Faktor Keputusan Pembelian Motor Bekas 2-Tak Yamaha RX-King di Kota Makassar

Decision Factors for Purchase of Used Motorcycles 2-Tak Yamaha RX-King in Makassar City

  • Mujahid Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Nasyirah Nurdin Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Syamsul Riyadi Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Angga Kusuma Program Studi Manajemen Universitas Fajar
Keywords: Keputusan Pembelian, Motor Bekas 2-Tak Yamaha Rx-King, Faktor Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang secara tidak langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan dalam pembelian sepeda motor bekas 2-tak Yamaha RX-King di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang dimana informan sebanyak 7 orang yang berada di kota Makassar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan Teknik penelitian Pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan cara wawancara serta observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor keputusan pembelian sepeda motor bekas 2-tak Yamaha RX-King di kota Makassar dikarenakan faktor peran keluarga serta teman terdekat dan juga hobi atau gaya hidup yang mejadi faktor yang paling berperan dalam keputusan pembelian motor bekas 2-tak Yamaha RX-King ddi kota makassar.

References

Assauri, Sofjan 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hasan & Ali, 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane 2008.Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid Pertama. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajamen Pemasaran. Alih Bahasa Benyamin Molan, Edisi Kedua belas jilid 1 Edisi Bahasa indonesia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Moleong, Lexy J, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Nugroho, Setiadi, 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Kencana. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekijo 2010, Metodologi penelitian kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.
Peter, J.P., dan Olson, J.C. 2009. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Jakarta: Erlangga
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour.7th Edition (Perilaku Konsumen). PT. Indeks. Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sunyoto, Danang, 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS Yogyakarta.
Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Kesembilan. Bandung: Alfabeta
Wijayanti,T., 2012. Marketing Plan. Jakarta: PT Elex Media Komputind
Published
2023-03-21
How to Cite
Mujahid, Nasyirah Nurdin, Syamsul Riyadi, & Angga Kusuma. (2023). Faktor Keputusan Pembelian Motor Bekas 2-Tak Yamaha RX-King di Kota Makassar: Decision Factors for Purchase of Used Motorcycles 2-Tak Yamaha RX-King in Makassar City. Jurnal Sinar Manajemen, 10(1), 64-70. https://doi.org/10.56338/jsm.v10i1.3414
Section
Articles