Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Noni Juice Boyolali Saat Pandemi

Service Quality, Product Quality, Price and Brand Image on Customer Satisfaction of Boyolali Noni Juice Drinks During a Pandemic

  • Hasna Al Aliyah Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
  • Budi Istiyanto Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Brand Image

Abstract

Tujuan dari riset ialah menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Herbal Noni Juice di Boyolali Saat Pandemic. Riset ini memakai metode random sampling dengan jumlah populasi tidak terbatas yakni 100 responden. Teknik riset ialah analisis linear berganda. Perhitungan uji tersebut melalui SPSS 25.0 untuk windows. Pengolahan data merupakan salah satu pengujian untuk melakukan uji validitas & reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, perhitungan koefisien determinasi, serta uji hipotesis serta secara parsial. Hasil dari riset yaitu variabel kualitas pelayanan, kualitas produk serta harga tidak berdampak atas kepuasan pelanggan sedangkan brand image berpengaruh signifikan akan kepuasan pelanggan.

References

Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Alvianna, S., Husnita, I., & Hidayatullah, S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 169–187. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4014
Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.
Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 7(2), 137–156.
Fiqihta, E., Kuraesin, E., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 376. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3713
Halin, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEMEN BATURAJA DI PALEMBANG PADA PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 79. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.477
Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9
Koleangan, R. A. M., & Roring, F. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNK BENDITO KAWASAN MEGAMAS MANADO. Pengaruh Kualitas…… 3723 Jurnal EMBA, 6(4), 3723–3732.
Kristanto, J. O. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenthcoffee. 6, 9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6498
Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.
Pane, D. N., Fikri, M. EL, & Ritonga, H. M. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN SIDEMPUAN MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Putra, S. D., Sumowo, S., & Anwar. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 99–117.
Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu Dan …, 9(5), 2. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3072
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Sianipar, G. J. . (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19, 183–196. https://doi.org/10.54367/jmb.v19i2.576
Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2930/2260
Utami, S., & Mukti, A. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Dan Citra Merk (Brand Image) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Akupuntur Setia Utami. 1, 27–37.
Widyastuti, T. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 233–240. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i1.248
Zakaria, D. G. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174
Published
2022-03-14
How to Cite
Hasna Al Aliyah, & Budi Istiyanto. (2022). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Noni Juice Boyolali Saat Pandemi: Service Quality, Product Quality, Price and Brand Image on Customer Satisfaction of Boyolali Noni Juice Drinks During a Pandemic. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 130-135. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2333
Section
Articles