Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu

  • Haris Abdul Kadir Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syarifuddin T Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Wahba Wahba Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Rahman Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nining Andini Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Gaya Hidup, Kelas Sosial, kepribadian, Pembelian

Abstract

Salah satu kendaraan roda dua yang paling diminati oleh masyarakat Kota Palu sebagai alat transportasi adalah Yamaha Matic Mio Sporty. Kendaraan ini banyak diminati karena mampu melakukan inovasi setiap tahun yang menampilkan model-model baru sesuai dengan perkembangan zaman masa kini. Selain itu juga Yamaha Matic Mio Sporty baik digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh bagi pengendaranya. Penelitian ini bertipe Deskriptif Kausal, Penelitian ini dilakukan pada konsumen pengguna/pemakai sepeda motor merek Yamaha Matic Mio Sporty di UD. Godiva Motor. Penelitian ini dilakukan pada Tanggal 23 November 2015 Berlokasi di Jl.S.parman No.55 Palu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 responden.  Penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh antara faktor Gaya Hidup, kelas   sosial dan  kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu.

 

References

Angipora, Marius P, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kedua, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Adi Setyo jatmiko, 2010, Analisis Keputusan Pembelian Ditinjau dari Faktor Psikografi Jonsumen Matahari Departement Store Solo Square, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Assauri, Sofyan, 2004. Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Boyd, Walker, Larreche, 2000. Manajemen Pemasaran suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Erlangga, Jakarta.

Cahyono, Bambang Ti, 1999. Manajemen Pemasaran, Badan Penerbit IPWI, Jakarta.

Engel, James. F, Roger. D. Blackwell dan Miniard, Paul. W. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Flonika, Lidya. 2007. Peran Keluarga Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Kota Palu. Skripsi Fakultas Ekonomi Untad. Palu.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran: Amalisa, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Millenium Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (diterjemahkan Benjamin Molan) Edisi Kesebelas, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.

Mc. Charthy Perreaulth, 1995. Intisari Pemasaran, Sebuah Ancaman Manajerial Global, Edisi Keenam, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, 2002. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Reviks Aditama, Bandung.

Mowen, John dan Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Muhamad Jibran. 2010. Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Warnet Di Kota Palu. (Studi Kasus Warnet Geonet). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Nurhasanah. 2008. Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (Studi Kasus Pelajar Di Kota Palu). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), Kencana, Jakarta.

Sigit, Suardi. 2000. Prinsip Dan Dasar Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Sumodiningrat, Gunawan. 1994 Pengantar Ekonometrika, BPFE, Yogyakarta.

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Swastha, Basu, dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sudradjad, M, Sw. 2002. Metode Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, Jatinangor, Jakarta.

Purwadsi, Budi. 2000. Riset Pemasaran; Implementasi Dalam Bauran Pemasaran, PT. Grafindo, Jakarta.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran, Cetakan Kelima, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Published
2018-08-30
How to Cite
Kadir, H. A., T, S., Wahba, W., Rahman, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 112-117. https://doi.org/10.56338/jsm.v5i2.295
Section
Articles