Pengaruh Return On Asset, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Farmasi

Effect of Return On Assets, Return On Equity and Net Profit Margin on Share Prices of Pharmaceutical Sub-Sector Companies

  • Ayu Febiana Zumrotul Khoiro UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Mega Tunjung Hapsari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Keywords: ROA, ROE, NPM, Harga Saham

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari ROA, ROE dan NPM pada harga saham perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020. Dalam riset ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis asosiatif. Metode pengumpulan data yaitu data sekunder dan dokumentasi. Teknik purposive sampling digunakan untuk menarik sampel sesuai kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan peneliti yaitu didapatkan sampel sejumlah 7 perusahaan. Peneliti melakukan pengumpulan data sekunder yang di akses melalui data yang dipublish oleh situs resmi Bursa Efek Indonesia. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk metode analisis yang sebelumnya sudah di uji asumsi klasik. Data penelitian diolah dengan bantuan aplikasi SPSS. Dari hasil penemuan dapat ditarik kesimpulan bahwasanya secara simultan ROA, ROE dan NPM terdapat pengaruh signifikan pada harga saham. Secara parsial, ROA tidak terdapat pengaruh pada harga saham, ROE terdapat pengaruh secara positif serta signifikan pada harga saham, dan NPM terdapat pengaruh secara negatif serta signifikan pada harga saham.

References

Ardiyanto, Agil, Nirsetyo Wahdi, and Aprih Santoso. 2020. “Pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share Dan Price To Book Value Terhadap Harga Saham.” Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Unsurya 5(1):33–49.
Badan Pusat Statistik. n.d. “Transaksi Dan Indeks Saham Di Bursa Efek 2021.” Retrieved January 18, 2021 (https://www.bps.go.id/indicator/13/125/1/transaksi-dan-indeks-saham-di-bursa-efek.html).
Brigham, Eugene F., and Joel Houston. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. 10th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Dewa, Yogaswara, and Siti Sunrowiyati. 2016. “Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Penilaian Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Pada SPBU Gedog.” 3(2):185–201.
Egam, Gerald Edsel Yermia, Ventje Ilat, and Sonny Pangerapan. 2017. “Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On EQUITY (ROE), Net Provit Margin (NPM, Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Yang Tergabung Dalam Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015.” 5(1):105–14.
Ratih, Dorothea, and E. P. Apriatni. 2013. “Pengaruh EPS,PER,DER,ROE Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012.” Diponegoro Journal Of Social And Politic 1–12.
Sirait, Pirmatua. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Ekuilibria.
Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Laporan Keuangan Untuk Bisnis (Teori Dan Kasus). Yogyakarta: CAPS.
Yuliana, and Tri Rini Hastuti. 2020. “Pengaruh DER, ROE, ROA, NPM Dan EPS Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur.” Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara 2:1568–77.
Published
2022-03-15
How to Cite
Ayu Febiana Zumrotul Khoiro, & Mega Tunjung Hapsari. (2022). Pengaruh Return On Asset, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Farmasi: Effect of Return On Assets, Return On Equity and Net Profit Margin on Share Prices of Pharmaceutical Sub-Sector Companies. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 151-157. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2432
Section
Articles