Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Cv. Anugerah Perdana Palu

  • Nasrulhak Akkas Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marwana Marwana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Dari hasil perhitungan, dengan menggunakan analisis model regresi linear berganda, diperoleh F-hitung sebesar 40,120 dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan), serta nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Promosi dan Strategi Distribusi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor merek Honda Beat pada CV. Anugerah Perdana Palu. Dari hasil pehitungan uji t-hitung = 4,201 pada taraf kesalahan 5% atau nilai profitabiltas 0,05 > 0,000, hal ini menunjukkan bahwa Strategi Produk secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dari hasil pehitungan uji t-hitung = 2,349 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,021 ini menunjukkan bahwa variabel Strategi harga secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dari hasil pehitungan uji t-hitung = 2,869 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,005 ini menunjukkan bahwa variabel Strategi promosi secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian. Dari hasil pehitungan uji t-hitung = 2,151 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,034 ini menunjukkan bahwa variabel Strategi Distribusi secara parsial mempunyai pengaruh yang paling rendah dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh dominan (lebih tinggi) adalah variabel Strategi Produk yaitu sebesar 0,857, dengan perolehan nilai hasil uji-t = 4,201, secara parsial mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap variabel Keputusan pembelian  sepeda motor merek Honda Beat pada CV. Anugerah Perdana Palu.

References

Alma Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, edisi revisi cetakan keenam, Alfabeta, Bandung.

Amirulloh, 2002. Perilaku Konsumen. Cetakan I, Graha Ilmu, Jogjakarta.

Angipora, Marius P. (1999). Dasar-Dasar Manajemen. Rajawali Pers Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Reneka Cipta Jakarta.

Basu Swastha Dharmestha dan D. H. Irawan, 2006. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, BPLM-YKPN, Yogyakarta.

Basu Swastha Dharmestha dan Hani, T. Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, BPFE, Yogyakarta.

Chairul Marom, (2002), Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang, Edisi ke-dua, Penerbit Grasindo, Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Gregorius Chandra, 2002, Strategi dan Program Pemasaran, edisi pertama, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Imam Ghozali,. 2005. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo, 2002, Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen, BPFE Yoyakarta.

Istijanto,2008. Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Jeff Madura,. 2001. Pengantar Bisnis. Jilid Dua. Salemba Empat Jakarta:.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kasmir dan Jakfar, 2003, Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Prenada Media, Jakarta.

Kasmir, 2004. Etika Customer Service. PT. Raja Grafindo Jakarta.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen pemasaran Jilid 1, Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli, Edisi Millenium, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2005. Manajemen Pemasaran, Diterjemahkan oleh: Drs. Benjamin Molan. Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks Jakarta.

_ _ _ _ _ _ _ _, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid dua, Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 2. Penerbit PT Indeks Jakarta.

_ _ _ _ _ _ _. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Erlangga Jakarta.

Lamb, Hair., dan Mc Daniel. 2001. Pemasaran. Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Lupiyoadi Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Jasa Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Moleong, J Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit. Andi. Yogyakarta.

Nugroho J Setiadi, 2003, Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Bisnis Pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

Oesman, Yevis Marty. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Customer Value, dan Customer dependency (Kasus Pada Pemasaran Shopping Centre). Alfabeta Bandung.

Purwanto, Iwan 2008, Manajemen Strategi, Yrama Widya Bandung.

Radiosunu, (2001), Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Rajput, A.A.; Kalhoro, S.H.; dan Wasif, R. 2012. Impact of Product Price and Quality on Consumer Buying Behavior: Evidence from Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business. ij crb.webs.com. Vol 4, No 4. August, h.585-496.

Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Leslie Lazar. 2009. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. PT. Indeks Group Gramedia Jakarta.

Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah Diskusi Ilmiah.: Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Bandung.

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press. Malang.

Subagyo Irianto. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee†untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. FIK UNY Yogyakarta.

Soekidjo Notoatmodjo,. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sunarto. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerbit AMUS Yogyakarta.

Supranto A.M 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Tejdhakusuma, R.; Hartini S. dan Muryani. 2001. Anaalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial Vol. 2 No. 3 Desember 2001: 48 -58

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Balai Pustaka Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Penerbit. Andy. Yogyakarta.

_ _ _ _ _ _ , 2005. Pemasaran Jasa.: Bayumedia Malang.

_ _ _ _ _ _ , 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Usmara, 2003, Strategi Baru Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Amara Books, Yogyakarta.

Winarsunu, T, 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan., Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Press) Malang.

Published
2019-10-16
How to Cite
Akkas, N., & Marwana, M. (2019). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Cv. Anugerah Perdana Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 105-110. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i2.855
Section
Articles