Pendidik Sebaya Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Tosari, Pasuruan: Pemberdayaan Pemuda Untuk Keberlanjutan

  • Bani Yudanagara Program Studi Magister Sains Psikologi Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: Pembelajaran Kreatif, Pendidik Sebaya, Kesehatan Reproduksi, Pemberdayaan Pemuda, Intervensi Komunitas

Abstract

Remaja di Indonesia rentan terhadap perilaku seksual beresiko dan pengetahuan kesehatan reproduksi yang kurang. Dari pilot research yang dilaksanakan di kecamatan Tosari, Pasuruan, kehamilan yang tidak diinginkan sering terjadi di kalangan remaja suku Tengger. Kehamilan di usia remaja dapat menyebabkan berat bayi lahir rendah dan ke-matian ibu dan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan metode kreatif dalam memberikan penge-tahuan mengenai kesehatan reproduksi pada anggota Laskar Pencerah Tosari yang merupakan pendidik sebaya di kecamatan Tosari, (2) mengeksplorasi mengenai keberlanjutan dari program ini. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui evaluasi diri setelah program berakhir dan wawancara mendalam mengenai hasil dan capaian setelah program ini berlangsung secara independen selama dua tahun. Subjek dari wawancara adalah anggota, kepala puskesmas, dan guru. Hasil: pembelajaran kreatif yang dil-aksanakan selama 6 bulan selama tiga periode dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota mengenai kesehatan reproduksi. Program ini dapat memfasilitasi pemberdayaan remaja, anggota siap menjadi pendidik sebaya setelah pelatihan, melatih kembali junior mereka untuk regenerasi, dan mampu menjalankan program ini secara man-diri melalui kolaborasi yang kuat dengan pemangku kepentingan lain, terutama puskesmas Tosari.

References

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penun-tun Hidup Sehat edisi Keempat. Jakarta; 2010.

UNFPA Indonesia. Annual Report 2013 : Because Everyone Counts [Internet]. Jakarta; 2013. Availa-ble from: http://indonesia.unfpa.org/application/assets/publications/Executive_Summary_WPD_2013_(English).pdf

Paksi D, Kartikawati R. Antara Kebutuhan dan Ta-bu : Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Repro-duksi bagi Remaja SMA. Makara Seri Kesehat. 2013;17:79–87.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Mileni-um di Indonesia. Jakarta; 2013.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar [Internet]. 2013. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil Riskesdas 2013.pdf

BPS Indonesia. Kemajuan Yang Tertunda: Analisis Data Perkawinan Usia Anak di indonesia [Internet]. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2016. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/id/Laporan_Perkawinan_Usia_Anak.pdf

Utomo ID, Utomo A. Adolescent Pregnancy in In-donesia : A Literature Review. 2013.

Aminullah S, Murti R, Setiawan F. Kajian Per-nikahan Dini pada Beberapa Propinsi di Indonesia: Dampak Overpopulation, Akar Masalah dan Peran Kelembagaan di Daerah. Jakarta: BKKBN Indone-sia; 2012.

Kusumaningsih TP. Hubungan praktek intercourse dengan kecemasan terjadinya kehamilan di luar ni-kah pada remaja di SMA X tahun 2010. J Komun Kesehat. 2010;2:1–7.

Nainggolan M, Baridwa S, Fauzanin I, Linadi K, Yudanagara B. Laporan Pemetaan Kesehatan Keluarga Kecamatan Tosari Tahun 2014. Jakarta; 2014.

UNFPA, UNESCO, WHO. International technical guidance on sexuality education [Internet]. Geneva; 2018. Available from: https://www.unfpa.org/publications/international-technical-guidance-sexuality-education

Kloos B, Hill J, Thomas E, Wandersman A, Elias M, Dalton J. Community Psychology: Linking Indi-viduals and Community. 3rd ed. Belmont: Wadsworth Cencage Learning; 2012.

Kennedy H, DeChants J, Bender K, Anyon Y. More than Data Collectors: A Systematic Review of the Environmental Outcomes of Youth Inquiry Ap-proaches in the United States. Am J Community Psychol. 2019;63:208–226.

Orford J. Community Psychology: Challenges, Con-troversies and Emerging Consensus. West Sussex: Wiley; 2008.

Willig C. Introducing Qualitative Research in Psy-chology. 2nd ed. New York: Mc Graw Hill; 2008.

Nicholas C, Eastman-Mueller H, Barbich N. Em-powering Change Agents: Youth Organizing Groups as Sites for Sociopolitical Development. Am J Com-munity Psychol. 2019;63:46–60.

Youth Peer Education Network. Training of Train-ers Manual: Youth Peer Education Toolkit [Internet]. New York; 2005. Available from: https://www.fhi360.org/sites/default/files/media/documents/Youth Peer Education Toolkit - The Training of Trainers Manual.pdf

Seymour K. Building on Strengths: A New Frame-work for Positive Youth Development Practice. Queensl Rev. 2017;24(1):5–22.

Published
2020-05-15
How to Cite
Yudanagara, B. (2020). Pendidik Sebaya Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Tosari, Pasuruan: Pemberdayaan Pemuda Untuk Keberlanjutan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 148-154. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1085