Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan terhadap Bauran Pemasaran Pelaku Umkm di Desa Sabang Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala
The Effect of Entrepreneurship Understanding on the Marketing Mix of SMEs in Sabang Village, Dampelas District Donggala County
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemahaman kewirausahaan terhadap bauran pemasaran Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sabang Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sabang Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala memiliki tingkat pemahaman kewirausahaan yang rendah. Sedangkan pelaku usaha yang memiliki tingkat pemahaman kewirausahaan yang tinggi hanya sebanyak 12 orang, sisanya 5 orang memiliki tingkat pemahaman kewirausahaan yang sangat rendah sedangkan Pelaku Usaha dengan pemahaman kewirausahaan yang sangat tinggi hanya 1 orang. Hasil analisis regresi menunjukkan pula bahwa pemahaman kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap bauran pemasaran Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sabang Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.
References
Azizah, I. (2012). Hubungan Pembinaan Keagamaan dengan Penurunan Tingkat Kenakalan Remaja di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun 2012. IAIN Walisongo.
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26.
Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi†Pak Man Semarang. Journal of Management, 5(5).
Djuharni, D. (2012). Analisis Terhadap Pemahaman Akuntansi Penyusun Laporan Keuangan BKM. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2).
Emilda, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2015). Hubungan Tingkat Pemahaman Guru Tentang Kompetensi Pedagogik Dengan Tingkat Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(5).
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. Udayana University.
Forum, W. E. (2015). The global competitiveness report 2014-2015. World Economic Forum, Geneva, Switzerland, 2015.
Harahap, Y. R. (2014). Kemampuan menyusun laporan keuangan yang dimiliki pelaku ukm dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(1).
Iswarni, I. (2017). ANALISIS PENGELOLAAN DANA DEKONSENTRASI (STUDI KASUS DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI SUMATERA BARAT). Universitas Andalas.
Kurniullah, A. Z., Simarmata, H. M. P., Sari, A. P., Sisca, S., Mardia, M., Lie, D., Anggusti, M., Purba, B., Mastuti, R., & Dewi, I. K. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
Murdani, M., & Hadromi, H. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Jurnal Abdimas, 23(2), 152–157.
Nur, R. A. F. (2017). Penerapan penyusunan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM) Pada usaha kecil menengah (UKM) Studi kasus pada konveksi Goods Project Bandung. Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE), 6(2).
Nursiah, T., Kusnadi, N., & Burhanuddin, B. (2015). Perilaku Kewirausahaan pada Usaha Mikro Kecil (UMK) Tempe di Bogor Jawa Barat. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 3(2), 145–158.
Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).
Putra, P. (2015). Analisis tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pernyataan standar akuntansi keuangan Syariah Psak-Syariah. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, 6(01), 71579.
Putri, S. A., Yunus, M., & Fanani, E. (2017). TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWI KELAS XI SMA NEGERI 52 JAKARTA. PREVENTIA, 2(2).
Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.
Rajindra Farid,Rasmi Nur Anggraeni, Nasrulhak, Ahmad Yani, A. M. A. (2020). Family Management Strategies in Managing Finances through Small Businesses. Academy of Strategic Management Journal, 19(3), 1–11.
Rajindra, Rajindra, & Kadir, H. A. (2019). Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 135–140.
Rahman, A. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. TransMedia.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.
Sari, E. F. P. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–34.
Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40–48.