0,05. Sedangkan variabel sikap data positif rank adalah 113 artinya seluruh siswa mengalami peningkatan nilai sebelum dan sesudah permainan kwartet dengan rata rata peningkatan adalah 57,0 serta nilai asymp – sig adalah 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah permainan kwartet hidup sehat.
References
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Departemen Kesehatan RI. Sekolah Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta, 2012
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa barat. Buku Saku Pelaksanaan PHBS Bagi sekolah. Jawa Barat. 2012
Fitriani, Agustini. Pengaruh media ular tangga terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sebelum Dan Sesudah Di SD Negeri Margamulya Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016. Jurnal bidkesmas 2017 ; 7(1) : 1 - 16
Sapta Wulan. Belajar biologi menyenangkan melalui permainan kwartet dan pemantapan konsep secara mandiri melalui blog. Jurnal pendidikan penabur. 11. 18 halaman 28-35
Karin Pengaruh kwartet terhadap peningkatan pengetahuan menjaga kesehatan mulut dan gigi anak usia sekolah. journal of health education tahun 2018 ; 3 (1) halaman 37 – 45
Fitriani S. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011 Hastuti, E. Efektifitas Pembelajaran Biologi Melalui Permainan Kartu Kuartet dengan Pembanding Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Gerak. Skripsi, Jember. FKIP Universitas Jember. 2005
Ajzen. The theory of planned behaviour organizational behaviour and human decision processes University of Massachusetts of amberst.1991
Azwar sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka pelajar.2011
Indraswati.Pengaruh media poster dan kartu gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang gizi di SD Ploso Surabaya the indonesian journal of public health. II (2). Halaman 212 – 220
Syam Aminudin. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kuartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Makassar. JURNAL TEPAT:Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat. 1(2) Tahun 2018. Hal 127 - 136
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.