Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier

Influence of Prices, Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions

  • Yohana Dian Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ginanjar Rahmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Garnier. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan metode survey. Pemilihan populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili kota Surakarta yang menggunakan produk Garnier yang jumlahnya sendiri tidak diketahui secara pasti. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu menyebarkan kuesioner melalui bantuan media sosial seperti whatsapp, line, twitter dan instagram serta secara offline kepada responden yang berdomisili Surakarta yang menggunakan produk Garnier dengan jumlah 100 responden. Regresi linier berganda adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah nilai f-hitung sebesar 61,687 dengan probabilitas 0,000 dan nilai t-hitung untuk variabel kualitas produk dan citra merek kurang dari alpha 0,05 sedangkan variabel harga lebih alpha 0,05.  Sehingga dapat disimpulan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Ganier di Surakarta, sedangkan harga tidak pengaruh yang positif akan tetapi signifikan terhadap keputusan pembelian produk Garnier di Surakarta.

References

Arumsari, Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Benyamin Molan. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Media.
Efendi, Irwan Budi. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas, Harga dan Merek Pembersih Muka “Garnier” Terhadap Konsumen.
Kotler Philip, dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta
Kotler, P & Armstrong. 2010. Principles of Marketing, thirteen edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.
Marketeers.com, (2015, 04 September.) Cara Kreatif Garnier Gaet Pelanggan. Diakses pada 28 Januari 2021, dari https://marketeers.com/cara-kreatif-garnier-gaet-pelanggan.
Nadesul, Dr. Handrawan. 2008. Cara Menjadi Perempuan. Jakarta: Kompas Gramedia.
Nusadaily.com. (2020, 03 Agustus.) Kemenperin Kembangkan Industri Kosmetik Nasional. Diakses pada 21 Januari 2021, dari https://nusadaily.com/business/kemenperin-kembangkan-industri-kosmetik-nasional.html
Pasaribu, Monica Febrina. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pencuci Wajah Pond’s pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Medan.
Rajindra. (2016a). Financial Leverage and SMEs Performance: Empirical Evidence from Donggala District, Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(Financial Performance, SMEs,), http-www.
Rajindra. (2013b). Pengaruh Kebijakan Pendanaan dan Modal Kerja terhadap Kemampuan Produksi dan Kinerja Keuangan UMKM di Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen, 1(1), 80–92.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Shinta Pamudyaning Rizki, Mudiantoro. 2016. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian.
Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Sugiarto, E. 2009. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Published
2021-08-07
How to Cite
Yohana Dian Puspita, & Ginanjar Rahmawan. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier: Influence of Prices, Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644
Section
Articles