Peran Perempuan Sebagai Pelopor Bangkitnya Perekonomian Keluarga Pasca Bencana di Kabupaten Sigi

The Role of Women as Pioneers in the Rise of the Post-Disaster Family Economy in Sigi District

  • Mutiara Mashita Diapati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu
  • Diarespati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu
  • Suraeda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu
Keywords: Peran Perempuan, Perekonomian, Rumah Tangga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk peran perempuan sebagai pelopor bangkitnya perekonomian keluarga pasca bencana di Kabupaten Sigi dan untuk mengetahui apakah penghasilan dari usaha para perempuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga pasca bencana di Kabupaten Sigi.  Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif .Kegiatan analisis data kualitatif terdiri dari 3 kegiatan yang membentuk siklus dan dilaksanakan secara bersamaan.Tiga alur tersebut terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian berada di tiga tempat yaitu Desa Lolu, Desa Balumpeea dan Kecamatan Lindu di Kabupaten Sigi. Hasil Penelitian, menunjukkan Bentuk – bentuk peran perempuan dalam menopang dan membangkitkan perekonomian pasca bencana di Desa Lolu, Desa Balumpewa dan Kecamatan Lindu dengan membuat usaha, baik secara kelompok maupun secara perorangan. Bentuk – bentuk usaha perempuan yang ada di Desa Lolu yaitu Usaha Keripik Tempe, Tortila, Jamur Tiram, Keripik Pisang Warung Makan, Botok, Bawang goreng dan membuat Kerajinan tangan seperti Bros dan bunga dari Limbah Plastik. Bentuk – bentuk Usaha Perempuan yang ada di Desa Balumpewa meliputi usaha dodol, kios campuran, menjual minyak kelapa, aneka jajanan seperti pisang goreng dan cucur serta membuat kerajinan tangan  bingga dari daun enau dan membuat tas dan dompet dari tali kur. Sebagian besar bentuk peran perempuan dalam menopang perekonomian keluarga pada desa Balumpewa dengan bertani sementara bentuk – bentuk usaha perempuan yang ada di Kecamatan Lindu dalam menopang rumah tangga yaitu dengan membuat usaha kopi lindu dan abon ikan mujair selain itu sebagian perempuan juga bekerja sebagai petani dan menjual makanan.Sedangkan Penghasilan dari Para Perempuan baik dari Usaha Kelompok maupun perorangan pasca bencana pada Desa Lolu, Desa Balumpewa dan Kecamatan Lindu  secara umum sudah mampu memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

References

Amir, Andi Mattulada, Rasmi Nur Anggraeni, Nasrulhak Akkas, and Ahmad Yani. 2020. “FAMILY MANAGEMENT STRATEGIES IN MANAGING FINANCES THROUGH SMALL BUSINESSES.” Academy of Strategic Management Journal 19(3): 1–11.

BNPB Prov. Sulawasi Tengah 2018

BPS Prov. Sulawesi Tengah 2018

Darmin Tuwu. 2018. Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga : Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik.Al Izzah : Jurnal Hasil – Hasil Penelitian .Volume.13. Nomor 1 : 63-76

Doriza.S.2015. Ekonomi Keluarga. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung

Faqih, M.2012. Analisis Gender dan Transformasi Sosial.Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta

Frans P. Karangan, Swenekhe S. Durand, Srie J. Sondakh.2017. Peranan Wanita dalam meningkatkan Perekonomian Keluarga Nelayan di Kelurahan Tumumpa II Kecamatan Tuminting Kota Manado. Vol 5.No.9 :603-614

Rajindra, Amir, Farid AM, R N Anggraeni, and A Yani. 2020. “Family Management Strategies in Managing Finances through Small Businesses.” Academy of Strategic Management Journal 19(3).

RAJINDRA, Rajindra, Guasmin GUASMIN, Burhanuddin BURHANUDDIN, and Rasmi Nur ANGGRAENI. 2021. “Costs and Operational Revenue, Loan to Deposit Ratio against Return on Assets: A Case Study in Indonesia.” The Journal of Asian Finance, Economics and Business 8(5): 109–15.

Rajindra, Rajindra, Umar Umar, and Julis Nurpadia. 2022. “Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada CV. Solo Indah Kota Palu.” Jurnal Sinar Manajemen 9(2): 335–41.

Rezki, Rezki, Rajindra Rajindra, and Abdul Rahman. 2022. “Strategi Usaha Mikro Kecil Bertahan Di Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(7): 434–40.

Sajogjo,P.1985. Peranan Wanita dalam Masyarakat Desa. CV. Rajawali. Jakarta

Shafila Mardiana Bunsaman, Budi Muhaammad Taftazani.2018.Peranan Perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga (Studi tentang peranan petugas K3L perempuan Universitas Padjajaran Jatinangor. Prosiding Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Vol. 5 No. 2 :146-147

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis.. Alfabeta.Bandung.

Sultan Muh. Zain Badudu.1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Yani, Ahmad et al. 2022. “Prevention of Drug Use in Early Adolescents in Palu City, Indonesia.” Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences 10(E): 758–63.

Published
2023-03-30
How to Cite
Mutiara Mashita Diapati, Diarespati, & Suraeda. (2023). Peran Perempuan Sebagai Pelopor Bangkitnya Perekonomian Keluarga Pasca Bencana di Kabupaten Sigi: The Role of Women as Pioneers in the Rise of the Post-Disaster Family Economy in Sigi District. Jurnal Sinar Manajemen, 10(1), 84-90. https://doi.org/10.56338/jsm.v10i1.3178
Section
Articles