Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Tolitoli

  • Fiansi Fiansi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin Sarifuddin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi dan lingkungan kerja kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Tolitoli. Manfaat dari penelitianini yaitu memberikan informasi mengenai pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Tolitoli. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1). Motivasi dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, (2). Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas  Koperasi dan UMKM Tolitoli, (3). lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasidan UMKM Tolitoli.

References

Armin Pratama, 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Bappeda Kota Kendari. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo Kendari (Dipublikasikan)

Arta Adi Kusuma, 2013. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Muria Semarang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (Dipublikasikan)

Bangun, Wilson, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.: Erlangga.Jakarta.

Fahmi, Irham, 2013. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Penerbit. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam, 2011. Apikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

H.B. Siswanto, 2012. Pengantar Manajemen, Cetakan Kedelapan. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Hasibuan, M.S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Heny Sidanti, 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negri Sipil Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal JIBEKA Volume 9 Nomer 1 Febuari 2015: 44-53.

Istijanto, 2014. Riset Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-dimensi Kerja Pegawai. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Luthans, Fred, 2002. Organizational Behavior, Seventh Edition, McGraw-Hill, Inc., Boston.

Mangkunegara Prabu Anwar, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, 2013.Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Edisi 2. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Mathis, Robert L; Jackson, John Harold, 2002. Human Resources Management. Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat

Nawawi, Hadari, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nitisemito, A.S., 2008. Manajemen Personalia, CV. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nurul Mutiara Risqi Amalia, 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kabupaten Sleman. skripsi Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan

Prof. Dr. Wibowo. S.E., M. Phil, 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

Resa Almustofa, 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Perum Bulog Divisi Regional Jakarta. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Rivai, Veithzal, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Dari Teori ke Praktek. Murai Kencana, Jakarta.

Riduwan dan Sunarto, 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan I. alfabeta, Bandung.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2008. Perilaku Organisasi (Edisi 12). Diterjemahkan oleh : Angelica, Diana, Cahyani, Ria, dan Rosyid, Abdul. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen, P. 2003. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Prenhallindo. Jakarta.

Rusmawita, 2016. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Kabupaten Mamuju Utara. e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 5, Mei 2016 hlm 121-127. ISSN: 2302-2019. Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Tadulako.

Soedarmayanti, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT. Refika Aditama, Bandung.

T.Hani Handoko, 2014. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Published
2019-10-16
How to Cite
Fiansi, F., & Sarifuddin, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 141-145. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i2.865
Section
Articles