Stigma Masyarakat Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) Di Kabupaten Aceh Utara

Fitra Yani(1*), Fatma Sylvana(2), Anto J. Hadi(3)


(1) Mahasiswa Magister Kesehatan Masayarakat
(2) Dosen S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
(3) Dosen S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/mppki.v3i1.1028

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stigma masyarakat terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain naratif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indept interview) dengan informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan seluruhnya 10 orang yang terdiri dari 8 orang informan utama yaitu masyarakat dengan jumlah 6 orang dan ODHA 2 orang, dan 2 orang informan trianggulasi yaitu pengelola program HIV/AIDS di Puskesmas. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat stigma masyarakat terhadap ODHA dimana seluruh informan memberikan stigma terhadap ODHA. Stigma masyarakat terhadap ODHA dalam penelitian ini berupa stigma instrumental ODHA, stigma simbolis ODHA dan stigma  kesopanan ODHA. Stigma masyarakat berupa sikap negatif dan persepsi negatif terhadap ODHA. Stigma muncul karena kurangnya pengetahuan masyarakat sehingga muncul sikap negatif dan mengakibatkan persepsi negatif terhadap ODHA. Diharapkan pemerintah dan petugas kesehatan agar  dapat meningkatkan perhatian dan kualitas pelayanan terhadap ODHA, memberikan dukungan terhadap ODHA dan menjaga HAK dan privasi ODHA termasuk tidak memberikan stigma terhadap ODHA dan perlunya pemberian informasi HIV/AIDS secara lengkap untuk memberikan pemahaman yang dapat mengubah persepsi individu dan masyarakat terhadap ODHA. Diperlukan upaya penurunan stigma terhadap ODHA melalui penyuluhan dan sosialisasi oleh tenaga kesehatan agar tidak terjadi kekhawatiran dan ketakutan masyarakat terhadap ODHA.


Keywords


HIV/AIDS; Stigma Masyarakat; Orang Dengan HIV/AIDS

Full Text:

PDF

References


WHO | Data and statistics. 2019.

Unaids. Global HIV & AIDS statistics- 2018 fact sheet. 2018; Available from: http://www.unaids.org/en/resources/fact-sheet.

Kementerian Kesehatan RI. Hari AIDS Sedunia, Momen STOP Penularan HIV: Saya Berani, Saya Sehat! 2018.

Laporan_HIV_AIDS_TW_4_Tahun_2017 aceh.pdf.

Noviana N. Konsep HIV/AIDS, Seksualitas Dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Trans Info Media; 2016.

Harun RH. Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang HIV AIDS Dengan Stigma Pada ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) Di Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. Univ ’Aisyiyah Yogyakarta. 2017.

Paryati T. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stigma Dan Deskriminasi Kepada ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) Oleh Petugas Kesehatan : Kajian Literatur. Univ Padjajaran Bandung. 2012.

Waluyo, Agung, Nurrachmah, Erny, Rusakawati. Persepsi Pasien HIV/AIDS Dan Keluarganya Tentang HIV/AIDS Dan Stigma Masyarakat Terhadapnya. 2007.

Munthe DS. Perilaku Orang Dengan Hiv Aids (Odha), Stigma Dan Diskriminasi Di Rumah Singgah Moderamen Gbkp Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Tahun 2014.

Nur, Hasanah Hasna S, Ika H. Konsep diri orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang menerima label negatif dan diskriminasi dari lingkungan sosial. Psikologia-online J Pemikir dan Penelit Psikol [Internet]. 2012;7(1):29–40. Available from: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/psikologia/article/view/400/377

Harefa K. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Orang HIV/AIDS (ODHA) Di Lembaga Medan Plus Medan. Tuberkulosis Indones. 2012.

Putri, Tobing. Gambaran Penerimaan Diri Pada Perempuan Bali Pengidap HIV-AIDS. J Psikol Udayana. 2016.

Notoadmojo S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Maharani F. Faktor -Faktor Yang Berhubungan Dengan Stigma Terhadap Orang Dengan Hiv Dan Aids (Odha). J Endur. 2017;2(2):158.

Ahwan Z. Stigma Dan Diskriminasi HIV Dan AIDS Pada Orang Dengan HIV Dan AIDS (ODHA) Di Masyarakat Basis Anggota Nahdhatul Ulama’ (NU) Bangil [Studi Kajian Peran Strategis Faith Based Organization (FBO) dalam isu HIV]. J Kebangs. 2012.

Shaluhiyah Z SA. Stigma Masyarakat Terhadap ODHA Di Kota Kupang Provinsi NTT. Promosi Promosi Kesehat Indones. 2017;12.

Li X, Wang H, He G, Fenrie K, Williams AB. Shadow on My Heart: A Culturally Grounded Concept of HIV Stigma Among Chinese Injection Drug Users. 2012.


Article Statistic

Abstract view : 244 times
PDF views : 340 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Fitra Yani, Fatma Sylvana, Anto J. Hadi


Lisensi Creative Commons

is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Editorial Address : Jalan Bukit Jabal Nur No. 3 Palu, Sulawesi Tengah 94118

ISSN (Online) 2597-6052


Flag Counter