Pengaruh Dukungan Top Management Dan Kemampuan Tehnik Personal Sistem Informasi Akuntansi (SIS) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIS) Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palu

The Effect of Top Management Support and Personal Technical Ability of Accounting Information System (SIA) on User Satisfaction of Accounting Information System (SIA) at Indonesian Sharia Bank (BSI) Palu Branch

  • Rizki Amalia Dosen Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Datokarama Palu, Indonesia
Keywords: Pengaruh Variabel, Dukungan Top Management, Kemampuan Tehnik Personal SIA, Kepuasan Pengguna SIA, BSI Cabang Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable dukungan top management dan kemampuan tehnik personal Sistem Informasi Akuntansi (SIA) terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada Bank Syariah Indonesia Cabang Palu. Subjek penelitian ini adalah kantor cabang operasional bank syariah Indonesia yang ada dikota palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang pekerjaanya berkaitan langsung dengan penggunaan SIA pada kantor cabang yang menjadi subjek dari penelitian ini. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan sampel yang jumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian serta analisis regresi linear berganda sebagai uji statistik pengolahan data. Hasil penelitian didapatkan bahwa dukungan top management, kemampuan tehnik personal SIA, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna secara simultan. Dukungan top management dan pelatihan pengguna SIA berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIA secara parsial. Berdasarkan nilai R Square, kepuasan pengguna SIA tidak hanya dipengaruhi oleh variabel dukungan top management, dan kemampuan tehnik personal SIA, tapi juga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pengguna SIA selain yang diteliti dalam penelitian ini.

References

Alam, T. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi pada PT. Mahakarya Jaya Sinergi) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Almilia, L. S., & Briliantien, I. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi pada bank umum pemerintah di wilayah surabaya dan sidoarjo. Jurnal STIE Perbanas Surabaya, 1-7.

Dedi Rusdi, S. E., MSi, A., & Megawati, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Majalah Ilmiah Sultan Agung, 49(125), 1-18.

Dharmawan, J., & Ardianto, J. (2017). Pengaruh Kemutakhiran Teknologi, Kemampuan Teknik Personal Sistem Informasi, Program Pelatihan Pengguna Dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Ultima Accounting: Jurnal Ilmu Akuntansi, 9(1), 60-78.

Ghozali., Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani., Rini, (2007), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta), Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar, 26-28 Juli 2007.

Irawati., DF, (2011). Analisi Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada PT.Perkebunan Nusantara XI (Persero). (Skripsi pada Universitas Jember)

Koeswoyo, F. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pemakai Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pemakai Software Akuntansi K-System di Pulau Jawa) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Komara., Acep. (2005). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi 8. Solo.

Komara, A., & Ariningrum, H. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manjemen, 2(1), 2.

Magribi, R. M. (2021). Computer Anxiety dan Computer Attitude terhadap Kemampuan Mahasiswa Akuntansi dalam Mengoperasikan Software Akuntansi Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 174-186.

Nahriyanti, N. (2020). Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan, Serta Pelatihan dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi (Studi Kasus pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Palopo). Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 3(2).

Nirmala, D. (2020). Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan Teknik Personal, dan Keterlibatan Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Pelayanan Jasa Keuangan PT. POS INDONESIA (Persero) Kediri. (Doctoral dissertation, UPN" VETERAN" JATIM).

Septianingrum, P. A. (2014). Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan Pengguna, Serta Adanya Pelatihan Dan Pendidikan Pengguna Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Semarang dan DI Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Soegiharto. (2001). Influence Factors Affecting The Performance Of Accounting Information System. Gajah Mada International Journal Of Business. Vol 3, No. 2 PP. 177-202

Srimindarti, C., & Puspitasari, E. (2012). Kinerja sistem informasi akuntansi (SIA) ditinjau dari kepuasan pemakai dan pemakaian sia yang dipengaruhi oleh partisipasi, kemampuan, pelatihan dan pendidikan pemakai SIA. Proceeding Call for Paper Pekan Ilmiah Dosen FEB-UKSW Salatiga, 517-530.

Tjhai Fung Jen. (2002). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem InformasiAkuntansi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Volume IV No. 2.
Published
2022-03-14
How to Cite
Rizki Amalia. (2022). Pengaruh Dukungan Top Management Dan Kemampuan Tehnik Personal Sistem Informasi Akuntansi (SIS) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIS) Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palu: The Effect of Top Management Support and Personal Technical Ability of Accounting Information System (SIA) on User Satisfaction of Accounting Information System (SIA) at Indonesian Sharia Bank (BSI) Palu Branch. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 55-65. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2326
Section
Articles