Keputusan Konsumen dalam Pembelian Pakaian Bekas (Cakar) di Kota Makassar

Consumer Decisions in Purchasing Used Clothing (Claws) in Makassar City

  • Mujahid Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Nasyirah Nurdin Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Syamsul Riyadi Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Rijal Program Studi Manajemen Universitas Fajar
Keywords: Keputusan, pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen dikarenakan karena adanya dorongan-dorongan atau motif-motif yang dirasakan sehingga menimbulkan minat atau dorongan untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keputusan konsumen dalam pembelian pakaian bekas (cakar) di kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah analisis data kualitatif hasil pembahasan menemukan bahwa bahwa penjualan pakaian bekas (cakar) sangat diminati di kalangan masyarakat kota makassar. Hasil dari penelitian ini adalah Harga, kualitas produk, dan merek salah satu alasan keputusan pembelian konsumen. konsumen puas dengan adanya pakaian bekas (cakar) karena dapat mendapatkan produk original dengan harga terjangkau.

References

Amstrong Gary & Philip, Kotler. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Danang Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Durianto Darmadi, (2013). Brand Equity Ten Strategy Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: CV. Andi Offset
Kotler, Philip, Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, F. (2011). Riset Pemasaran (cetakan kesepuluh) Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setiadi, Nugroho.J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarwan, Ujang (2011). Perilaku Konsumen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan kesembilan. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-03-14
How to Cite
Mujahid, Nasyirah Nurdin, Syamsul Riyadi, & Rijal. (2022). Keputusan Konsumen dalam Pembelian Pakaian Bekas (Cakar) di Kota Makassar : Consumer Decisions in Purchasing Used Clothing (Claws) in Makassar City. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 136-141. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2334
Section
Articles