Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee)

The Influence of Brand Image, Promotion, Price, and Service Quality on Purchase Decisions (Shopee Application Users)

  • Hesti Noor Fatimah Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
  • Andri Nurtantiono Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
Keywords: Citra Merek, Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Shopee

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jenis riset yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data memakai kuesioner dengan 97 responden yang diolah lewat SPSS 20 jadi metodologi studi ini. Analisis data memakai regresi linier berganda. Hasil riset memperlihatkan Citra Merek berdampak signifikan pada keputusan pembelian di aplikasi Shopee, ini terbukti lewat nilai thitung yakni 2,173 serta nilai signifikansi ialah 0,032. Promosi berdampak signifikan pada keputusan pembelian di aplikasi Shopee, itu terbukti dengan nilai thitung yakni 3,559 dan nilai signifikansi ialah 0,001. Harga tidak berdampak signifikan pada keputusan pembelian di aplikasi Shopee, ini terbukti nilai thitung yakni 0,919 dan nilai signifikansi yakni 0,361. Kualitas Pelayanan berdampak signifikan pada keputusan pembelian di aplikasi Shopee, ini terbukti lewat nilai thitung yakni 3,927 dan nilai signifikansi yakni 0,000.

References

Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.
Ahnaf Balhmar, M. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE.
Arifin, F., Asiyah, S., & Mustapita, A. F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E - Commerce Shopee (Studi Kasus Pada FEB Angkatan 2017 Unisma). Jurnal Riset Manajemen, 106–116.
Arifin, M. Z., & Azhari, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Palangka Raya. Jurnal Al-Qardh, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23971/jaq.v2i2.832
Budiyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Lisensi Diving Pada Perusahaan Padi Corp. 23(2), 99–115.
Fabtaghun Haqiqi, K. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, atmosfer toko dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9, 20.
Fadila, A., Bulan, T. P. L., & Amilia, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Electronic Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Online Pada Shopee di Pangkalan Brandan. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(November), 19–26.
Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 7, No(3), 1–15.
Fera, & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Promosi , Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. 3(1), 1–13.
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung. 8(4), 3340–3353.
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung. 1, 35–44.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB)e-ISSN 2723-424X, 128–136.
Masrin, I., & Yanto, R. P. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol.10(No.2), 1–15.
Napik, A., Qomariah, N., & Santoso, B. (2018). Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 73. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1880
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Pratiwi, M. Y., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2Beat. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(7), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1745/1755
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Witarisma, Si. W. (2017). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, 53(9), 1689–1699. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1050
Published
2022-03-14
How to Cite
Hesti Noor Fatimah, & Andri Nurtantiono. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee): The Influence of Brand Image, Promotion, Price, and Service Quality on Purchase Decisions (Shopee Application Users). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106-113. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2330
Section
Articles