Pengaruh Strategi Marketing Mix (4P) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Geffa Production Sukoharjo)

Effect Of Marketing Mix Strategy (4P) In An Effort To Improve Marketing Performance During The Covid-19 Pandemic (Case Study On Geffa Production Sukoharjo)

  • Alimah Nur Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Atik Lusia Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
Keywords: Product, Promotion, Price, Place/Distribution, Kinerja Pemasaran

Abstract

Mengetahui serta menganalisis pengaruh strategi marketing mix seperti product, promotion, price, place/distribution dalam upaya peningkatan kinerja pemasaran pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan terhadap Geffa Production Sukoharjo ini menggunakan populasi seluruh konsumen Geffa Production dan sampel 100 konsumen dengan menerapkan metode purposive sampling pada kriteria tertentu. Teknik analisis data berupa uji instrumen, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, serta uji asumsi klasik melalui kuesioner berskala likert 4 poin. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel product serta place/distribution berpengaruh positif serta signifikan, tetapi variabel promotion berdampak positif serta tidak signifikan, sedangkan variabel price berdampak negatif dan tidak signifikan dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada masa pandemi covid-19.

References

Azhari, Azlan. (2021). "Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran Kain Tenun Sutera Melalui Analisa Bauran Pemasaran dan Inovasi Produk di Tengah Masa Pandemi Covid-19". AMSIR Management Journal, 2(1), 68-80.

http://www.journal.stieamsir.ac.id/index.php/amj/article/view/60.

Badan Pemeriksa Keuangan RI. (2021). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021, Diakses pada 04 Oktober 2021.

Fatihudin, Didin, dan Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta : Deepublish.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya : CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunistiyo, dan Hanfan, A. (2019). Manajemen Pemasaran: Membangun Kinerja Pemasaran UMKM. Banyumas : Indonesian Research Society (IRS).

Hayati, N. F., Muniroh, L., dan Eldine, A. (2021). "Pengaruh Distribusi Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran (Pada UMKM Tas Kota Depok Kecamatan Sukmajaya)". Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 10-15. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Manager/article/view/4334.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kementrian Koperasi dan UKM. (2021). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf , Diakses pada 05 Oktober 2021.

Kumala, I. R. (2018). "Pengaruh 4P Dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja PT. Eratama Putra Mandiri Banyuwangi". Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 106-119.

http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/1576.

Nawangsasi, Endah, dan Triatin, Siti, H. E. (2020). "Peran Kinerja Pemasaran Yang Dipengaruhi Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Aspek Produk Tempat, Harga, Promosi Pada Kinerja Pedagang Jajanan Pasar Desa Karangpandan Kabupaten Karanganyar". Jurnal Akuntansi, 8(1), 31-41. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/advance/article/view/900.

Risal, M., dan Salju. (2017). "Pengaruh Bauran Pemasaran (4Ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran". Jurnal Balance, XIV(1), 1-18.

http://103.114.35.30/index.php/balance/article/view/1282.

Rohmat, Nur., Harini, Cicik, dan Hasiholan, L. B. (2020). "Implementation Of Marketing Mix (7P) On Marketing Performance (Study at PT. Bank Mandiri Tbk. Sme Pahlawan)". Journal Of Management, 6(2), 111. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1713

Salindeho, A. E., dan Mandey, S. L. (2018). "Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki (Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab. Malalayang)". Jurnal EMBA, 6(4), 3348-3357.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21334.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Tirtayasa, S., dan Daulay, Y. A. (2021). "Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19". Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 4(1), 106122. http://journal.umsu.ac.id/index.php/maneggio/article/view/6712.

Tirtayasa, S., Nadra, I., dan Khair, H. (2021). "Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM Dimoderasi Teknologi Pada Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 22(2), 245-260. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7395.

Azwar, A, Rajindra Rajindra, and Mutmainnah Mutmainnah. 2021. “Influence of Work Motivation and Work Discipline on Employee Work Productivity at PT. Surya Setia Prosperity Hammer.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(4): 242–49.

Rajindra, Rajindra. 2021. “Strategi Manajemen Pengelolaan Alat Kontrasepsi Di Kabupaten Donggala, Indonesia.” Jurnal Sinar Manajemen 8(1): 14–22.

RAJINDRA, Rajindra, Guasmin GUASMIN, Burhanuddin BURHANUDDIN, and Rasmi Nur ANGGRAENI. 2021. “Costs and Operational Revenue, Loan to Deposit Ratio Against Return on Assets: A Case Study in Indonesia.” The Journal of Asian Finance, Economics and Business 8(5): 109–15.

Rajindra, Rajindra, Umar Umar, and Julis Nurpadia. 2022. “Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada CV. Solo Indah Kota Palu.” Jurnal Sinar Manajemen 9(2): 335–41.

Rezki, Rezki, Rajindra Rajindra, and Abdul Rahman. 2022. “Strategi Usaha Mikro Kecil Bertahan Di Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(7): 434–40.

Published
2023-07-15
How to Cite
Alimah Nur, & Atik Lusia. (2023). Pengaruh Strategi Marketing Mix (4P) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Geffa Production Sukoharjo): Effect Of Marketing Mix Strategy (4P) In An Effort To Improve Marketing Performance During The Covid-19 Pandemic (Case Study On Geffa Production Sukoharjo). Jurnal Sinar Manajemen, 10(2), 102-115. https://doi.org/10.56338/jsm.v11i2.2821
Section
Articles