Faktor Yang Mempengaruhi Wanita PUS Terhadap Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Puskesmas Mayor Umar Damanik Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai

  • Rismawati Rismawati Mahasiswa Program S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan , Medan
  • Asriwati Asriwati, Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Jitasari Tarigan Sibero Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Anto J. Hadi Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Aufa Royhan, Kota Padangsidimpuan
Keywords: Pemilihan MKJP, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Kebijakan Keluarga Berencana bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui usaha penurunan tingkat kelahiran. Banyak wanita yang mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan jenis kontrasepsi. Hal ini tid-ak hanya karena terbatasnya metode yang tersedia, tetapi juga oleh ketidaktahuan tentang persyaratan dan keamanan metode kontrasepsi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang memengaruhi Wanita PUS terhadap pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi adalah seluruh ibu wanita PUS sebanyak 1.984 orang dan sampel yang diambil secara accidental sampling sebanyak 95 orang. Metode pengumpulan data secara primer dan sekunder. Analisa data secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (p=0,033) dan sikap (p 0,008) berpengaruh terhadap pemilihan MKJP serta sikap merupakan variabel yang paling berpengaruh. Kesimpulan adalah ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap pemilihan MKJP. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan se-bagai bahan informasi kepada petugas pelayanan KB agar dapat mengetahui tentang cara meningkatkan pengetahuan dan sikap wanita PUS dan menyediakan alat kontrasepsi secara lengkap.

References

Indonesia DKR. Proporsi Peserta KB Aktif Menurut Jenis Kontrasepsi. Yogyakarta; 2010.

WHO. World Health Statistics 2013. 2013. 55–60 p.

Depkes RI. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Ke-menterian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan. Jakarta: Data dan Informasi Kementrian Keseahtan RI; 2017.

BKKBN. Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: BKKBN; 2014.

BKKBN. Tingkat “Drop Out†KB di Indonesia. Ja-karta; 2018.

BKKBN. Pemantauan Pasangan Usia Subur Melalui Mini Survei Indonesia. Jakarta: BKKBN; 2013.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara; 2017.

Kemenkes RI. Buletin Kespro. Bul Jendela Data dan Inf Kesehat. 2013;2:11–6.

Muhamad Z, Hadi AJ, Yani A. PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DENGAN PENCEGAHAN KEPUTIHAN DI MTS NEGERI TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO.

Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):9–19.

Saifuddin AB. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2012.

Nanik. Dokumentasi Kebidanan. Yogyakarta: Fitra-maya; 2010.

Gerungan WA. Psikososial. Bandung: PT. Refika Aditama; 2009.

Sari EI. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Rendahnya Minat Ibu terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di BPS Sri Romdhati Semin Gunung Kidul. Naskah Publ Univ ’AisyiyahYogyakarta. 2016;1–12.

Setiasih S, Widjanarko B, Istiarti T. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Kon-trasepsi Jangka Panjang (MKIP) pada Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Kabupaten Kendal. J Promosi Kesehat Indones. 2013;11(2):32.

Mahmudah LTN. Analisis Faktor yang Berhub-ungan dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Akseptor KB Wanita di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Un-nes J Public Heal. 2015;4(3):76–85.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu per-ilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007;20.

Trisnawati L, Widodo A, Mkjp KB, Mkjp KB, De-vice IU, Mkjp KB, et al. Hubungan antara Penge-tahuan tentang KB MKJP dan Sikap Ibu Peserta Jampersal Pasca Persalinan dengan Penggunaan KB MKJP di Puskesmas Kartasura. 2011;(3):1–15.

Widyarni A, Dhewi S. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu terhadap Penggunaan KB Puskesmas Par-amasan Kabupaten Banjar Martapura. 2018;2(1):1–7.

Published
2020-05-15
How to Cite
Rismawati, R., Asriwati, A., Tarigan Sibero, J., & J. Hadi, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Wanita PUS Terhadap Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Puskesmas Mayor Umar Damanik Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 100-105. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1078