Analisis Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Daerah Keuangan pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah

Analysis of the Effectiveness of Regional Financial Management Information Systems in the Development of Development and Spatial Planning Central Sulawesi Province

  • Dicky Yusuf Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Dasa Febriyanti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Puput Irawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Efektivitas, Sistem Informasi, Manajemen Daerah

Abstract

Untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas sistem informasi manajemen daerah keuangan pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Daerah Propinsi Sulawesi Tengah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah menerapkan aplikasi simda dalam mengelola keuangannya. Kebijakan penerapan simda pada Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah dilakukan untuk mengelola proses yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan daerah, dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan. Program sistem informasi daerah keuangan yang diterapkan dalam Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah merupakan program yang kompleks dalam pengelolaan keuangan, sejauh ini sudah cukup efektif untuk mengelola keuangan daerah.

References

Abdul Halim. 2007. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah,. Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta.
Ade Lestari, Baiq Anggun Hilendri Lestari dan Lalu Takdir Jumaidi. 2022. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Dalam Pengelolaan Retribusi Daerah Pada Badan Keuangan Daerah Kota Mataram. Jurnal Risma. Vol. 2. No. 1. Hal. 1-8.
Ahmad, Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan. Daerah. Grafindo. Jakarta.
Beni. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Taushia. Jakarta Pusat.
Fitria. 2014. Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara. JMP. Vol. 1Nomor 1. Hal. 82-94.
Hariadi. P., Restianto, dan Bawono. 2015. Pengelola Keuangan Daerah. Salemba Empat, Jakarta.
Hall, A James. 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Diterjemahan oleh: Dewi Fitriasari . Salemba Empat: Jakarta.
Ihyaul Ulum, MD. 2004. Akuntansi Sektor Publik: Sebuah Pengantar. Universitas Muhammadyah Malang. Malang.
Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit. ANDI, Yogyakarta.
Nafischa Erning Nabilah. 2021. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Daerah Untuk Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Nugroho, Riant. 200. Analisis Kebijakan. PT.Gramedia Jakarta
Ni Nengah Wartini dan I.G.W. Murjana Yasa. 2016. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Pemerintah Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.5. ISSN. 2337-3067. Hal. 1411-1438
Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelola Keuangan.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
Pusdiklatwas BPKP. 2007. Modul Akuntabilitas Instansi Pemerintah. Edisi. Kelima.
Putu Ayu Puji Laksmi Dewi, Aminah, dan Yusli MAriadi. 2021. Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) untuk Pengelolaan Keuangan. Valid Jurnal Ilmiah. Vol. 19. No.1. Hal. 72-86.
Raymond McLeod. Jr, dan George P. Schell, 2012. Sistem Informasi Manajemen, 10th ed, Salemba Empat. Jakarta.
Restu Inayah, Arista Hakiki dan Relasari. 2016. Analisis Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Lahat. Akuntabilitas : Jurnal Penelitian dan Pengembangan AKuntansi. Vol. 10. No. 2. Hal. 167-175.
Ridha Eka Putri dan Syahmardi Yacob. 2021. Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan. Vol. 10. No. 02. Hal. 329-340.
Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan. Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Susanto, A,. 2004. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Penerbit Lingga Jaya. Bandung.
Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
Undang - Undang Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pelaporan Keuangan Dan Kinerja Instansi Pemerintah
Published
2023-11-20
How to Cite
Dicky Yusuf, Dasa Febriyanti, & Puput Irawan. (2023). Analisis Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Daerah Keuangan pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah: Analysis of the Effectiveness of Regional Financial Management Information Systems in the Development of Development and Spatial Planning Central Sulawesi Province. Jurnal Sinar Manajemen, 10(3), 246-251. https://doi.org/10.56338/jsm.v10i3.4402
Section
Articles