Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Kartu Halo Di Kota Poso

Influence of Service Quality on Using Customer Satisfaction Halo Card in Poso City

  • Nurapiah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Alkhairaat Palu, Palu, Indonesia
  • Rukhayati Program Studi Manajemen, Fakultas EkonomiDan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu,Indonesia
  • Akhmad Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Alkhairaat Palu, Palu, Indonesia
Keywords: Kualitas, Layanan, Kepuasan, Pelanggan, Poso

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan (bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan kepastian) terhadap kepuasan pelanggan menggunakan kartu halo di kota Poso, penentuan besarnya sampel dilakukan dengan menggunakan formulasi rumus Slovin yang dikemukakan oleh Taro Yamane, diperoleh sebanyak 84 responden, dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda, diperoleh hasil bahwa bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan kepastian secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan kartu halo di Kota Poso

References

A.Sukrillah, IA Ratnamulyani, AA Kusumadinata, Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group FEI Sebagai Sarana Komunikasi,Jurnal Komunikatio Volume 3 Nomor 2, Oktober 2017, P. 95-104

Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3). https://doi.org/10.36782/jemi.v2i3.1915

Farianingrum, A., & Bekti Istiyanto, S. (2021). Krisis Sebagai Akselerator Layanan Komunikasi Instansi Publik Di Masa Pandemi.Jurnal Lontar Volume 9 Nomor 1, Juni 2021, P.1 -8

Hikmawati, K. A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Mahasiswa Peserta Telkomsel Apprentice Program Pembeli Kartu SimPATI di GraPARI Telkomsel Malang). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 37, Nomor 2). www.bareksa.com

Muhammad, N., & Aminudin, A. (t.t.). Universitas Budi Luhur Peran Media Sosial Instragram Sebagai Sarana Komunikasi Politik (Studi Deskriptif Anggota DPR RI Pada Akun @Sartonohutomo).

Labandingi Latoki, Muhammad Yasin, Nurapiah, 2019 Pengaruh Kepuasan konsumen Terhadap Loyalitas Merk Kartu Prabayar IM3 pada Pegawai kantor Gubernur SulawesiTengah, Jurnal Ekonomi Trend Vol. 7 No.2

http://jurnaltrend.com/index.php/trend/article/view/169/211

Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Selvy Normasari, Srikandi Kumadji Andriani Kusumawat, Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan, Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi MalangJurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2 Desember 2013 |

Siahaan, R. A., Areros, W. A., Sambul, S. P., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2020). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Halo di PT. Telkomsel Grapari Cabang Manado. 1(4).

Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (t.t.). Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan analisis regresi Komponen UtamaPada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut.

Published
2023-11-20
How to Cite
Nurapiah, Rukhayati, & Akhmad. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Kartu Halo Di Kota Poso: Influence of Service Quality on Using Customer Satisfaction Halo Card in Poso City. Jurnal Sinar Manajemen, 10(3), 234-245. https://doi.org/10.56338/jsm.v10i3.4197
Section
Articles