Pengaruh Brand Awareness dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Warmindo (Studi kasus jalan Mastrip, Jember)

The Influence of Brand Awareness and Media Communication on Purchase Decisions at Warmindo (case study at Mastrip street, Jember)

  • Dicaprio El Moslem Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Jember
  • Wahyu Eko Setianingsih Dosen Pembimbing Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Dosen Pembimbing Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Jember
Keywords: Brand Awareness, Media Komunikasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan teknologi di era saat ini membuat penggunanya lebih kreatif dan inovatif, hal itu juga dapat dijadikan kesempatan oleh perusahaan untuk mempertahankan bisnis dan meningkatkan penjualan, upaya tersebut dilakukan bukan hanya dengan memberikan produk dan servis terbaik tetapi menjalin hubungan dengan konsumen juga harus dilakukan yaitu melalui komunikasi dua-arah selain itu dilakukan juga dengan melakukan pemasaran dengan baik. Salah satunya pada penelitian ini yang dilatar belakangi adanya penurunan pada Warmindo pada tahun 2019 – 2022 dikarenakan adanya wabah pandemi, maka dari itu perlu adanya peningkatan pada strategi pemasaran guna untuk meningkatkan kesadaran merek dan mangsa pasar pada produk Warmindo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari Brand Awareness dan Media Komunikasi terhadap keputusan pembelian pada produk Warmindo (studi kasus jalan Mastrip, Jember). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif, dengan populasi penelian yaitu konsumen yang perna bertransaksi atau membeli produk pada Warmindo dengan jumlah sample yang diambil sebanyak 60 orang. Peneliti juga menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Brand Awareness dan Media Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warmindo

References

Abdullah, M. M., D. R. Oktini, dan D. A. Harahap. 2022. Pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee di kota bandung. Bandung Conference Series: Business and Management. 2(1):736–743.

Alfansyur, A. dan Mariyani. 2020. Seni mengelola data : penerapan triangulasi teknik , sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. 5(2):146–150.

Cahyani, K. I. dan R. E. Sutrasmawati. 2016. Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Management Analysis. 5(4):281–288.

Christian, J. dan Mariah. 2020. Pengaruh price perception , social media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk kertas titik koma. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi. 7(2):59–66.

Ghealita, V. 2017. Pengaruh brand awareness terhadap keputusan amdk merek aqua (studi pada masyarakat di kota bandung). Jurnal Studi Manajemen. (1):3264–3268.

Suciningtyas, W. 2012. Pengaruh brand awareness, brand image, dan media communication terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal. 1(1)

Upadana, M. wahyu K. dan K. A. S. Pramudana. 2020. Brand awareness memediasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 9(5):1921.

Wibowo, N. E. 2017. Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada yellow truck cabang sunda bandung tahun 2017). Proceeding of Applied Science. 3(2):230–249.

Wijayanti, T., L. Bathara, dan ... 2022. Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pecel lele di sepanjang jalan riau kota pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi. 3(2):34–44.

Zuhirsyan, M., M. Marpaung, P. Negeri, M. Medan, L. Belakang, dan S. Banjarmasin. 2020. Pengaruh brand awareness , brand image , media communication terhadap minat memilih produk bni. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal). 1(1):15–24.

Published
2023-11-20
How to Cite
Dicaprio El Moslem, Wahyu Eko Setianingsih, & Tatit Diansari Reskiputri. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Warmindo (Studi kasus jalan Mastrip, Jember): The Influence of Brand Awareness and Media Communication on Purchase Decisions at Warmindo (case study at Mastrip street, Jember). Jurnal Sinar Manajemen, 10(3), 206-210. https://doi.org/10.56338/jsm.v10i3.3823
Section
Articles