Analisis Perbedaan Positioning Antara Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia Di Kota Pal

Analysis of Positioning Differences Between Toyota Avanza and Daihatsu Xenia in Palu City

  • Huzaemah Universitas Alkaherat Palu
Keywords: Persaingan, Pemasaran Atribut Mobil, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Persepsi Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan Positioning antara toyots Avanza dan Daihatsu xenia. Permasalahan dalam penelitian ini di jawab dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif MDS (Multi Dimensional Scalling) dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang responden terdiri dari 50 orang pengguna produk kendaraan Toyota Avanza dan 50 orang pengguna produk kendaraan Daihatsu Xenia yang ditentukan dengan teknik Accidental Sampling.  Pemosisian mobil merek Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Kota Palu dipersepsikan berbeda oleh responden pengguna kedua merek mobil tersebut. Hal ini dikarenakan berdasarkan pada peta persepsi Multi Dimensional Scalling (MDS) terlihat bahwa kedua merek mobil (Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia) memiliki letak pada jarak yang saling berjauhan. Sehingga Pemosisian terhadap Atribut-atribut mobil, sesuai hasil peta persepsi Multi Dimensional Scalling (MDS) terlihat bahwa responden mempersepsikan sebagian besar atribut-atribut mobil tersebut berbeda antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia karena berada pada letak jarak saling berjauhan.

References

Azwar, Syaifuddin, 1996. Validitas dan Reliabilitas Instrumen penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Craven, David W., 1997. Pemasaran Strategis, Jilid 1, Edisi ke-4, Erlangga, Jakarta.Dharmawan, F. Pungky. Posisi Produk City Car Mobil Karimun, Hyundai Atoz dan Kia Visto menurut Konsumen di Kotamadya Yogyakarta.
Umar, Husein, 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama dan JBRC, Jakarta.
Indrianto, Nur dan Bambang Supomo, 1999. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi, Jilid 1, Prentice Hall, Jakarta.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ketiga, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kasali, Rheinald, 2000. Membidik Pasar Indonesia Dengan Segmentasi, Targeting, Positioning, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Nurfaida, 2007. Analisis Positioning Sabun Mandi Kesehatan Keluarga Lifebuoy, Nuvo, Dettol, Skripsi, Fakultas Ekonomi Untad.
Purwanto, Hendra, 1995. Menghadapi Persaingan Global Dengan Produk Positioning Business, Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 1994. Azas-Azas Marketing, CV. Liberty, Yogyakarta.
Sigit, Soehardi, 1999. Pengantar Metodologi Sosial Bisnis Manajemen, Lukman OFFSET, Yogyakarta.
Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.
Tatang, M. Amirin, 2000. Metode Penelitian, PT. Grafindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Warren, J. Keegan, Sandra E. Morianty and Thomas R. Duncan, 1995. Marketing, Second Edition, Prentice Hall, Inc.
Published
2022-03-14
How to Cite
Huzaemah. (2022). Analisis Perbedaan Positioning Antara Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia Di Kota Pal: Analysis of Positioning Differences Between Toyota Avanza and Daihatsu Xenia in Palu City. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 91-105. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2329
Section
Articles