Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta

  • Dias Nurmalasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
  • Budi Istiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ialah guna memahami dan mengkaji pengaruh variabel kualitas produk, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen yang merupakan salah satu produk Wardah yaitu lipstik. Ketika akan melakukan sebuah keputusan pembelian Wardah mengutaman indikator-indikator penting untuk mempengaruhi konsumen ketika akan menjalankan keputusan pembelian. Indikator-indikator yang mempengaruhi dalam melakukan keputusan pembelian adalah kualitas produk, harga, promosi dan citra merek. Riset ini memakai data primer. Teknik yang dipakai ialah purposive sampling, kriteria tertentu dalam purposive sampling dapat dilakukan dengan berdasarkan pengambilan sempel. Kriteria pengambilan sampel adalah: Perempuan yang melakukan pembelian lipstik merek Wardah, perempuan yang sedang menggunakan lipstik merek Wardah, perempuan yang bertempat tinggal atau berdomisili di Kota Surakarta. Mendapatkan hasil jika konsumen melakukan keputisan pembelian lipstik Wardah mendapat pengaruh oleh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek.

References

Andikarini, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek dan Harga pada Keputusan Pembelian untuk Lipstik Wardah berdasarkan Karakteristik Demografis di Yogyakarta. diakses pada 5 November 2020, dari https://repository.usd.ac.id/12796/.

Armstrong, K. d. (2008). Prinsip prinsip pemasaran. Jilid 1 dan 2 . Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Armstrong, K. d. (2016). Principles of Marketing sixteenth edition. England. Pearson.

Devi, L. K. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee(studi kasus pada mahasiswa di Surabaya) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). diakses pada 6 November 2020, dari http://digilib.uinsby.ac.id/29623.

Ema, F. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran.Edisi:Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Emory, C. D. (1996). Metode Penelitian Bisnis Jilid I (5 ed.). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kanuk, S. L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Penerbit PT. INDEKS.

Keller, K. (2009). Manajemen Pemesaran Jilid I (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Keller, K. (2012). Marketing Mnagement Jilid I (12 ed.). Jakarta : Erlangga.

Natalia, P. E. (2015). Pengaruh Nilai, Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen . Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Nugroho. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenada Media Group.

Putri, E. D. (2017). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli(Studi pada konsumen Wardah Cosnetics di Indonesia)Skripsi Publikasi. 161 diakses pada 5 November 2020, dari http://repository.usd.ac.id/32254.

Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga,Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta (Doctoral disseration, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara). diakses pada 5 November 2020, dari http://repository.unisu.ac.id/5042.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Published
2021-03-15
How to Cite
Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 42-49. https://doi.org/10.31934/jsm.v8i1.1434
Section
Articles