Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerupuk pada Cv. Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo

Consumer Preferences in Buying Crackers Products on Cv. Panda Unyil Crackers Sidoarjo

  • Leonard Adrie Manafe Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Ferdinand Romelus Anigomang Fakultas Ekonomi Universitas Tribuana Alor
Keywords: Preferensi Konsumen, Pembelian Produk, Kerupuk Singkong

Abstract

Preferensi konsumen terhadap suatu produk akan terus berubah setiap saat, sehingga penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui kecenderungan konsumen agar perkembangan usaha terus berjalan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1) untuk mengetahui faktor-faktor terkait preferensi konsumen dalam memilih produk kerupuk singkong di sekitar Sidoarjo dan sekelilingnya, 2) untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih produk kerupuk singkong, 3) untuk mengetahui faktor mana yang lebih besar berpengaruh terkait preferensi konsumen terhadap pembelian kerupuk singkong. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif subjektif dan informasi data penelitian diperoleh dari 30 informan yang menjadi pelanggan CV Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo. Penelitian juga dilakuan dengan wawancara beberapa informan yang menjadi pelanggan loyal perusahaan dalam pembelian produk kerupuk beberapa kali. Faktor yang membentuk preferensi konsumen dalam melakukan pembelian produk kerupuk singkong Panda yang menjadi faktor pilihan pertama terpenting yaitu rasa, setelah itu konsumen memilih harga sebagai faktor terpenting kedua, merek menjadi faktor terpenting ketiga dan kemasan menjadi faktor terpenting keempat.

References

Aaker, David A. 2017. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.
Aiman, Ammar. 2017. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec. Mangkabumi). Jurnal Perikanan dan Kelautan, VIII (1): 8-18.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Assael H. 2007. Consumer Behavior and Marketing Action. Ed ke-4. Boston (US): PWS-KENT Publishing Company.
Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Brahmanto Y. 2011. Pengaruh Karakteristik Pembeli terhadap Faktor-Faktor Pembelian Unit Rumah di Perumahan Graha Famili. (Thesis). Surabaya (ID): Institut Teknologi Sepuluh November.
Brown. 2001. Pengertian Pembelian. KNKG. Elekmedia Komputindo. Jakarta.
Cahyorini & Rusfian. 2011. The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 11-21.
Cenadi, Christine S. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya.
Christopher, RR, 2016. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 1, 32-43.
Galloway, Less. 2000. Operation Management in Context. Great Britain: Butterworth-Heinemann.
Hawkins, Del dan Mothersbaugh, David. 2010. Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill.
Imantoro, F dkk. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um AlHamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis, 180-187.
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online Available at: http://kbbi.web.id/pusat, (Diakses Juni 2021).
Kotler P. 2012. Marketing Management. Millenium Edition North Western University. New Jersey (US): Prentice Hall Inc.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mullins, John W dan Walker, JR. 2010. Marketing Management : A Strategic Decision-Making Approach. Seven Edition. New York: McGraw-Hill.
Novita, Ita. 2020. Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Obat Herbal Kunyit Putih. Jurnal Agribisains, Volume 6 Nomor 2, 81-88.
Rajindra. (2016a). Financial Leverage and SMEs Performance: Empirical Evidence from Donggala District, Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(Financial Performance, SMEs,), http-www.
Saputra, Putu Agus Darma. 2019. Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Cemilan Sehat Di Bali. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 4 (4), 521-528.
Setyaningsih, Dwi. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Argo. Bogor: IPB Press.
Winarno, F. G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Published
2021-08-07
How to Cite
Leonard Adrie Manafe, & Ferdinand Romelus Anigomang. (2021). Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerupuk pada Cv. Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo: Consumer Preferences in Buying Crackers Products on Cv. Panda Unyil Crackers Sidoarjo. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 81-89. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1642
Section
Articles