Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kecamatan Koto Salak (Studi Kasus Pada Wanita Di Kecamatan Koto Salak)

The Effect of Product Quality, Price, and Word Of Mouth (WOM) on Purchase Decisions at Boutiques in Koto Salak District (Case Study on Women in Koto Salak District)

  • Ressi Patmala Program Studi Manajemen, Fakultas Hukum Dan Ekonomi Bisnis, Universitas Dharmas Indonesia
  • Yesi Gusteti Program Studi Manajemen, Fakultas Hukum Dan Ekonomi Bisnis, Universitas Dharmas Indonesia
  • Fenisi Resty Program Studi Manajemen, Fakultas Hukum Dan Ekonomi Bisnis, Universitas Dharmas Indonesia
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Pada saat ini industri di bidang fashion mempunyai kecenderungan yang terus meningkat, Dalam beberapa tahun terakhir, fashion yang ada di Indonesia berkembang sangat cepat. Hal ini tentu di dukung oleh beberapa aspek, salah satunya adalah desainer lokal yang berpotensi dapat mengembangkan atau menciptakan beberapa produk yang baru. Pada saat ini banyak butik dengan merek fashion yang berbeda yang beredar di Kecamatan Koto Salak seperti Lina butik, Razilia butik, NR buotique, dan Butik Yarashyma. Oleh karena itu, konsumen memiliki kekuatan yang sangat besar dalam menentukan pilihannya, konsumen juga akan semakin jeli dan kritis dalam memilih pakaian yang akan mereka pakai. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada butik di kecamatan koto salak (studi kasus wanita kecamatan koto salak). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pengambilan data menggunakan kuesioner, responden yang dijadikan sampel sebanyak 75 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk menunjukkan pengaruh  yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dapat dilihat pada hasil uji t variabel Kualitas Produk dimana  t-hitung lebih besar dari t-tabel (9,520 >1,666) ini menunjukan variabel bebas Kualitas Produk  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap  variabel terikat Keputusan Pembelian. Variabel Harga menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dapat dilihat pada hasil uji t variabel Harga  dimana  t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,887 >1,666) ini menunjukan variabel bebas Harga berpegaruh terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian.

 

References

Ernawati, r., dwi, a. B., & argo, j. G. (2021). Analisis pengaruh promosi , harga , dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada situs e-commerce zalora di jakarta. Business management analysis journal(bmaj), 4(2), 200–218.

Ghozali, i. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program ibm spss 23 (edisi 8). Badan penerbit universitas diponegoro.

Ghozali, i. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 25. Badan penerbit universitas diponegoro.

Gunawan, a. (2020). Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepada motor matic merek honda. 1–68.

Hair, j. F., black, w. C., babin, b. J. &, & anderson, r. E. (2010). Faktor analysis, in : multivariate data analysis (n. J. P. E. Inc (ed.)).

Harjuno, p. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian motor matic honda scoopy (studi kasus pada mahasiswa universitas negeri yogyakarta). 1–170.

Keller, k. . (2013). Manajemen pemasaran (edisi 12). Indeks kelompok gremedia.

Keller, k. &. (2016). Manajemen pemasaran (13th ed.).

Khoiriana supartono, s e., m. S. (2019). Pengaruh harga, merek, dan kualitas produk terhadap keputusanpembelian pada konsumen pengguna jilbab elzatta dicikarang.

Kotler, philip, amstrong, g. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler. (2012). Pengertian keputusan pembelian.

Kotler, philip, & amstrong, g. (2014). Principles of marketing (global edi).

Kurniawa, yohanes, d. (2017). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda matic. 1–195.

Kurniawati, n. I. (2020). Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang analysis of the influence of word of mouth and brand image on purchasing decisions for semarang cosmetics makeover products. 22(2), 286–295.

Kusuma, r. (2019). Pengaruh word of mouth, inovasi, gaya hidup dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. 1–22.

Lesli laizer, schiffman, leong dan kanuk. (2012). Perilaku konsumen.

Lupiyoadi, r. (2008). Manajemen pemasaran.

Marantika, w. (2020). Pengaruh kualitas produk , word of mouth , dan store image terhadap keputusan pembelian : studi pada pengunjung toko amigo pedan. Jurnal maksipreneur, 10(1), 114–127.

Nurcahyono, b. & r. (2018). Analisis dampak penciptaan brand image dan aktifitas word of mouth (wom) pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Jurnal nusantara, 3(1), 14–29.

Philip, k. (2012). Manajemen pemasaran : analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian (edisi kw 1). Pt indeks kelompok gremadia.

Prayitno, b. B. (2019). Pengaruh kualitas produk , harga , citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian yamaha r15 bayu bagus prayitno nurul widyawati sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia ( stiesia ) surabaya. Jurnal ilmu dan riset manajemen, 8.

Priastuti, s. A., wiska, m., & purwanto, k. (2020). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian mobil toyota intrcom di dharmasraya tahun 2020.

Rizaldi, a. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen smartphone realme di jabodetabek.

Sarwono, p. (2016). Ilmu kebidanan. (pt & b. P. S. Prawirohardjo. (eds.); edisi 4.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.

Sujarweni, v. W. (2016). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan spss. Penerbit pustaka baeu press.

Sujianto, a. E. (2009). Aplikasi statistik dengan spss 16.0. (pt. Presta).

Suryani. (2013). Perilaku konsumen di era internet.

Sutardjo, d., mandey, s. L., & raintung, m. C. (2020). Pengaruh gaya hidup, word of mouth dan endorsment terhadap keputusan pembelian pada gloriusgloriuss store manado. Jurnal emba: jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 8(4), 90–99.

Tamimi, p. S., & nugraha, h. S. (2015). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek dell di kota semarang ( studi kasus pada konsumen laptop merek dell di kecamatan banyumanik kota semarang ) konsumen . Selain citra merek faktor yang dipertimbangkan adalah. Jurnal of sosial and political of science, 1–10.

Tampinongkol, v. M., mandagie, y., sam, u., & manado, r. (2018). Analisis pengaruh word of mouth , kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepatu converse di manado town square analysis effect of word of mouth , product quality and brand image toward. Jurnal emba: jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 6(4), 2008–2017.

Tjiptono, f. (2015). Strategi pemasaran (c. A. Offset (ed.); 4th ed.).

Wulanda, n., & widad, a. (2019). Pengaruh harga , word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian dalam memilih event organizer ( studi kasus di un production ) keyword : price , word of mouth , branc. Jurnal of management and business review, 16(1), 43–70.

Yayan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko hepo fashion branded cikarang pusat bekasi.

Published
2022-11-24
How to Cite
Ressi Patmala, Yesi Gusteti, & Fenisi Resty. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kecamatan Koto Salak (Studi Kasus Pada Wanita Di Kecamatan Koto Salak) : The Effect of Product Quality, Price, and Word Of Mouth (WOM) on Purchase Decisions at Boutiques in Koto Salak District (Case Study on Women in Koto Salak District). Jurnal Sinar Manajemen, 9(3), 472-481. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.2878
Section
Articles