Pengaruh Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Inovatif dan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bontang

  • Ayu Dita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Suharno Suharno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Gusti Noorlitaria Achmad Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh inovasi pemasaran terhadap kinerja inovasi dan kinerja pemasaran. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pelaku Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Bontang yang berfokus pada pengolahan hasil laut. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 72 responden pelaku UMKM yang ada di Kota Bontang. penelitian ini menggunakan metode analisis software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi pemasaran terhadap kinerja inovatif, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi pemasaran terhadap kinerja pemasaran serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kinerja inovatif terhadap kinerja pemasaran.

References

riyie, S., Du, J., & Musah, A.-A. I. (2019). Innovation and marketing performance of SME in an emerging economy: the moderating effect of transformational leadership. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 40.

Aksoy, H. (2017). How do innovation culture, marketing innovation and product innovation affect the market performance of small and medium-sized enterprises (SMEs)? Technology in Society, 51(1), 133–141.

Amelia, A., Suharno, & Asnawati. (2018). Pengaruh promosi penjualan dan store atmosphere terhadap impulse buying. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(4).

Efrata, T. C., Radianto, W. E. D., Marlina, M. A. E., & Budiono, S. C. (2019). The Impact of Innovation, Competitive Advantage, and Market Orientation on Firm’s Marketing Performance in the Garment Industry in Indonesia. In In 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 19). Atlantis Press.

Halim, H. A., Ahmad, N. H., Ramayah, T., Hanifah, H., Taghizadeh, S. K., & Mohamad, M. N. (2015). Towards an innovation culture: Enhancing innovative performance of Malaysian SMEs. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 4(2), 85.

Khalili, H., Najadhussein, S., & Fazel, A. (2013). The influence of entrepreneurial orientation on innovative performance. Study of a petrochemical company in iran. Journal of Knowledge-Based Innovation in China., 5(3), 262–278.

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63–89.

Kumala, R., & Ahmad, J. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar STIAMI, 7(2).

Kusumo, A. R. W. (2006). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran (studi pada industri batik skala besar dan sedang di kota dan kabupaten Pekalongan) (Doctoral dissertation, prog. Universitas Diponegoro.

Rahman, F., Siburian, P. S., & Noorlitaria, G. (2017). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda. Forum Ekonomi, 19(1).

Published
2021-03-15
How to Cite
Sari, A. D., Suharno, S., & Achmad, G. N. (2021). Pengaruh Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Inovatif dan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bontang. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 23-28. https://doi.org/10.31934/jsm.v8i1.1431
Section
Articles